Surat referensi bank adalah sebuah surat yang mana isinya keterangan tertulis yang dibuat oleh sebuah bank atas permintaan akan nasabahnya dengan tujuan tertentu dan sifatnya tidak mengikat, tidak menjajikan, dan juga tidak memberikan jaminan tapi bersifat rahasia.

Surat ini sedikit penting bagi kita yang sedang menjalankan usaha ata perusahaan. Surat ini akan diperlukan oleh bank maupun perusahaan saat mereka berhadapan atau berbisnis dengan nasabah atau pelanggan yang masih baru.

Hal ini akan menjadi bukti keadaan dari sebuah bank maupun suatu perusahaan tertentu. Misalkan saja pembeli baru (pihak pertama) berhubungan dengan sebuah perusahaan (pihak kedua) dan dia (pembeli) ingin membeli barang secara kredit.

Maka perusahaan tersebut akan memerlukan referensi dari bank atau perusahaan lain (sebagai pihak ketiga agar dapat mengetahui kerdibilitas ataupun credit worthiness calon pembeli apakah memunuhi syarat atau tidak agar diberi kredit atau tidak).

Ataupun bisa juga ketika seseorang ingin membuat visa. Surat referensi bank tersebut juga diperlukan oleh pihak ketiga untuk mengetahui apakah orang tersebut layak untuk dapat berpergian keluar negeri atau tidak.

Karena hal ini berhubungan apakah tabungan yang di punyai cukup agar untuk hidup disana dalam jangka waktu tertentu atau tidak.

Hal ini juga untuk memastikan orang tersebut tidak akan malah jadi imigran gelap atau peminta-minta yang akan meresahkan warga diluar negeri yang akan ditujunya.

Artikel lain : Download Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Untuk dapat memperoleh surat refernsi bank ini kita sebelumnya harus membuat surat permohonan terlebih dahulu agar pihak bank mengeluarkan surat referensi bank ini.

Dan sebelumnya kita harus menjadi nasabah minimal selama 3 bulan, akan tetapi hal ini juga tergantung dari kebijakan dari bank tertentu.

Download Contoh Surat Referensi Bank Format .DOC

Berkut ini adalah contoh surat referensi bank yang telah kami sediakan, silahkan perhatikan dengan seksama :

Contoh surat referensi bank

Contoh surat referensi bank

Bila anda ingin mendownload contoh surat referensi bank dalam format .DOC silahkan klik link dibawah ini :

Download Contoh Surat Referensi Bank .DOC

Itu tadi penjelasan singkat mengenai contoh surat referensi bank yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Kita akan memberikan contoh surat yang lain deng penjelasannya pada artikel selanjutnya. Semoga dengan penjelasan serta contoh surat tadi akan menambah pegetahuan dan referensi bagi anda. Sekian dulu dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini