Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang tips lolos tes kesehatan serta surat lamaran kerja. Pada kali ini kita akan membahas tips lolos psikotest.

Tips lolos psikotest adalah hal yang dibutuhkan oleh banyak orng untuk bisa masuk ke sebuah perguruan tinggi atau untuk melamar pekerjaan.

Tidak ada yang dapat menggantikan keterampilan belajar yang hebat, tetapi mempraktikkan strategi ujian yang baik dapat membantu meningkatkan kinerja Anda dalam ujian psikologi.

Tips Menghadapi Psikotest

Kiat-kiat di bawah ini berlaku untuk hampir semua topik, jadi mulailah mengerjakan pendekatan pribadi Anda untuk mengambil tes dan menentukan teknik mana yang paling cocok untuk Anda.

Setiap kali Anda mengikuti tes, luangkan sedikit waktu mengevaluasi apa yang Anda lakukan itu bekerja dengan baik dan bagaimana Anda dapat menerapkan keterampilan itu lagi di masa depan.

1. Mulailah dengan melihat soal ujian

Setelah Anda menerima soal ujian, habiskan setidaknya beberapa menit untuk mengeceknya. Ada berapa pertanyaan? Jenis pertanyaan apa yang diuji? Dalam banyak kasus, tes psikologi memiliki campuran soal dari berbagai jenis pertanyaan.

Misalnya, tes ini mungkin mencakup sejumlah pertanyaan pilihan ganda, bagian benar-salah, dan beberapa pertanyaan gaya esai. Memahami format tes akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang bagaimana menganggarkan waktu Anda.

2. Manajemen waktu Anda dengan baik

Sebagian besar tes memiliki semacam persyaratan waktu, jadi penting untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin untuk menyelesaikan ujian sepenuhnya.

Mulailah dengan menentukan berapa lama Anda memiliki untuk setiap pertanyaan. Secara umum, Anda harus menyediakan sekitar 30 hingga 60 detik untuk setiap pertanyaan pilihan ganda, tergantung pada jumlah waktu yang tersedia untuk tes.

3. Jangan lewati soal

Beberapa ahli mungkin merekomendasikan memulai dengan pertanyaan paling mudah terlebih dahulu sebelum kembali untuk menyelesaikan pertanyaan sulit di akhir tes.

Meskipun strategi ini dapat digunakan untuk beberapa siswa, strategi ini juga membuat Anda cenderung lupa untuk menjawab pertanyaan yang dilewati.

Selain itu, Anda akan kehilangan lebih banyak waktu dengan melihat kembali ujian Anda dan mencari tahu pertanyaan mana yang tidak Anda jawab.

Jika Anda menemukan diri Anda kesulitan dengan pertanyaan tertentu, letakkan tanda yang jelas di sebelahnya dan kemudian pindah ke pertanyaan berikutnya. Ketika Anda selesai dengan setiap bagian dari tes, Anda kemudian dapat dengan cepat kembali ke pertanyaan yang ditandai dan mencoba untuk mendapatkan jawaban.

4. Baca setiap pertanyaan dengan hati-hati

Tips lolos psikotest satu ini mungkin terdengar seperti nasihat yang sangat basi, tetapi membaca setiap pertanyaan dengan cermat adalah salah satu strategi pengambilan tes yang paling penting yang dapat Anda gunakan pada tes psikologi apa pun.

Ketika Anda mulai membaca pertanyaan, Anda mungkin segera merumuskan respons sebelum Anda bahkan selesai membaca pertanyaan itu. Jika Anda harus menulis jawaban Anda sebelum Anda sepenuhnya membaca pertanyaan, Anda mungkin kehilangan informasi penting atau Anda bahkan mungkin memberikan jawaban yang salah.

5. Gunakan proses penghapusan

Secara umum, beberapa pertanyaan pilihan ganda pertama akan menjadi yang termudah, tetapi jangan biarkan hal ini menyebabkan Anda terlalu percaya diri.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin akan menjadi semakin sulit untuk diselidiki lebih lanjut, yaitu ketika Anda harus mulai menggunakan strategi pengambilan tes psikologi yang dikenal sebagai proses eliminasi.

Ketika Anda menemukan pertanyaan yang tidak segera Anda ketahui jawabannya, mulailah dengan membaca setiap jawaban yang sudah ditulis.

Kemudian mulailah mengesampingkan opsi yang paling tidak masuk akal. Bahkan jika Anda benar-benar bingung dengan pertanyaan itu, sering kali mungkin untuk menggunakan akal sehat dan pengetahuan Anda sebelumnya tentang topik-topik psikologis untuk menentukan kemungkinan jawaban.

Ingatlah bahwa beberapa tes pilihan ganda mencakup lebih dari satu jawaban yang secara teknis benar. Tugas Anda adalah memilih jawaban yang sepenuhnya menjawab pertanyaan dan merupakan “paling benar” dari semua opsi yang memungkinkan.

Dengan 5 tips lolos psikotest, semoga Anda bisa sukses ke tahap tes selanjutnya dan bisa mendapatkan pekerjaan atau pendidikan yang diharapkan. Baca artikel kami yang lain yaitu surat pengunduran diri.

Cari Artikel di Sini