Tips kerja partime biasanya sangat dibutuhkan oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, namun masih memiliki tanggung jawab atau urusan yang tidak bisa diselesaikan.

Kerja part time ini biasanya menjadi kegemaran para mahasiswa. Dengan bekerja part time banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti mendapatkan pengalaman kerja, memiliki penghasilan tambahan dan juga me-manage waktu dengan baik.

Tips kerja part time berikut ini akan sangat membantu Anda untuk dapat bekerja part time. Karena tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan, Anda harus memiliki trik tersendiri agar segera mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai (baca: contoh surat lamaran kerja).

Selain itu dalam bekerja part time Anda juga harus tau cara manajemen waktu yang baik, agar tidak aktivitas yang terganggu. Adapun tips-tips nya adalah sebagai berikut:

1. Selalu Rajin Mencari Informasi Loker Dari Berbagai Sumber

Untuk dapat mengetahui perusahaan mana saja yang membuka lowongan pekerjaan untuk Anda, maka Anda harus rajin mencari informasi baik dari media sosial maupun iklan-iklan konvensional.

Semuanya wajib Anda coba. Bahkan ketika Anda sudah memasukkan lamaran ke perusahaan pun Anda harus tetap rajin mencari informasi.

Tujuannya Andalah untuk memperbesar peluang diterimanya kerja. Dan pastikan informasi yang Anda dapatkan selalu berasal dari sumber terpercaya untuk menghindari adanya penipuan dan hal buruk lainnya.

2. Manfaatkan Koneksi dan Relasi yang Anda Miliki

Memiliki banyak relasi dan koneksi akan sangat penting untuk membantu Anda untuk mendapatkan lowongan kerja part time.

Koneksi ini bisa berasal dari orang yang bekerja di dalam perusahaan maupun teman, saudara dan rekan yang bisa memberikan informasi tentang kerja part time.

Untuk itu Anda jangan sungkan untuk menceritakan keinginan bekerja part time dan pekerjaan seperti apa yang Anda inginkan, agar mereka bisa membantu mencari informasi untuk Anda.

3. Persiapkan Curiculum Vitae (CV) Terbaik Anda

Untuk memperbesar peluang diterimanya kerja Anda harus pandai menyiapkan CV yang Anda gunakan untuk melamar kerja. Anda bisa menuliskan berbagai pengalaman dan kemampuan atau skill yang Anda miliki dalam CV.

Kalaupun Anda belum memiliki pengalaman kerja, pengalaman organisasi atau panitia event bahkan prestasi yang pernah Anda dapatkan bisa Anda tuliskan di CV. Ini bertujuan untuk meyakinkan perusahaan akan kemampuan Anda handle pekerjaan yang ditawarkan.

4. Gunakan Akun Sosial Media untuk Menunjang Lamaran Kerja yang di Apply

Banyak perusahaan yang mempertimbangkan menerima atau menolak pelamar kerja dengan melihat akun sosial medianya.

(baca: contoh surat lamaran kerja)

(baca: contoh surat pengunduran diri kerja)

Karena sosial media dapat mencerminkan sifat dan sikap Anda terhadap suatu hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam pekerjaan (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

Oleh karenanya atur feed sosial media dengan bagus yang bisa menampilkan sisi positif dalam diri Anda. biasakan untuk tidak posting hal-hal yang tidak penting yang bisa mengurangi penilaian perusahaan terhadap dirimu.

5. Mengelola Waktu dan Memprioritaskan Hal yang Paling Penting

Ketika Anda sudah mendapatkan pekerjaan part time, Anda harus pintar-pintar dalam memanage waktu dengan baik. kuncinya adalah dengan mengenali batasan diri dan manage waktu dengan baik dengan menghindari hal-hal yang tidak bermanfaat seperti nongkrong tidak jelas dan sebagainya.

Ini harus Anda lakukan agar tidak mengganggu hal prioritas Anda seperti kuliah, selain itu agar Anda bisa tetap fokus dalam pekerjaan sehingga tidak menimbulkan masalah fatal.

Tips kerja part time di atas dapat Anda gunakan untuk bisa mencari pekerjaan part time yang cocok dan sesuai dengan passion Anda. dan Anda harus selau ingat akan prioritas utama Anda, agar pekerjaan part time tidak mengganggu prioritas Anda.

Sebenarnya, segala sesuatu bisa berjalan mudah apabila Anda bisa membagi waktu dengan baik dan selalu disiplin dalam segala hal.

Cari Artikel di Sini