Status BPJS jika resign, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Jika semua pekerja wajib memiliki kartu BPJS atau menjadi peserta BPJS. Hal ini memiliki dampak positif bagi para karyawan juga para pemilik perusahaan. Karena adanya proteksi dan jaminan bagi para karyawannya.

Namun dalam dunia kerja, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Dan salah satu kemungkinannya yaitu jika adanya karyawan yang resign atau diadakannya PHK. Tentu kedua hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa alasan yang berdampak terhadap pemberian fasilitas yang selama ini telah diperoleh. Salah satu fasilitas yang terkena dampaknya yaitu pemberian BPJS.

Kewajiban membayar iuran wajib oleh pekerja terhadap BPJS yang digunakan akan selalu melibatkan perusahaan yang menaunginya. Sejumlah iuran dibayarkan bersama oleh para pekerja dan juga pihak perusahaan terkait.

Dalam artian, jika pekerja atau karyawan terkait resign atau terkena PHK sehingga keluar dari perusahaan maka penggunaan BPJS yang diberikan harus melalui evaluasi lebih lanjut kembali.

Status BPJS

Status BPJS jika resign, bagi kalian yang belum mengetahui tentang status BPJS setelah karyawan resign. Terlebih dahulu kalian harus mengetahui jika terdapat 2 kondisi yang mempengaruhi kepengurusan layanan BPJS, diantaranya yaitu :

1. Pekerja Resign dan kembali bekerja di perusahaan lain

Peristiwa seperti ini banyak terjadi, ada karyawan yang resign kemudian diterima di perusahaan lain dan ada juga karyawan yang di PHK namun kemudian mengirim surat lamaran kerja dan bekerja di perusahaan lainnya.

Jika hal ini terjadi maka karyawan tersebut hanya perlu mengurus data perpindahan atau peralihan perusahaan saja. Namun, jika perusahaan yang baru tidak menggunakan BPJS maka karyawan harus beralih ke BPJS Mandiri.

2. Pekerja Resign dan tidak bekerja lagi

Jika pekerja yang sebelumnya mendapat pelayanan BPJS selama bernaung diperusahaan. Maka setelah dia mengajukan surat pengunduran diri dan keluar dari perusahaan tersebut dia harus mengubah BPJS ketenagakerjaannya menjadi BPJS mandiri.

Cara Urus BPJS Setelah Resign

Untuk kalian yang bingung bagaimana cara untuk mengurus BPJS kembali setelah resign, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Siapkan Surat Pernyataan Resign atau Surat Referensi Kerja

Jika kalian ingin beralih ke BPJS mandiri karena resign atau di PHK maka kalian harus melampirkan surat pernyataan jika kalian sudah berhenti bekerja di perusahaan tersebut.

Biasanya surat ini dinamakan sebagai surat referensi kerja yang memuat isi pernyataan jika kalian pernah bekerja di instansi terkait sebelumnya. Surat ini dikeluarkan oleh pihak manajemen perusahaan.

2. Lengkapi Dokumen Pendukung

Setelah surat referensi kerja, maka klain juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung untuk mempermudah penginputan data. Diantaranya yaitu

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Pas Foto terbaru 3  4 sejumlah 2 lembar
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Kartu BPJS ketenagakerjaan sebelumnya

Agar proses penginputan data dapat valid maka kalian bisa membawa dokumen diatas tadi dalam bentuk fotocopy dan juga asli.

3. Datangi Kantor BPJS

Setelah menyiapkan berbagai dokumen tadi, kalian bisa langsung menuju ke kantor BPJS. Di kantor kalian bisa mengisi formulir untuk pengubahan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan, setelah itu lakukan pendaftaran. Usahakan semua berkas kalian lengkap dan juga mengisi formulir dengan benar agar proses administrasi dapat berlangsung cepat dan benar.

4. Bayar Tunggakan

Jika kalian memiliki tunggakan pada pembayaran BPJS sebelumnya, kalian bisa segera membayar tunggakan tersebut di tempat yang ditentukan BPJS atau di kantor BPJSnya langsung. Setelah proses peralihan BPJS menjadi BPJS mandiri selesai, selanjutnya kalian bisa memilih kelas dan juga besarnya iuran yang harus dibayarkan.

5. Status BPJS jika resign

Fasilitas berupa BPJS yang diberikan perusahaan kepada para pekerja atau karyawannya memberikan banyak keuntungan. Diantaranya yaitu jaminan hari tua, jaminan kesehatan, kecelakaan dll.

Oleh sebab itu selalu manfaatkan dengan baik program yang diberikan oleh pemerintah ini. Jika kalian resign atau di PHK kalian masih tetap bisa menikmati BPJS dengan berganti status menjadi BPJS Mandiri.

Cari Artikel di Sini