3 Strategi Komitmen Pasar untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Komitmen Pasar – Dalam strategi yang akan dibahas sangat berkaitan erat dengan tingkat keterlibatan suatu perusahaan dalam hal mencari pasar tertentu. Hal ini dilandasi dengan pandangan perusahaan tentang semua pelanggan belum tentu sama pentingnya bagi sebuah perusahaan. Pada umumnya perusahaan hanya akan memusatkan perhatian dan juga komitmennya pada pasar-pasar tertentu saja.

Dalam hal ini komitmen sudah meliputi sumber daya finansial, manajerial ataupun kedua-duanya. Dalam strategi komitmen pasar terdiri atas 3 kelompok yaitu strong-commitment strategy, average- commitment strategy, dan juga light- commitment strategy. Untuk lebih jelasnya tentang strategi tersebut maka akan dibahas satu persatu.

1. Strong-Commitment Strategy

Dalam perusahaan yang akan menerapkan strategi ini dituntut agar dapat melakukan perencanaan operasinya dalam pasar yang sudah ditujunya secara optimal, yaitu dengan mencapai skala ekonomis dalam berbagai hal seperti promosi, distribusi, pemanufakturan, dan sebagainya.

Apabila perusahaan mendapat tantangan dari para pesaing, maka perusahaan hendaknya bertahan dan juga harus dapat melawan pesaing dengan agresif dengan menggunakan strategi marketing mix yang berbeda.

Strategi ini agar perusahaan dapat mengatasi tantangan dari pesaing secara agresif dengan melaksanakan strategi yang berbeda-beda dalam masing-masing aspek, seperti produk, harga, promosi, dan distribusi.

Tujuan utamanya agar dapat mempertahankan posisi dengan segenap yang dimiliki oleh perusahaan. Adapun syarat syarat yang harus dimiliki oleh perusahaan agar dapat sukses dengan menggunakan strategi ini, antara lain :

    1. Perusahaan hendaknya dapat beroperasi secara optimal dengan cara merealisasikan skala ekonomis dalam hal promosi, distribusi, pemanufakturan, dan lainnya.
    2. Hendaknya perusahaan tidak cepat puas dengan situasi ataupun posisi yang telah dicapai pada saat ini, karena ada yang mengatakan meraih lebih mudah dari pada mempertahankan.
    3. Memiliki sumber daya yang sangat memadai.
    4. Perusahaan harus mempunyai keinginan dan kemampuan untuk dapat mengambil resiko.
    5. Hasil pokok yang diharapkan dalam strategi ini adalah meningkatnya pertumbuhan, laba dan juga pangsa pasar.

2. Average- Commitment Strategy

Apabila kepentingan dari suatu perusahaan dalam pasar tidak mengalami perubahan, maka perusahaan tersebut perlu memprioritaskan usahanya agar dapat mempertahankan status quo.

Cara yang sering ditempuh oleh perusahaan-perusahaan yaitu dengan cara menyediakan segala sesuatunya (terutama dalam hal pembauran pasar) yang sesuai dengan kebiasaan pelanggan, dimana perubahan hanya kan dilakukan apabila lingkungan juga mengalami perubahan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen dan Macam-Macamnya

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin menggunakan strategi ini adalah bahwasannya perusahaan harus dapat mengupayakan agar para pelangganya tetap puas dan juga senang, sehingga mereka tidak mudah ‘digoda’ dan juga mudah ‘dirayu’ untuk berpindah ke pesaing perusahaan. Hasil yang akan dicapai dalam strategi ini adalah profitabilitas perusahaan yang memadai.

3, Light- Commitment Strategy

Ada juga perusahaan yang telah mempunyai pasar yang hanya diperhatikan secara ‘sambil lalu’ saja. Ini berarti perusahaan hanya mempunyai komitmen kecil untuk mengurusi pasar tersebut.

Perusahaan tidak banyak melakukan perhatian dan juga tidak melakukan usaha untuk dapat mencukupi dan memenuhi kebutuhan segala aspek yang sangat dibutuhkan pasar tersebut.

Hal ini terjadi dikarenakan pasar tersebut bersifat stagnan, potensi yang terbatas, telah dimasuki dan dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan besar ataupun karena faktor-faktor yang lain.

Dalam kondisi tersebut perusahaan hanya kan mempertahankan status quo (tanpa adanya peningkatan pertumbuhan, laba dan pangsa pasar).

Terimakasih telah membaca artikel kami yang berjudul strategi komitmen pasar, semoga sangat bermanfaat untuk memperlancar bisnis anda selanjutnya.

Berikut beberapa artikel terkait:

5 Strategi Pemasaran Jitu Untuk Produk Baru
4 Strategi Pasar Efektif Berdasarkan Geografis
Tujuan Strategi Pemasaran

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: