Tips Menulis Resume Kerja perlu Anda perhatikan, agar resume kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan recruiter. Sehingga peluang Anda diterimanya dalam perusahaan tersebut semakin berasa. Melamar pekerjaan agar lebih mudah diterima tentu harus menggunakan berapa tips dan trik.

1. Format Penulisan yang Baik dan Benar

Tips Menulis Resume Kerja yaitu format penulisan harus baik dan benar. Terkadang ada beberapa perusahaan yang menentukan format resume sendiri (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

Banyak pelamar yang tidak memperhatikan format penulisannya sehingga resume yang dibuat terdapat penulisan yang salah dan tidak sesuai dengan EYD.

Format resume yang baik dan benar berlaku resume yang dikirimkan dengan berbagai media. Baik lewat email, diantar langsung ke perusahaan maupun melalui jasa pengiriman. Pastikan penulisan resume kerja sesuai EYD, spasi dan jeda sesuai dengan aturannya.

2. Tidak Menulis Ulang Data yang ada di CV

Menulis resume kerja memang menuliskan beberapa hal yang ada di curriculum vitae dan pencapaian apa yang sudah didapat. Tetapi tidak seluruh data yang ada di CV harus Anda tulis dalam resume. Ambil beberapa data penting saja yang sekiranya dapat mendukung Anda untuk diterima pada perusahaan tersebut.

3. Resume Kerja Hanya Satu Halaman

Resume Kerja tidak sama dengan curriculum vitae. Resume merupakan rangkuman dari keahlian, pengalaman dan pendidikan yang ditulis tidak lebih dari satu halaman.

Buatlah resume kerja yang singkat, padat dan jelas. Sehingga resume kerja satu satu lembar halaman saja, tidak boleh lebih dari itu. Jika terlalu panjang hingga berlembar-lembar, recruiter tidak tertarik dan malas untuk membacanya.

4. Tulis Informasi Penting Saja

Di dalam resume kerja, tuliskan informasi yang penting-penting saja. Jangan menulis informasi mengenai diri Anda yang sekiranya kurang penting. Berbagi informasi diri Anda yang ditulis pada resume tentu informasi pendukung dalam pekerjaan yang Anda pilih.

Selain itu, tuliskan informasi diri Anda sesuai dengan kenyataan tanpa ada kebohongan. Dalam menulis resume memang ingin “menjual” diri sebagai yang terbaik. Tetapi menulis kebohongan atau informasi yang tidak sesuai kenyataan tentu adalah sebuah kesalahan besar.

5. Tidak Copy – Paste dari Internet

Internet memang memudahkan Anda mendapatkan banyak informasi, salah satunya dalam membuat resume kerja. Anda dapat membaca dan mencari resume kerja di internet, tetapi sebagai panduan Anda. Tidak dengan copy – paste resume kerja begitu saja.

Jika Anda menjiplak resume kerja di internet secara keseluruhan, tentu perekrut akan mengetahui dengan mudah bahwa Anda menjiplaknya. Selain itu, resume kerja menjadi biasa-biasa saja dan kurang menarik perhatian perekrut (baca: contoh surat lamaran kerja).

6. Tunjukkan Kepribadian Anda

Dalam menulis resume kerja, jangan lupa menggunakan kalimat kerja yang aktif dan dinamis. Karena resume kerja sendiri menjadi cermin dari kepribadian Anda. Tuliskan kalimat yang mencerminkan bahwa Anda antusias dengan pekerjaan yang dilamar.

7. Meminta Pendapat Orang Lain

Tips menulis resume kerja selanjutnya yaitu meminta pendapat orang lain. Setelah Anda selesai menulis resume, minta pendapat orang lain untuk mengkoreksi hasil resume kerja Anda.

Karena menilai diri sendiri akan lebih sulit dibandingkan menilai orang lain. Dengan mendapat komentar dari orang lain, Anda akan tahu kekurangan dan kelebihan dari resume kerja yang ditulis.

Tips Menulis Resume Kerja harus Anda ikuti agar kesempatan Anda diterima dalam posisi di perusahaan tersebut lebih besar. Selain itu, jangan lupa membuat resume sesuai dengan kenyataannya.

Tulis resume kerja yang padat, singkat dan jelas yang dapat mendukung Anda diterima pada posisi pekerjaan yang diinginkan.

Cari Artikel di Sini