Surat somasi adalah surat pemberitahuan yang mana digunakan sebagai teguran maupun peringatan sebelum kita akan melakukan penuntutan baik secara hukum perdata ataupun pidana. Pada prinsipnya ditujukan kepada orang maupun badan hukum yang telah melanggar hak hukum kita.

Surat somasi ini mungkin kita berikan untuk mengingat kembali bahwa dia mereka mempunyai tanggungan.

Dan apabila kita mengirimkan somasi ini mereka belum mempunyai etikat baik maka sebaiknya kita menempuh jalur hukum, ada baiknya juga kita mengirimkan surat somasi ini cuma dua atau tiga kali aja.

Hal ini agar penanganan perkara kita tidak akan memakan wkatu lama, serta akan kita segara menempuh jalur hukum.

Surat ini dapat menjadi salah satu keberhasilan dalam penyelesaian dalam suatu perkara, seperti hutang piutang, sengketa kepemilikan, pencemaran nama baik , ataupun perkara-perkara lainnya.

Artikel lain : Download Contoh Surat Izin Usaha

Surat somasi yang baik adalah yang mampu untuk menjebatani atau menjadi jalan penengah untuk dapat menyelesaikan masalah/perkara antara pihak yang bertikai.

Akan tetapi dalam banyak praktek yang ada masalah hutang piutang ini dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan (musyawarah mufakat) tanpa harus menempuh jalur hukum yang ada.

Download Contoh Surat Somasi Format .DOC

Silahkan anda perhatikan contoh surat somasi berikut ini :

Contoh surat somasi

Contoh surat somasi

Untuk dapat mendownlaod contoh surat somasi dalam format .DOC silahkan klik link dibawah ini :

Download Contoh Surat Somasi .DOC

Itu tadi penjelasan singkat mengenai contoh surat somasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga saja dengan penjelasan singkat tadi akan menambah informasi serta wawasan bagi anda semua. Terima kasih telah membaca artikel dari kami dan sampai jumpa dilain kesempatan.

Cari Artikel di Sini