Tips Kembalikan No Whatsapp Jika Smartphone di Curi

Kehilangan sesuatu yang berharga memang menyakitkan. Rasanya itu sakit tapi tidak berdarah. wkwk. Nah, ketika kamu kehilangan hp, pasti merasa nyesek banget kan. Banyak data-data penting yang berada dalam hp tersebut. Yang tak kalah pentingnya adalah adanya akun whatsapp kamu di hp tersebut. Kenapa penting?

Karena saat ini sudah marak penipuan dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Apabila hp kamu dicuri dan pencuri memanfaatkan whatsapp kamu untuk hal-hal yang merugikan orang lain, misalnya penipuan, maka yang akan di cari dan di mintai pertanggungjawaban adalah kamu sebagai pemilik resmi nomor yang terdaftar pada aplikasi whatsapp tersebut. Ini sudah seperti pepatah, udah jatuh tertimpa tangga pula.

Bagaimana cara mengamankan akun WA saat hp hilang?

Maka dari itu, kamu perlu melakukan lngkah pencegahan untuk mengamankan akun whatsapp ketika hp hilang atau dicuri. Nah, langsung saja pada langkah-langkah yang harus kamu tempuh apabila kamu kehilangan hp.

1. Kirim email ke WA

Langkah yang pertama saat kamu kehilangan hp adalah dengan mengirimkan email kepada pihak whatsapp untuk menonaktifkan akun whatsapp yang berada dalam hp tersebut. Hal ini harus kamu lakukan  untuk menghindari atau mengantisipasi agar akun whatsapp kamu tidak disalahgunakan.

2. Blokir SIM Card

Blokir kartu SIM kamu. kamu harus segera menghubuhi provider kartu kamu untuk melakukan pemblokiran nomor yang kamu gunakan untuk mendaftar whatsapp. Langkah ini dilakukan agar nomor kamu tidak bisa digunakan untuk melakukan verifikasi nomor ketika akan masuk ke aplikasi whatsapp karena ketika untuk melakukan verifikasi, nomor telepon harus dalam keadaan dapat menerima SMS ataupun panggilan.

3. Kunjungi Service Center Operator Terdekat

Setelah kamu melakukan pemblokiran pada nomor lama kamu di hp yang hilang atau tercuri, maka kamu harus membuat kartu SIM baru dengan nomor yang sama. Kamu bisa melakukannya dengan mendatangi kantor service center dari kartu provider yang kamu gunakan.

Setelah kartu baru terbuat dengan nomor yang sama, maka selanjutnya kamu aktifkan kembali/login kembali akun whatsapp kamu di hp yang baru. Dengan kamu melakukan login akun whatsapp di hp yang baru, otomatis akun whatsapp kamu di hp yang hilang atau tercuri akan terlogout karena akun whatsapp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor pada satu perangkat di waktu yang sama.

Baca : Cara Daftar Whatsapp di Android

Nah, itu tadi urutan langkah-langkah yang musti kamu tempuh apabila kamu kehilangan hp. Langkah pertama sebenarnya tidak perlu kamu lakukan apabila kamu sudah memiliki hp lain dan segera melakukan langkah kedua dan ketiga. Namun hal itu jga perlu kamu lakukan apabila kamu merasa was-was dan tidak bisa bergerak cepat untuk melaukan langkah kedua dan ketiga.

Perlu diketahui, ketika kamu menjalankan langkah yang pertama yaitu menonaktifkan akun whatsapp di hp yang hilang, sebenarnya itu tidak sepenuhnya menghilangkan atau menghapus akun kamu dari sistem whatsapp.

Kamu akan diberi waktu selama 30 hari (1 bulan) oleh pihak whatsapp untuk mengaktifkan kembali akun tersebut sebelum benar-benar terhapus dari sistem whatsapp. Apabila kamu mengaktifkan kembali akun tersebut dengan kartu SIM baru yang telah dibuat, maka kamu akan tetap menerima pesan yang tertunda selama kamu menonaktifkan akun whatsapp tersebut.

Katakanlah selama 1 minggu akun whatsapp sudah kamu nonaktifkan, kemudian proses pembuatan kartu SIM baru dengan nomor yang sama telah selesai dan kemudian kamu mengaktikan kembali akun whatsapp itu, maka kamu akan mendapatkan pesan yang tertunda selama 1 minggu tersebut, baik itu chat personal amupun chat pribadi.

Kamu juga dapat memulihkan riwayat pesan lama kamu apabila sebelumnya sudah melakukan backup ke drive google. Beda lagi kalau sudah lebih dari 30 hari maka nomor yang terdaftar sebelumnya sudah benar-benar terhapus dari sistem whatsapp dan kamu harus membuatnya lagi dari awal.

Apabila kamu masih merasa kebingungan ataupun mempunyai pertanyaan dari artikel di atas, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Insya Allah nanti pasti kami balas. Terima kasih sudah membaca artikel kami ini, baca juga artikel kami yang lainnya yang tak kalah menarik.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: