Surat domisili adalah surat yang dibuat oleh pihak berwenang untuk menerangkan bahwa seseorang tersebut bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu. Surat ini akan menjadi salah satu bukti tertulis bahwa orang tersebut benar-benar disuatu wilayah tertentu.

Surat domisili ini punya kaya akan manfaat, salah satunya untuk pengganti KTP sementara supaya mereka mendapatka bantual sosial baik itu dari pihak pemerintah maupun keperluan hal yang lain.

Karena saat kita berpindah tempat maka KTP kita belum langsung mendapat pengganti KTP dengan alamat yang baru. Dengan surat domisili ini akan menjadi salah bukti tertulis dan sah bahwa yang bersangkutan memang benar bertempat tinggal diwilayah tersebut.

Manfaat yang lain yakni digunakan untuk membantu program pemerintah dalam pemetaan persebaran penduduk. Seperti yang dijelaskan tadi bila kita berpindah tempat dan saat itu ada pemilu maka KTP kita masih dengan alamat lama.

Hal ini mengakibatkan kita tidak bisa memperoleh hak pilih. Untuk itu sebaiknya kita membuat surat domisili agar dapat didata oleh pemerintah.

Artikel lain : Download Contoh Surat Kuasa Tanah

Surat domisili ini dapat diperoleh dari pejabat pemerintah, seperti Ketua RT, Ketua RW, Kepada Dusun, Kepala Desa maupun pejabat yang lainnya. Akan tetapi dengan syarat untuk mendapatkan surat domisili ini kita harus tinggal diwiliyah tertentu selama kurang lebih 6 (enam) bulan.

Download Contoh Surat Domisili Format .DOC

Silahkan anda perhatikan contoh surat domisili berikut ini :

Contoh surat domisili

Contoh surat domisili

Untuk anda yang berminat untuk mendownload contoh surat domisili dalam format .DOC silahkan langsung klik link berikut ini :

Download Contoh Surat Domisili .DOC

Mungkin cukup sekian penjelasan tentang surat domisili dari kami. Semoga dengan penjelasan singkat beserta contoh tadi menambah anda lebih paham lagi tentang surat khususnya surat keterangan domisili. Sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini