Surat perjalanan dinas (SPD) adalah surat yang dibuat untuk dapat menerangkan bahwasannya seseorang yang bekerja di sebuah instansi atau perusahaan akan melaksanakan tugas ke suatu wilayah tertentu dengan biaya ditanggung oleh pihak kantor serta dalam kurun waktu tertentu.

Surat ini akan dibuat kepada karyawan yang akan melakukan tugas dinas, hal ini untuk menunjang kelancaran dinas yang akan dilakukan.

Untuk pengertian dari perjalanan dinas sendiri adalah peerjalanan keluar dari tempat kedudukan sorang pejabat atau pegawai dengan jarak minimal 5 km dari batas kota serta dilakukan atas perintah serta wewenang demi kepentingan instansinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa instansi pemerintah maupun swasta akan memberikan tugas kepada personil mereka, enah itu pimpinan ataupun karyawannya agar melaksanakan kunjungan dinas keluar kota atau bahkan luar negeri.

Nah untuk melengkapi perjalanan yang akan dilakukan maka umumnya juga akan dibekali dengan surat perjalanan dinas atau dikenal dengan istilah Surat Jalan, Surat Tugas atau bahkan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).

Artikel lain : Download Contoh Surat Mandat

Seperti pada surat umumnya surat perjalanan dinas ini mempunyai kegunaan, yakni sebagai pelengkap bagi penerima tugas agar dapat melaksanakan tugas dengan lancar serta efisien sesuai dengan jadwal yang sudah ada.

Selain untuk memuat tentang tugas yang diberikan, juga akan ada jangka waktu tugas dan juga biaya yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas tersebut.

Download Contoh Surat Perjalanan Dinas Format .DOC

Berikut ini adalah contoh surat perjalanan dinas silahkan anda perhatikan dengan seksama :

Contoh surat perjalanan dinas

Contoh surat perjalanan dinas

Bila ingin mendownload contoh surat perjalanan dinas dalam format .DOC silahkan anda klik yang tersedia berikut ini :

Download Contoh Surat Perjalanan Dinas .DOC

Itu tadi penjelasan singkat tentang contoh surat perjalanan dinas yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan penjelasan tadi akan menambah paham anda semua, terutama bagi anda yang sedang membutuhkan referensi untuk menulis surat ini. Sekian dulu pada kesempatan kali ini dan semoga sukses dengan tugas yang diberikan kepada anda.

Cari Artikel di Sini