Surat memo adalah surat/pesan singkat yang dibuat oelh satu pihak yang ditujukan ke pihak lain yang mana berisikan saran, arahan, maupun penejelasan tentang suatu hal.

Memo ini singkatan dari memorendum, tapi biasanya lebih dikenal dengan istilah memo karena lebih singkat dan mudah dilafalkan. Seperti halnya namanya yang singkat, isi dari surat ini juga dibuat sesingkat mungkin, padat dan jelas (mudah dimengerti).

Karena memo ini akan langsung menyatakan apa yang menjadi maksud dari pengirim memo, tanpa ada embel-embel lain.

Seperti pengertiannya surat memo ini digunakan untuk komunikasi dalam memberikan arahan, permontaan, maupun keterangan tentang sesutau hal yang harus segera dilaksanakan/diselesaikan.

Surat memo dibedakan menjadi dua, hal ini berdasarkan penggunaannya yakni surat memo resmi dan surat memo tidak resmi. Surat memo resmi adalah memo yang dibuat oleh perusahaan/instansu ataupun organisasi yang ditujukan untuk pihak internal saja.

Artikel lain : Download Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Dengan kata lain tidak digunakan untuk keperluan surat menyurat ke pihak lain. Sedangakn surat memo tidak resmi (pribadi) adalah memo yang ditujukan untuk keluarga ataupun teman.

Untuk yang resmi biasanya ditujukan kepada orang yang memounau pangkat yang lebih rendah ataupun sama dengan membuat surat memo tersebut.

Download Contoh Surat Memo Format .DOC

Untuk lebih memahami lagi silahkan anda perhatikan contoh surat memo berikut ini :

Contoh surat memo

Contoh surat memo

Bila anda ingin mendownload contoh surat memo dalam format .DOC silahkan langsung klik link berikut ini :

Download Contoh Surat Memo .DOC

Sekian dulu penjelasan tentang jenis surat memo pada kali ini, kita teruskan lagi dilain kesempatan dengan penjelasan surat yang lain beserta contohnya. Semoga dengan penjelasan tadi akan menambah wawasan bagi anda semua. Sekian dulu pada kali ini dan terima kasih telah membaca artikel kami.

Cari Artikel di Sini