Tips memulai kerja baru adalah hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja di hari pertama. Hari pertama kerja bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Untuk Anda yang akan menghadapi hari pertama kerja, simak beberapa tips menghadapinya di bawah ini. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Berpakaianlah yang rapi

Jika Anda sangat bangga dengan gaya Anda yang funky, Anda harus melupakannya sejenak. Kemungkinannya adalah akan ada beberapa pedoman dalam perusahaan yang mengharuskan para karyawannya menggunakan pakaian kerja yang rapi.

Jika Anda belum memilikinya, Anda masih dapat mengunjungi situs web mereka dan melihat apa yang dikenakan karyawan dalam gambar sehingga Anda bisa menyesesuaikannya. Apakah perusahaan Anda bisnis kreatif atau bisnis yang formal?

Jika bisnis Anda di bidang kreatif, mungkin perusahaan tersebut lebih santai dan jeans adalah hal yang normal. Namun apabila perusahaan Anda sangat formal, maka pakaian Anda harus sesuai untuk pekerjaan Anda.

2. Rencanakan perjalanan Anda ke kantor

Satu langkah sederhana ini bisa menyelamatkan Anda dari banyak rasa malu dan membantu Anda membuat kesan pertama yang baik. Salah satu hal paling cerdas yang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan baru adalah memetakan rute terbaik Anda ke tempat kerja baru sebelumnya.

Perhatikan seberapa banyak lalu lintas di rute Anda selama perjalanan pagi. Jika Anda benar-benar ingin aman, bangun suatu pagi dan mencobanya (baca juga: contoh surat lamaran kerja).

Betapapun lama Anda memutuskan, perjalanan akan membawa Anda ke kantor, tinggalkan setidaknya 10 menit lebih awal pada hari kerja pertama Anda yang sebenarnya. Muncul sedikit lebih awal tidak apa-apa, tetapi terlambat pada hari pertama memulai banyak hal dengan cara yang salah.

3. Bersiaplah untuk bekerja … atau tidak

Saran pekerjaan baru terbaik adalah bersiaplah untuk apa pun! Ajukan pertanyaan, tetapi jangan takut untuk melakukan pemecahan masalah sendiri. Tipe bos yang suka memulai sesuatu dengan cepat biasanya ingin melihat seberapa baik Anda dapat menangani masalah diri sendiri dengan cepat.

Di sisi lain, bisa juga terjadi bahwa perusahaan baru Anda memberi Anda banyak bahan orientasi dan kemudian meninggalkan Anda sendirian. Apa yang akan Anda lakukan? Sebelum Anda sampai di sana, pikirkan hal-hal apa yang ingin Anda ketahui tentang perusahaan baru Anda. Peluangnya adalah jawabannya ada di materi orientasi itu. Ketahui sebelumnya informasi apa yang harus Anda temukan.

4. Bersikap ramah

Bersikap ramah adalah salah satu cara terbaik untuk membuat kesan yang baik. Ketika peluang muncul sepanjang hari untuk berbicara dengan orang, lakukanlah. Mereka mungkin akan bertanya tentang diri Anda, tetapi pastikan juga bertanya tentang orang-orang di sekitar Anda juga (baca: contoh surat pengunduran diri).

Kenali apa yang mereka lakukan dan apa yang orang di sekitar Anda sukai. Ajukan  pertanyaan tentang orang yang Anda ajak bicara untuk membuat Anda langsung lebih disukai. Tersenyumlah semaksimal mungkin karena semua orang suka senyum.

5. Ingat nama dengan baik

Tips memulai kerja baru ini bisa jadi akan rumit. Anda mungkin akan bertemu banyak orang sepanjang hari pertama Anda. Mengingat nama itu mudah bagi sebagian orang, tetapi bagi yang lain, itu adalah perjuangan yang nyata.

Ketika Anda dikenalkan dengan seseorang yang baru, cobalah untuk tidak fokus pada pakaian atau gaya rambut mereka, tetapi fokuslah pada kata-kata mereka. Ketika mereka mengatakan nama mereka, ulangi pada diri Anda beberapa kali di kepala Anda.

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang harus mengingat dengan nama susah, ada banyak trik kecil di luar sana untuk membantu Anda menjadi lebih baik dalam menghafal nama.

Dengan melakukan tips memulai kerja baru, hari pertama kerja Anda akan terkenang indah sampai Anda tua nantinya.

Cari Artikel di Sini