Tips lamar kerja BUMN adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan agar lamaran kerja bisa diterima. Menjadi pegawai BUMN adalah impian besar bagi beberapa orang karena gaji dan tunjangan kerjanya yang sangat tinggi.

Tidak heran jika banyak orang yang mengharapkan bisa bekerja di BUMN. Apakah salah satu orang itu Anda?  Jika iya, maka perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Melamar pekerjaan di BUMN atau PNS bisa menjadi hal yang berulang dan menghabiskan waktu. BUMN menggunakan aplikasi pekerjaan untuk menyaring calon karyawan dan memutuskan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan.

Anda mungkin diminta untuk mengisi aplikasi pekerjaan ketika Anda melamar kesempatan kerja atau ketika Anda dipanggil untuk wawancara. Berikut adalah tips untuk menyiapkan lamaran kerja di BUMN :

1. Baca deskripsi pekerjaan dengan seksama

Anda harus meluangkan waktu untuk memahami dengan tepat apa yang diharapkan BUMN dari pelamar untuk pekerjaan yang menarik minat Anda. jangan  abaikan deskripsi terperinci tentang apa yang tercakup dalam pekerjaan itu.

Teknologi BUMN dapat menyaring kandidat berdasarkan tanggapan mereka yang paling sesuai dengan deskripsi pekerjaan tertentu. Untuk tingkat respons terbaik, pastikan konten dan pengalaman Anda cocok.

Tulis data diri Anda sesuai dengan kriteria dan spesifikasi lowongan. Formulir aplikasi dirancang untuk menemukan bukti bahwa Anda memiliki semua yang penting dan mungkin beberapa kemampuan yang diinginkan BUMN. Tugas Anda adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki spesifikasi yang dibutuhkan.

2. Kirim dokumen yang tepat untuk di-apply

Tips lamar kerja BUMN selanjutnya adalah Anda memerlukan salinan resume terbaru dan atau surat lamaran kerja Anda, daftar surat referensi pekerjaan Anda, kartu jaminan sosial Anda, alamat dan nomor kontak dari perusahaan sebelumnya dan rincian gaji untuk melengkapi aplikasi pekerjaan dengan benar.

3. Baca instruksi dengan seksama

Luangkan waktu untuk membaca semua instruksi dan tinjau secara singkat aplikasi sebelum Anda mulai mengisinya. Membaca instruksi mencegah pengulangan informasi  yang salah. Lengkapi lamaran Anda dengan rapi dan terbaca. Pastikan Anda telah menuliskan nomor kontak dan alamat email yang benar. Gunakan spasi dan huruf besar yang benar.

4. Buat surat pengantar asli

Jika BUMN meminta surat pengantar, pastikan untuk memasukkannya. Pastikan Anda untuk menulis satu khusus pencapaian dan keterampilan Anda dan satu yang membahas deskripsi pekerjaan dengan benar.

Selangkah lebih maju dan sebutkan bagaimana Anda akan menggunakan pengetahuan itu dan keterampilan itu di tempat kerja. Hindari mengirimkan surat pengantar yang umum dan praktis.

Meskipun surat pengantar berupa digital, seringkali hal pertama yang dibaca perekrut ketika melihat profil kandidat bahkan sebelum resume. Gunakan surat pengantar sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepribadian Anda, kualifikasi, dan keinginan untuk pekerjaan di BUMN itu.

5. Cek lagi dokumen yang Anda apply

Jika Anda memberikan dokumen yang salah, maka dokumen yang Anda kirim bisa berpotensi merusak peluang Anda untuk bisa diterima di BUMN yang Anda harapkan sebagai pekerjaan Anda di masa depan.

Mengecek kembali dokumen adalah hal yang harus Anda perhatikan. Memang penolakan bisa terjadi dan pemikiran yang menakutkan itu harus memotivasi Anda untuk memeriksa tiga kali semua dokumen Anda dengan benar entah itu untuk ejaan, konten, dan tata bahasa.

Selain itu, pastikan pula bahwa semua informasi yang Anda jabarkan sepenuhnya terhindar dari singkatan. Dalam banyak kasus, singkatan yang dapat dipahami dengan mudah oleh BUMN tidak dikenal oleh perekrut lini pertama.

Dengan mengetahui tips lamar kerja BUMN, semoga Anda bisa sukses dalam melamar pekerjaan yang Anda impikan. Dan jika Anda lolos jangan lupa mengajukan surat pengunduran diri dari tempat Anda bekerja.

Cari Artikel di Sini