Mungkin Anda sudah bosan dengan pekerjaan sekarang ini, maka tips resign perlu Anda ketahui. Ada beberapa faktor mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempat bekerja.

Salah satu faktornya yaitu alasan ingin mendapatkan tantangan dalam berkarier serta ingin mengembangkan keahlian ditempat lain. Ada juga yang beralasan karena menikah, sehingga harus pindah bersama keluarga yang baru.

Selain itu, tidak jarang banyak yang resign karena sudah tidak tahan dengan tempat bekerjanya. Salah satunya yaitu suasana yang kurang kondusif dan perlakuan atasan yang kurang adil kepada semua bawahannya.

Jadi, apabila Anda ingin memutuskan untuk berhenti bekerja dan mengirim surat lamaran kerja di perusahaan lain, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat surat tersebut. Hal tersebut agar menjaga hubungan Anda dan pimpinan perusahaan tetap baik.

Nah, berikut 5 tips resign terbaik dan terhormat yang paling umum digunakan agar Anda tidak salah, simak selanjutnya!

1. Meninggalkan Kesan Baik

Anda dapat mengajukan surat pengunduran diri jika Anda sudah merasa begitu lelah dengan tempat bekerja Anda sekarang ini. Sehingga, itu seringkali menurunkan produktivitas Anda saat melakukan pekerjaan.

Walaupun begitu, Anda harus melakukan pekerjaan terakhir secara maksimal. Nantinya, Anda bisa dikenang menjadi pekerja keras yang baik di sebuah perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, kenali jenis tunjangan yang digunakan untuk memenuhi syarat apabila Anda ingin berhenti.

2. Berikan Pemberitahuan

Kemudian untuk tips resign berikutnya yaitu mengundurkan diri dengan memberikan tanda berupa informasi atau surat pengunduran diri. Pastinya, informasi resign seharusnya disampaikan sesegera mungkin.

Hal ini akan membuat atasan menjadi kesulitan dan bersusah payah untuk mengganti posisi Anda. Sehingga, Anda perlu memberitahu jika Anda ingin berhenti setidaknya dua minggu sebelumnya.

Hal tersebut akan mempermudah atasan untuk menyiapkan atau mengurus karyawan pengganti Anda. Meskipun di dalam kontrak kerja terkadang tidak menetapkan waktu pemberitahuan pengunduran diri.

3. Terlebih Dahulu Jujur Dengan Atasan

Ketika ingin mengundurkan diri dari tempat bekerja Anda sekarang ini, sebaiknya Anda memberitahu tentang keinginan Anda. Bahkan lebih baik terlebih dahulu Anda jujur kepada atasan dengan cara berbicara di dalam ruangannya.

Dengan jujur tentang apa alasan Anda ingin mengundurkan diri dari tempat bekerja tersebut, tentu atasan akan lebih open minded. Sebaiknya Anda tidak perlu berbohong atau menutupi masalah yang Anda hadapi sekarang ini.

Pastinya dengan ini atasan Anda akan menghargai kejujuran yang sudah Anda ungkapkan, mungkin lebih dari apa yang Anda pikirkan.

4. Jangan Umumkan Pada Banyak Orang

Pasti Anda mempunyai teman dekat di tempat bekerja, sebaiknya jangan umumkan ke semua orang jika Anda ingin berhenti. Lebih baik Anda umumkan jika sudah resmi tidak bekerja atau sudah berhenti.

Hal tersebut menghindari masalah berita yang simpang siur dan tidak sesuai dengan versi cerita yang Anda. Selain itu jangan ceritakan reaksi pimpinan saat mengetahui Anda memutuskan berhenti bekerja kepada teman.

5. Selesaikan Pekerjaan Atau Kewajiban Terlebih Dahulu

Untuk yang terakhir ada hal yang paling bijaksana dan baik dilakukan yaitu menyelesaikan pekerjaan. Agar atasan dan teman kerja Anda dapat menghargai usaha serta kerja keras Anda selama ini, Anda perlu bekerja keras sebelum resign. Bila perlu siapkan panduan bagi siapa pun yang akan mengganti posisi Anda.

Dengan membuat berkas yang menjelaskan beberapa proyek jangka panjang dan hal penting lain yang akan dikerjakan. Langkah ini sangat penting agar pengganti posisi Anda tidak kebingungan dalam mengerjakan tugasnya.

Nah itu tadi merupakan tips resign terbaik dan terhormat, agar hubungan Anda dan perusahaan tetap baik. Selain itu perlu ingat, bahwa sangat penting menjaga nama baik diri Anda dan perusahaan yang ditinggalkan. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda!

Cari Artikel di Sini