Tips cari kerja fresh graduate memang sedang banyak dikorek belakangan ini. Pasalnya, fresh graduate atau orang yang baru lulus dari perguruan tinggi dianggap kurang berpengalaman di dunia kerja.

Hal tersebut menyebabkan peluang fresh graduate untuk diterima bekerja menjadi lebih sedikit. Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya bisa diatasi dengan mengikuti magang saat kuliah. Dengan begitu, Anda bisa mencantumkan pengalaman kerja di CV (Curriculum Vitae) saat Anda mengirim surat lamaran kerja.

Nah, bagi Anda yang sedang gundah gulana karena belum mendapat panggilan kerja, jangan khawatir! Pelajari dengan baik kiat-kiat mendapatkan kerja untuk fresh graduate.

Kemudian, pastikan bahwa Anda benar-benar siap menghadapi risiko dari pekerjaan yang Anda inginkan. Dan yang terpenting siapkan mental Anda agar siap beradaptasi dengan orang-orang dan lingkungan yang baru. So, simak tips mudah mencari kerja bagi fresh graduate berikut ini!

1. Kenali Potensi dan Minat yang Ada pada Diri Anda

Setiap orang pasti memiliki bakat dan minat yang berbeda. Sayangnya, zaman sekarang ini banyak orang yang mengambil jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Hal ini kadang berdampak pada pekerjaan yang akan dipilih. Karena kebanyakan perusahaan pasti mencari pekerja yang kuliah di jurusan yang sesuai dengan bidangnya.

Untuk itu, sebelum memilih kuliah pastikan jurusan yang akan Anda pilih sesuai dengan potensi yang ada pada diri Anda. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda nanti bisa bekerja di bidang yang Anda minati dengan lebih mudah.

2. Buatlah CV (Curriculum Vitae) yang Detail

Dalam melamar pekerjaan, hal pertama yang pertama kali dilihat oleh pimpinan Anda pasti adalah CV. Untuk itu, pastikan Anda menulis CV dengan baik dan benar.

Tuliskan detail tentang diri Anda, termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman bekerja. Selain itu, usahakan Anda juga mencantumkan lampiran berupa prestasi atau pencapaian yang sesuai dengan bidang pekerjaan pilihan Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapat nilai tambahan di mata calon pimpinan Anda. Tips cari kerja fresh graduate yang satu ini sudah banyak berhasil, lho.

3. Jangan Terlalu Pemilih

Jika Anda termasuk orang yang sangat terobsesi pada suatu pekerjaan, Anda harus segera berubah. Meski Anda berhak menentukan dan memilih pekerjaan, jangan menutup diri dari pekerjaan yang berbeda dengan ekspektasi Anda.

Bisa jadi, pekerjaan yang tidak Anda inginkan adalah pekerjaan yang menerima Anda. So, Anda harus tetap punya alternatif pekerjaan lain untuk berjaga-jaga (baca: contoh surat resign kerja).

4. Perluas Relasi Anda

Tak dapat di pungkiri jika semakin banyak kenalan, semakin mudah pula Anda mendapatkan pekerjaan. Dengan membangun hubungan yang baik, kemungkinan teman Anda akan memberitahukan jika ia mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Bukan tidak mungkin jika pekerjaan yang ditawarkan oleh teman Anda adalah pekerjaan yang sesuai minat Anda. Dengan begitu, teman Anda bisa jadi penghantar untuk Anda mencapai sebuah pekerjaan.

5. Pantaskan Diri Anda untuk Dilirik Perusahaan

Sedini mungkin, hendaknya Anda segera melatih dan mengembangkan keterampilan yang Anda miliki. Bukan hanya itu, Anda juga harus memiliki sikap sosial yang baik.

Persiapkan kemampuan berkomunikasi sebaik mungkin agar perusahaan tertarik dengan Anda saat tahap wawancara. Jangan malas belajar dan mencari informasi, dan jadilah pribadi yang dilirik oleh banyak perusahaan.

Nah, itu tadi beberapa tips cari kerja fresh graduate. Anda bisa menerapkan semuanya agar Anda semakin mudah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Yang paling penting, jangan terlalu terobsesi dengan gaji yang tinggi. Perbaiki kualitas kerja terlebih dahulu, maka Anda juga akan mendapat gaji yang sesuai harapan. Semoga sukses!

Cari Artikel di Sini