Surat gugatan perdata adalah surat yang dibuat oleh pihak tertentu yang ditujukan kepada Ketua Pengadian yang berwenang untuk memtutuskan permasalah yang tidak dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Surat ini juga memuat tuntutan hak yang didalamnya terdapat suatu sengketa serta akan menjadi dasar landasan untuk pemeriksaan perkara serta pembuktian kebenaran suatu hak.

Nah surat ini digunakan karena salah satu pihak tidak menepati apa yang dia katakan atau dengan kata lain mengingkari janjinya. Eh tapi jangan disangkutin sama perasaan ya. Ini biasanya karena melanggar perjanjian yang telag dibuat dan disepakati oleh kedua belah pihak yang ada. Tapi salah satu pihak melanggar perjanjian tersebut.

Dalam perkara gugatan ada dua pihak yang saling berdapan yakni Penggugat dan Tergugat. Penggugat merupakan pihak yang melaporkan/menuliskan surat gugatan perdata ini, sedangkan untuk Tergugat adalah pihak yang akan diadili/dilaporkan.

Surat ini juga akan menjelaskan duduk permasalahan yang ada antara kedua belah pihak. Nah setelah itu pihak Penggugat akan meminta untuk penyelesaian terkait masalah tersebut. Biasanya surat ini dibuat karena penyelesaian secara kekeluargaan tidak menemui titik temu.

Sebagai contoh saat adanya transaksi jual beli maka akan dibuat surat perjanjian jual beli, pasti akan ada pasal-pasal tentang kewajiban kedua belah pihak.

Artikel lain : Download Surat Pengajuan Permohonan

Dan salah satu pasal akan menjelaskan cara penyelesaian masalah, umumnya pertama akan diselesaikan secara kekeluargaan apabila tidak ditemui titik terang baru diselesaikan dimeja hijau. Nah salah surat gugatan perdata ini adalah penyelesaian tersebut dan sebagai buktinya adalah surat perjanjian dengan tandatangan kedua belah pihak diatas materai.

Download Contoh Surat Gugutan Perdata Format .DOC

Silahkan anda perhatikan contoh surat gugatan perdata berikut ini :

Contoh surat gugatan perdata

Contoh surat gugatan perdata

Untuk dapat mendownload contoh surat gugatan perdata dalam format .DOC silahkan anda klik link yang tersedia berikut ini :

Download Contoh Surat Gugatan Perdata .DOC

Itu tadi penjelasan singkat tentang contoh surat gugatan perdata pada kesempatan kali ini, jangan lewatkan penjelasan tentang jenis-jenis surat yang lain tentunya pada kesempatan yang lain pula. Semoga dengan penjelasan tadi akan menambah referensi serta wawasan bagi anda semua. Sekian dulu dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini