Surat teguran adalah surat yang dibuat oleh pihak berwenang dalam suatu perusahaan/instansi ternetu yang diberikan kepada karyawannya karena telah melakukan suatu tindakan yang melanggar aturan dari perusahaan/istansi tersebut.

Karena kita dalam melakukan suatu pekerjaan untuk perusahaan, terkadang kita akan melakukan kesalahan yang mana hal tersebut akan mengakibatkan kita terkena peringatan. Peringatan tersebut umumnya terbagi menjadi dua teguran lisan dan tertulis.

Bila kita melakukan kesalahan kecil dan baru pertama kali maka kita hanya akan mendapatkan teguran secara lisan. Tapi bila kita telah berulang kali maka kita akan mendapat teguran secara tertulis. Nah yang secara tertulis ini disebut dengan surat teguran.

Dalam surat teguran ini biasanya akan dilakukan secara bertahap. Untuk pertama kali kita akan mendapatkan surat peringatan pertama (SP-1), berikutnya SP-2, dan yang terakhir adalah SP-3. Kenapa Sp-3 disebut sebagai surat teguran terakhir?

Karena setelah SP-3 kita tetap melakukan pelangaran maka kita akan dipecat secara tidak terhormat oleh perushaan tempat kita bekerja.

Artikel lain : Download Contoh Surat dalam Bahasa Inggris

Walaupun demikian ada beberapa perusahaan yang hanya melayangkan surat teguran ini satu kali, dan bila tetap ngeyel maka kita akan langsung dipecat/ pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak perusahaan.

Untuk itu kita harus menghindari melakukan tindakan yang melanggar atauran yang mana hal tersebut akan merugikan diri kita sendiri.

Download Contoh Surat Teguran Format .DOC

Silahkan perhatikan contoh surat teguran berikut ini :

Contoh surat teguran

Contoh surat teguran

Bila anda ingin mendownload contoh surat teguran dalam format .DOC silahkan klik link berikut ini :

 Download Contoh Surat Teguran .DOC

Nah mungkin itu tadi penjelasan singkat mengenai contoh surat teguran. Semoga dengan penjelasan singkat tadi menambah wawasan serta referensi bagi anda semua. Terima kasih kasih telah membaca artikel kami, dan sampai jumpa lagi.

Cari Artikel di Sini