5 Panduan Strategi Marketing Yang Efektif

Strategi Marketing – Membahas tentang strategi marketing memang tidak ada habisnya, setelah 2 artikel sebelumnya saya juga telah membahas tentang strategi pemasaran produk dan strategi pemasaran produk baru sedangkan dalam artikel ini saya juga kembali membahas tentang strategi marketing yang efektif.

Pada intinya memang tidak ada yang berbeda dengan artikel-artikel saya sebelumnya, tetapi di artikel ini saya memperjelas tentang apa saja strategi marketing yang tepat agar tingkat sales kita juga meningkat.

Karena, jika marketing kita memble alias tidak berhasil maka bisa dipastikan kalau unit perusahaan kita juga akan segera gulung tikar.

Dalam strategi marketing ada satu point penting yang tidak bisa kita hilangkan yakni keikutsertaan pelanggan. Mengapa hal ini menjadi begitu penting? Jawabannya simple! Jika pelanggan kita merasa dihargai/terlibat dalam produk/brand kita maka mereka akan cenderung lebih loyal/fans boy.

Misalnya saja Xiaomi yang belum lama didirikan tetapi sudah memiliki pelanggan yang loyal, hal ini tidak bukan karena mereka menganggap pelanggan bukan hanya mesin uang tetapi juga ladang inovasi produk.

Tetapi, tidak hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Ada banyak sekali aspek-aspek yang harus kita lihat untuk menerapkan strategi marketing yang tepat. Jika strategi marketing dan promosi ini benar dan tepat, maka pesan/goal yang ingin kita sampaikan kepada calon pelanggan akan diterima dengan baik.

Salah satu ciri pesan kita diterima dengan baik adalah tidak adanya double persepsi di pelanggan. Lebih detailnya berikut ini adalah lima point penting untuk strategi marketing dan promosi :

1. Coba Copywriting Extreme

Copywriting adalah salah satu trik marketing yang sangat populer dan efektif. Bisa dikatakan copywriting adalah senjata utama kita dalam memperkenalkan produk kepada calon pelanggan.

Ada banyak tipe penggunaan copywriting dan biasanya cara paling efektif adalah menggunakan kata-kata yang ekstrim/bombastis. Misalnya “200% Omset Naik dalam 1 Minggu“, atau kata-kata yang lain.

Baca Juga : Cara Jualan Gratis Lewat Instagram

Tetapi, satu hal yang perlu ditekankan adalah untuk membuat judul yang tidak membohongi pelanggan. Karena banyak yang hanya menggunakan judul bombastis, tetapi kualitas produk tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Karena itulah, meskipun bombastis dan “ekstrim” tetapi jujur adalah nomor 1.

2. Fokus pada Hasil dan Solusi

Pelanggan hanya butuh solusi atas setiap kebutuhan mereka. Mereka tidak peduli dengan apa yang kita lakukan atau detail apa yang akan kita berikan kepada mereka. Mereka hanya butuh solusi sederhana terhadap setiap kebutuhan mereka.

Karena itulah cari tahu apa yang benar-benar pelanggan inginkan, kadang kalah kita memberikan solusi yang terlalu detail kepada pelanggan. Padahal pelanggan sendiri hanya menginginkan solusi yang amat sederhana.

Tawarkan paket solusi kepada pelanggan, sehingga mereka tertarik menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan. Sehingga seolah-olah kita berteriak “I am a problem solver” atau pesan yang lain sehingga pelanggan akan merasa puas dengan solusi yang kita berikan.

3. Fokus pada Target Pasar

Target pasar/sales memang sangatlah penting. Karena marketing tanpa mencapai target adalah suatu pemborosan ataupun ketidak efisensi. Salah satu cara untuk mencapai target adalah dengan memberikan target pasar itu sendiri. Kita harus tahu detail pasar apa yang akan kita hadapi. Karena karakteristik pasar itu berbeda-beda tergantung pada produk yang kita tawarkan.

Karena itulah, kita wajib meriset pasar guna menentukan target pasar yang jelas. Semakin kecil/detil pasar yang kita tentukan maka semakin efektif juga strategi yang akan kita gunakan. Karena kita bisa fokus terhadap strategi-strategi yang efektif.

4. Gunakan Tagline

Tagline memang sangat krusial, karena apa? Simple, karena tagline sama seperti logo yang mereprenstasikan usaha kita. Gunakan tagline yang proaktif, singkat, simple, tetapi ngena.

5. Gunakan Pesan Yang Jelas

Seperti yang saya jelaskan diatas, marketing yang baik itu yang menghasilkan sales. Salah satu aspeknya adalah produk / pesan yang kita sampaikan ke pelanggan tidak memiliki arti ganda. Dengan kata lain pesan yang kita sampaikan itu jelas.

Gunakan pesan yang singkat dan padat saja. Peras segala kelebihan dan keunikan produk Anda dalam beberapa rangkai kata saja.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: