Download Contoh Surat Dakwaan Terbaru

Surat dakwaan adalah surat yang isinya rumusan suatu tindak pudan yang didakwakan (dituduhkan) kepada terdakwa yang disimpulkan serta ditarik dari hasil pemeriksaan penyelidikan, serta menjadi dasar dan landasan bagi hakim untuk memeriksa dimuka sidang pengadilan.

Memang agak sulit mempelajari surat ini, bila kita bukan anak hukum. Tapi mari kita belajar bersama-sama, sedikit demi sedikit pasti bisa membuat surat dakwaan ini. Karena pada umumnya surat dakwaan ini akan dibuat oleh ketua pengadilan negeri dimana sebuah kasus disidangkan.

Sedangkan yang mempunyai wewenang mengubah isi surat tolakan jaksa. Surat ini akan mengandung sebuah kronologi perkara yang sedang disidangkan. Untuk menjadi sebuah surat dakwaan yang bagus dan baik dalam penulisannya harus memperhatikan beberapa hal. Hal ini juga berkaitan dengan pasal yang ada KUHAP.

Syarat pertama yakni harus memenuhi syarat formal. Syarat ini seperti halnya kelengkapan identitas dari surat dan tersangka, yang isinya seperti, tanggal serta ditandatangani oleh jaksa/penuntut umum, identitas tersangka (nama, tempat lahir, umur atau tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, tempat tinggal, agama serta pekerjaan).

Artikel lain : Download Contoh Surat Perintah Tugas

Syarat kedua adalah syarat materil. Syarat ini memuat dua unsur yang tak boleh kita lupakan, pertama uraian cermat, jelas serta lengkap tentang tindak pidana yang didakwakan. Dan unsur kedua apalah menyebutkan waktu serta tempat tindak pidana yang telah dilakukan (tempus delicti dan locus delicti).

Download Contoh Surat Dakwaan Format .DOC

Silahkan anda perhatikan contoh surat dakwaan agar lebih jelas lagi :

Contoh surat dakwaan
Contoh surat dakwaan

Untuk dapat mendownload contoh surat dakwaan dalam format .DOC silahkan klik link dibawah ini :

Download Contoh Surat Dakwaan .DOC

Sekian dulu penjelasan singkat mengenai surat dakwaan kali ini, kita teruskan lagi lain kali dengan membahas jenis surat yang lain. Semoga dengan penjelasan serta contoh surat tadi akan menambah wawasan bagi anda semua. Terima kasih telah membaca artikel dari kami. See you next time!!!

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: