Indonesia memang memiliki banyak panorama alam yang memesona, khususnya di kawasan Jogja. Karena memang di jogja ada banyak spot wisata yang bisa Anda kunjungi, dan salah satunya ialah wisata Tebing Breksi. Wisata satu ini sekarang tengah menjadi primadona bagi masyarakat yang ada di Mojokerto, Klaten ataupun daerah lainnya.

Jika Anda sedang mencari tempat berlibur yang mengasyikkan, Tebing  Breksi ini sangat tepat untuk dikunjungi. Untuk itulah kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai sejarah, alamat lokasi, fasilitas dan lain sebagainya yang ada di kawasan wisata Tebing Breksi. Yuk simak langsung pembahasannya:

Hal pertama yang akan kita bahas adalah tentang sejarah Tebing Breksi, dimana batuan kapurnya merupakan endapan dari erupsi. Erupsi itu berupa abu vulkanik dari gunung Nglanggeran. Batu apung yang terdapat di Tebing Breksi sama persis dengan batu yang ada di daerah Parangtritis sampai daerah Wonogiri.

Diduga, terbentuknya formasi semilir yang luas ini akibat dari letusan dahsyat jutaan tahun lalu. Bisa jadi letusan itu sama besarnya dengan toba volcano yang memiliki erupsi sangat hebat. Jadi jika mengurutkan sejarahnya, maka kita bisa menemukan bahwa Tebing Breksi Jogja ini merupakan bagian distribusi formasi semilir yang tebal dan luas dari erupsi gunung di masa lalu.

Ada fakta unik dari Taman Tebing Breksi ini, dimana ini dulunya merupakan tempat tambang yang kemudian oleh masyarakat diubah menjadi spot wisata yang menarik. Hal ini menjadi contoh bahwa bekas tambang sekalipun jika disikapi dengan baik maka dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat. Siapa sangka tebing yang dulunya hanya untuk aktivitas penambangan sekarang telah menjadi spot wisata yang indah.

Masyarakat ingin menyelamatkan tebing ini dengan menjadikannya sebagai ladang usaha yang baru. Hal itu dilakukan dengan cara merubah tempat penambangan bukit kapur tersebut menjadi tempat untuk menikmati alam dan spot berfoto. Karena itulah, latar belakang di tempat ini sekarang telah disulap menjadi tempat yang sangat memesona dan layak untuk dikunjungi.

Kini tebing Breksi telah menjadi salah satu spot wisata unggulan di Sleman, saking terkenalnya, di tempat ini pernah diselenggarakan Sleman Temple Run pada tahun lalu. Begitu juga saat bulan puasa, biasanya di tempat ini juga diadakan ngabuburit yang diselenggarakan oleh pemerintah Jogja.

Suasana tebing breksi sangat memesona, dimana Anda dapat menikmati pemandangan alam berupa tebing kapur yang indah. Selain itu, salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah berfoto atau mengabadikan momen dengan latar tebing. Karena itulah banyak para pembuat video sengaja mengambil gambar di tempat ini.

Jika ingin bermalam disini, Anda bisa memesan homestay yang berada dekat dengan lokasi wisata. Tidak ada salahnya Anda mengajak keluarga untuk bersantai di area Tebing Breksi untuk melepaskan sejenak kepenatan kota. Anda bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah serta moment yang tidak akan Anda lupakan.

Jika Anda berniat datang ke Tebing Breksi, maka Anda perlu mengatur waktunya. Ya walaupun sebenarnya wisata ini buka sepanjang hari, namun ada waktu-waktu tertentu agar dapat menemukan suasana yang tepat. Jika Anda ingin melihat indahnya sunrise, maka datanglah di jam 5 selepas subuh hingga pukul 6 pagi.

Jika tempat tinggal Anda jauh dari lokasi wisata ini, maka Anda dapat menyewa homestay untuk bermalam. Namun jika Anda berniat melihat keindahan sunset maka waktu yang tepat untuk berkunjung ialah pukul 5 sore. Jangan takut kelewatan waktu shalat maghrib karena di area ini sudah disediakan mushola.

Lokasi Wisata Tebing Breksi

Tebing breksi jogja (https://www.kartanesia.com)

Tebing Breksi berada di Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab.  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah jika berkunjung ke tempat ini, Anda juga bisa sekalian mampir ke wisata Candi Ijo yang terletak tidak jauh sekitar 0,8 km dari Tebing Breksi. Lokasi Candi Ijo berada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, 52281 Indonesia.

Fasilitas Tebing Breksi

Untuk fasilitas dan wahana Tebing Breksi sudah cukup lengkap jika Anda berkunjung ke spot wisata satu ini, antara lain fasilitasnya sebagai berikut:

  1. Musholla
  2. Spot foto
  3. Panggung terbuka
  4. Pusat kuliner
  5. Jeep wisata
  6. Lapangan parkir
  7. Toilet

Jam Buka Harga Tiket Masuk

Untuk Anda yang ingin datang dan berlibur ke Tebing Breksi Anda bisa berkunjung mulai dari jam 5 pagi sebelum sunrise hingga jam 6 sore selepas sunset. Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Nah soal harga tiket ataupun parkir Anda tidak perlu khawatir, berikut ini informasinya :

  • Tiket masuk sukarela
  • Parkir motor 2 ribu rupiah
  • Parkir mobil 5 ribu rupiah

Itulah informasi Tebing Breksi yang dahulu merupakan area tambang dan kini telah disulap menjadi spot wisata yang unik. Anda bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja, baik itu hari libur ataupun hari biasa. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat silahkan share kepada keluarga dan teman-teman Anda. Terimakasih!

Cari Artikel di Sini