Download Contoh Surat Hibah yang Benar di 2019

Surat hibah adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang menerangkan memberikan sesuatu (tanah, rumah, mobil, dll) kepada pihak lain yang dilakukan ketika si penghibah masih hidup.

Kita perlu ingat bahwa hibah ini berbeda dengan warisan. Kalo warisan merupakan peninggalan dari orang tuan yang dibagikan kepada anak maupun saudaranya.

Sedangkan untuk hibah sendiri penerimanya belum tentu anak maupun keluarga, boleh jadi orang lain yang berjasa dalam kehidupannya. Walaupun begitu lebih baik saat melakukan hibah ini diketahui oleh ahli waris (anak maupun keluarga).

Hal ini agar tidak ada yang iri dengan adanya hibah ini. Hal ini juga yang mendasari adanya pembuatan surat hibah. Yang mana bila terjadi sesuatu dikemudian hari sudah ada surat hibah sebagai jalan penengahnya.

Surat hibah ini juga dapat digunakan sebagai tanda bukti yang sah di muka hukum. Hal ini dikarenakan surat ini ditandatangani diatas materai, sehingga akan mengikat dari pemberi maupun penerima dari hibah.

Artikel lain : Download Contoh Surat Jual Beli


Dalam hukum islam harta yang dapat hibahkan hanya 1/3 dari total keseluruhan harta dari penghibah. Surat hibah ini harus kita tulis sejelas-jelasnya hal ini agar tidak terjadi multitafsir.

Dan juga harus ada saksi-saksi yang melihat dan menandatangai surat hibah ini, saksi ini dapat berupa ahli waris yang lain, pihak yang berwenang serta notaris.

Download Contoh Surat Hibah

Silahkan anda perhatikan contoh surat hibah berikut ini :

Contoh surat hibah
Contoh surat hibah

Untuk dapat mendownload contoh surat hibah dalam format .DOC silahkan anda klik link dibawah ini :

Download Contoh Surat Hibah .DOC

Itu tadi penjelasan singkat tentang contoh surat hibah yang dapat kami berikan. Semoga dengan penjelasan tadi anda semakin paham serta menambah referensi bagi anda semua. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa dilain kesempatan. Selamat mencoba!!!


Leave a Comment