Pengertian Teks Eksemplum, Ciri-Ciri dan Strukturnya

Teks Eksemplum berdasarkan situs wikipedia merupakan sebuah teks anekdot yang menjelaskan tentang sebuah moral dan ilustrasi atau hal hal lain sebagainya. Teks eksemplum bersifat menjelaskan apa yang akan ditulis dalam teks tersebut. inti dari teks ini adalah adanya sebuah penjelasan singkat maupun penjelasan yang sifatnya panjang dari sebuah teks lain berupa anekdot, ilustrasi, moral, dan lain sebagainya. Teks eksemplum mungkin tidak begitu familir di telinga anda semua. Salah satu contoh teks eksemplum adalah sebagai berikut.

Misalnya ada sebuah cerita yang isinya berbicara tentang renaisanse dan tokoh tokoh penting yang terlibat dalam masa tersebut. dalam teks tersebut tentunya akan diberikan penjelasan mengenai masing masing tokoh dalam renaisanse.

Penjelasan tersebutlah yang disebut sebagai teks eksemplum. Dalam teks tersebut nantinya akan diberikan penjelasan tentang perilaku, sifat, dan kejadian apa yang dialami oleh masing masing tokoh yang ada dalam teks yang bersangkut disertai dengan gambaran akhir dari tokoh yang bersangkutan. Teks eksemplum dapat juga disebut sebagai resume singkat dari tokoh yang ada dalam sebuah cerita tertentu.

KARAKTERISTIK TEKS EKSEMPLUM

Terdapat beberapa macam karakteristik yang dimiliki oleh teks eksemplum yang harus anda ketahui sebelum membaca dan memahami mengenai teks eksemplum lebih dalam lagi. Adapun karakteristik khas dari teks eksemplum tersebut diantaranya adalah :

  1. Mampu memberikan gambaran dari diri penulis melalui interpretasi dan juga koda.
  2. Mengandung sebuah peristiwa sebagai suatu hal yang tidak diinginkan sebelumnya.
  3. Didalamnya terdapat nilai nilai yang terjadi atas sebuah peristiwa.
  4. Berisikan sebuah peristiwa yang pada dasarnya tidak sering dan tidak selalu terjadi.
  5. Teks ini dapat menimbulkan sebuah penyesalan bagi partisipannya.

Karakteristik ini dapat anda temukan secara kumulatif dalam sebuah teks eksemplum. Mungkin sampai detik ini masih belum mampu menjelaskan dan memberikan pemahaman yang cukup bagi anda terkait dengan teks eksemplum.

STRUKTUR TEKS EKSEMPLUM

Untuk dapat lebih paham dan mengerti tentang teks eksemplum ini, maka ada beberapa struktur yang harus anda perhatikan, yaitu :

  1. Abstrak, merupakan sebuah inti dari suatu peristiwa yang digunakan sebagai sebuah pengantar yang mampu memberikan gambar dari peristiwa yang nantinya akan diceritakan dalam teks.
  2. Orientasi, merupakan bagian awal atau pembuka dari sebuah cerita yang terdapat dalam teks yang bersangkutan.
  3. Insiden, merupakan bagian dari sebuah peristiwa yang tidak diinginkan keberadaannya.
  4. Interpretasi, merupakan bagian yang mengandung makna dan pesan bagi insiden atau peristiwa yang tidak diinginkan keberadaannya tadi.
  5. Koda, merupakan bagian akhir dari sebuah cerita. Dapat juga dikatakan sebagai penutup dari sebuah cerita yang terletak di akhir.

CIRI CIRI TEKS EKSEMPLUM

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ciri ciri dari teks eksemplum diantaranya adalah :

  1. Memakai bahasa yang sifatnya menguraikan atau naratif.
  2. Mengandung sebuah peristiwa yang tidak diinginkan keberadaannya atau disebut sebagai insiden sebagaimana telah disebutkan sebelumnya.
  3. Terdapat urutan dari sebuah peristiwa yang jelas.
  4. Strukturnya lengkap sebagaimana telah diuraikan dalam sub bab sebelumnya berupa abstrak, orientasi, insiden, koda, dan interpretasi.

CONTOH TEKS EKSEMPLUM

  1. Bagian orientasi, contohnya : laki laki itu sangatlah pintar dan juga rajin belajar, ia juga patuh terhadap orangtuanya.
  2. Bagian insiden, contohnya : Ananta kehabisan waktu dalam mengerjakan soal tadi karena ia terlalu lama mendengarkan ocehan dari teman temannya.
  3. Bagian interpretasi, contohnya : terdapat seorang tokoh yang menafsirkan bahwa nantinya akan terjadi bencana banjir jika pohon pohon dihutan ditebang sembarangan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: