Tips Kerja di Rumah akan membantu Anda dalam membagi waktu agar lebih efektif dan efisien. Bekerja di rumah didominasi oleh perempuan karena mereka tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja, tetapi juga ingin memiliki penghasilan sendiri. Ada banyak kemudahan ketika bekerja di rumah, tetapi tetap harus profesional.

1. Membuat Jadwal

Tips Kerja di Rumah yang pertama yaitu membuat jadwal, karena pengaturan waktu secara cermat menjadi bagian penting agar dapat bekerja secara profesional. Anda harus dapat membuat jadwal kapan Anda membalas telepon, email atau hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan.

Bekerja dengan cerdas mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dibanding dengan kerja lebih keras. Fleksibilitas dalam mengatur waktu merupakan keunggulan dari Anda yang memilih bekerja di rumah.

2. Memanfaatkan Waktu Tidur Siang

Waktu tidur siang menjadi waktu seorang bunda yang ingin mengerjakan banyak hal tanpa diganggu sang buah hati. Sehingga ketika anda memiliki waktu tidur siang, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan. Apalagi pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi, waktu ini menjadi pilihan yang tepat.

3. Mandi dan Berpakaian Bersih

Sebelum memulai kerja di rumah, sebaiknya dibiasakan untuk mandi terlebih dulu dan berpakaian bersih. Dengan keadaan tubuh dan pakaian yang bersih akan membantu Anda untuk lebih produktif dalam bekerja.

Untuk lebih membuat Anda semangat, Anda juga bisa memakai pakaian seperti ketika bekerja di kantor. Anda akan merasa lebih segar dan berenergi.

4. Memiliki Ruang Kerja yang Layak

Bekerja lebih produktif dengan memiliki ruang kerja yang layak. Ruang kerja yang nyaman belum tentu menjadi ruang kerja yang produktif.

Misalnya Anda melakukan pekerjaan di sofa, Anda akan merasa nyaman tetapi akan membuat Anda mengantuk dan tertidur. Oleh karena itu, siapkan ruang kerja yang membuat Anda bersemangat bekerja dan tidak membuat mengantuk dan malas.

5. Memilih Lagu yang Tepat

Jika Anda tipe orang yang dapat berpikir dengan mendengarkan musik, Anda dapat bekerja sambil mendengarkan lagu. Tidak semua lagu akan memberikan semangat kepada Anda, sehingga pilihlah lagu yang tepat.

Jangan memilih lagu dengan musik yang lembut atau musik dengan nada sehingga. Lagu tersebut tidak membuat mood dan energi meningkat, tetapi malah menghancurkan mood Anda.

6. Mulai Hari yang Benar

Mulai hari yang benar meskipun Anda bekerja di rumah. Sebelum memulai bekerja, jangan lupa untuk membiasakan diri sarapan (baca: contoh surat lamaran kerja).

Selain itu, melakukan yoga atau habiskan waktu sebentar untuk merencanakan hari Anda. Sehingga ketika Anda mulai berbagi waktu, waktu Anda cukup produktif untuk berbagai aktivitas yang sudah direncanakan.

7. Tidak Membiarkan Teman atau Keluarga Mengganggu Jadwal Kerja

Teman atau keluarga tidak boleh mengganggu jadwal Anda ketika bekerja di rumah. Bias berupa mengobrol, meminta bantuan, srapa diluar dan sebagainya. Agar tidak menyinggung siapapun, alangkah baiknya Anda memberikan jadwal Anda kepada teman atau keluarga.

8. Istirahat Teratur

Meskipun Anda bekerja di rumah, Anda juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Terkadang kita terperangkap dalam apa yang dilakukan sehingga duduk berjam-jam di tempat yag sama.

Misalnya mengetik atau melakukan aktivitas lain di depan laptop. Tidak hanya mata saja yang lelah, tetapi badan pun akan merasa kelelahan (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

Tips Kerja di Rumah dapat Anda terapkan ketika memilih bekerja di rumah. Selain Anda memperoleh penghasilan yang cukup, Anda juga dapat berbagi waktu bersama keluarga. Untuk memaksimalkan kerja di rumah, Anda dapat mengikuti berbagai tips tersebut.

Cari Artikel di Sini