Surat perjanjian hutang piutang adalah surat yang dibuat oleh pihak yang berhutang dengan pemberi hutang.

Surat ini berguna untuk mengikat antara kedua belah pihak agar mereka mememuhi kewajiban yang telah ditentukan/disepakati oleh kedua belah pihak sebelumnya.

Bila kita berbicara tentang hukum maka hutang piutang akan menjadi sah apabila ada suatu perjanjian tertulis maupun lisan yang mana harus disertai dengan saksi-saksi.

Akan tetapi lebih baik bila kita membuatnya secara tertulis yakni dengan membuat surat perjanjian hutang piutang. Hal ini karena bila suatu hari nanti terdapat perselisihan maka surat perjanjian ini dapat digunakan sebagai alat bukti.

Dalam penulisan surat perjanjian hutang piutang ini tidaklah sulit, hal yang terpenting anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama tanggal dan tempat terjadinya pembuat surat perjanjian, kedua identitas dari kedua belah pihak (nama, umur, pekerjaan, alamat, kalo bisa nomor identitas bisa berupa KTP maupun yang lain).

Artikel lain : Download Contoh Surat Serah Terima Barang

Ketiga adalah poin-poin kesepakatan bersama (berisi jumlah hutang, tanggal pengembalian serta tata cara pengembalian, barang jaminan bila menggunakan, tata cara penyelesaian masalah bila nanti ada).

Keempat tanda tangan kedua belah pihak diatas materai yang cukup disertai dengan saksi-saksi.

Download Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Silahkan perhatikan contoh surat hutang piutang berikut ini :

Contoh surat perjanjian hutang piutang

Contoh surat perjanjian hutang piutang

Untuk dapat mendownload contoh surat hutang piutang dalam format .DOC silahkan klik link dibawah ini :

Download Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang .DOC

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai contoh surat perjanjian hutang piutang. Semoga dengan penjelasan singkat tadi dapat menambah wawasan serta referensi bagi anda. Sekian dulu dan terima kasih telah membaca artikel dari kami

Cari Artikel di Sini