Musim haji selalu ramai setiap tahunnya. Untuk dapat melasanakan rukun Islam yang kelima ini, umat muslim di Indonesia pun harus rela mengantri bertahun tahun menunggu gilirannya berangkat ke tanah suci. Biaya yang dikeluarkan untuk berhaji pun tidak sedikit karena mencakup transportasi dan akomodasi selama berangkat dari Indonesia, selama tinggal di Makkah dan Madinah, serta akomodasi untuk pulang kembali ke tanah air.

Padahal, untuk dapat berhaji, salah satu syaratnya adalah keluarga yang ditinggalkan dirumah berada dalam keadaan yang cukup dan tidak kekurangan sedikit pun. Untuk itu, terdapat beberapa produk tabungan haji yang diberikan oleh beberapa bank yang ada di Indonesia. Sembari menunggu giliran pelaksanaan haji, anda pun dapat menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk ditabung di bank dan digunakan untuk membiayai perjalanan haji anda.

Tabungan haji merupakan jenis tabungan yang hampir sama dengan tabungan rencana ataupun tabungan pendidikan. Tabungan ini tentu saja memang dikhususkan untuk para nasabah dari bank yang bersangkutan yang memang menginginkan dan berencana untuk naik haji guna melaksanakan Rukun Islam yang kelima.

Dalam mekanisme tabungan haji ini, tidak diadakan bunga, bahkan tidak ada potongan administrasi dari bank, biaya pembukaan rekening tabungan haji pun tidak ada kecuali jika ada penutupan rekening atas permintaan nasabah atau nasabah menyatakan diri batal untuk naik haji. Dalam tabungan haji ini pula, para penabung mendapat sebuah buku tabungan layaknya tabungan biasa yang digunakan untuk mencatat segala macam mutasi dalam rekening tabungan haji yang bersangkutan.

FITUR DAN MANFAAT TABUNGAN HAJI

Pada umumnya seluruh produk tabungan haji yang dikenal oleh masyarakat memberikan kemudahan dan pelayanan yang mirip satu dengan yang lainnya. Adapun beberapa fitur dan manfaat dari tabungan haji yang dapat anda peroleh diantaranya adalah :

  1. Dapat membantu memperingan anda dalam mempersiapkan diri menunaikan ibadah haji ke tanah suci.
  2. Dapat membantu memberikan perencaan tentang kebutuhan dana dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.
  3. Memberikan bonus berupa souvenir haji agar perjalanan haji anda lebih berkesan dan tak terlupakan.

CARA KERJA TABUNGAN HAJI

Tiap tiap bank yang menyediakan layanan tabungan haji, biasanya menentukan jumlah setoran yang berbeda beda. Jumlah setoran tersebut ditentukan antara 100.000 hingga 500.000 per bulannya dimana jumlah dan lamanya setoran tetap dapat ditentukan sendiri oleh nasabahnya.

Saat saldo dari tabungan haji ini sudah mencapai batas nominal tertentu sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Pemerintah tentang biaya minimal pendaftaran haji melalui sistem SISKOHAT, maka nasabah dapat langsung menggunakan dana tersebut untuk mendaftarkan diri melakukan perjalanan naik haji di Kantor Kementerian Agama yang berwenang guna mendapatkan nomor antrian.

Sembari menunggu waktu keberangkatan, maka nasabah dapat terus melakukan setoran pada rekening tabungan hajinya dan tentu saja seorang nasabah tetap harus memastikan bahwa biaya haji tersebut lunas sebelum jatuh tempo yang ditentukan oleh pihak berwenang untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

SYARAT MENGAJUKAN TABUNGAN HAJI

Untuk dapat membuka rekening tabungan haji, ada beberapa hal yang dipersyaratkan tergantung dari bank yang anda kehendaki. Namun, pada umumnya syarat syarat yang dibutuhkan untuk membuka rekening tabungan haji adalah menyerahkan fotokopi identitas diri seperti halnya E-KTP, SIM ataupun paspor lalu mengisi formulir penmbukaan tabungan haji.

Tiap tiap bank pun akan menentukan jumlah setoran awal yang berbeda beda serta jumlah nominal yang harus tersisa dalam rekening tabungan haji anda. Saldo minimal ini akan diperlukan ketika tabungan haji milik anda akan ditutup karena alasan tertentu. saldo minimal inilah yang akan digunakan untuk melunasi biaya administrasi penutupan rekening tabungan haji jika kelak terjadi.

Cari Artikel di Sini