Sms banking cimb niaga adalah salah satu fitur layanan perbankan yang dapat diakses melalui smartphone. Ada berbagai macam cara untuk mengakses layanan tersebut. Hal ini membuat para nasabah tidak perlu bergantung pada koneksi internet seperti layanan mobile Banking pada umumnya.

Apa Itu SMS Banking CIMB Niaga?

Bagi beberapa nasabah cimb niaga mungkin belum mengetahui apa itu sms banking cimb niaga. Walaupun sebenarnya fitur SMS Banking cimb niaga telah lama dirilis, namun beberapa nasabah mengabaikan fitur tersebut.

Pada dasarnya semua nasabah telah mengetahui jika cimb niaga telah mempunyai fitur SMS Banking. Sayangnya sebagian besar dari nasabah masih menggunakan ATM untuk bertransaksi.

Sementara itu ada beberapa nasabah yang mungkin salah mengartikan tentang layanan SMS banking / mobile Banking cimb niaga. Untuk pengertian dari mobile Banking cimb niaga adalah sebuah rekening ponsel yang untuk mempermudah transaksi layanan perbankan.

Jadi semua nasabah cimb niaga mempunyai 2 buah rekening sekaligus yaitu rekening konvensional dan rekening ponsel. Untuk rekening konvensional merupakan rekening utama. Sementara untuk rekening ponsel adalah sebuah rekening yang hanya digunakan untuk bertransaksi.

Ada 2 buah fitur mobile Banking dari CIMB Niaga, yaitu Go Mobile dan CIMB clicks. Untuk fitur Go Mobile dapat diakses melalui aplikasi dan SMS (USSD code). Sedangkan untuk CIMB clicks dapat diakses melalui browser baik itu smartphone maupun PC.

Daftar SMS Banking CIMB Niaga

Sebelum melakukan registrasi / daftar SMS Banking CIMB Niaga, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Harus memiliki rekening tabungan di cimb niaga

Persyaratan utama untuk menggunakan layanan SMS banking adalah memiliki rekening tabungan di cimb niaga. Semua jenis rekening tabungan yang digunakan dalam registrasi mobile Banking. Tetapi khusus untuk jenis rekening junior / pelajar tidak dapat diperbolehkan untuk menggunakan fitur tersebut.

2. Nomor ponsel yang digunakan saat ini harus terdapat pada data nasabah

Persyaratan yang kedua adalah nomer ponsel yang dimiliki saat ini merupakan nomor ponsel yang sesuai pada data Nasabah ketika melakukan pembukaan rekening.

Untuk persyaratan ini mungkin menjadi suatu persyaratan yang cukup berat bagi nasabah yang sering gonta ganti nomer seluler. Nomor seluler yang terdapat pada data bank ketika melakukan pembukaan rekening kemungkinan besar juga telah dibuang.

Maka dari itu, nasabah harus datang ke kantor cabang Bank CIMB Niaga terlebih dahulu. Nasabah harus melakukan perubahan nomor telepon.

Untuk penggunaan nomor telepon, ada 2 buah provider yang tidak dapat untuk mengakses layanan tersebut. Provider tersebut adalah Smartfren dan 3 (Tri).

Format Kode Perintah SMS Banking CIMB Niaga

Format kode perintah sms banking cimb niaga adalah sebagai berikut :

No Format Kode Keterangan
1. *141*8*1# Saldo mutasi
2. *141*8*2# Isi ulang dan prabayar
3. *141*8*3# Transfer
4. *141*8*4# Pembayaran
5. *141*8*5# Lain – lain

Cara Aktivasi SMS Banking CIMB Niaga

Untuk layanan mobile Banking cimb niaga yang terbaik adalah Go Mobile. Sebab fitur tersebut dapat diakses dengan mudah dan tanpa mengandalkan penggunaan data seluler. Sehingga ketika berada di daerah pegunungan yang mempunyai signal data minim, masih dapat untuk bertransaksi.

Ada 3 buah cara aktivasi sms banking cimb niaga. Cara tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Melalui CIMB clicks

Layanan cimb clicks adalah layanan e Banking pertama dari cimb niaga. Bagi yang telah mempunyai akun di cimb clicks dapat dengan mudah registrasi layanan Go Mobile. Ikuti saja petunjuk dalam proses registrasi Go Mobile.

2. Melalui aplikasi Go Mobile

Cara aktivasi sms banking yang ke dua dengan mengunduh aplikasi Go Mobile terlebih dahulu di App store / play store. Kemudian lakukan proses registrasi yang sesuai dengan petunjuk yang ada.

3. Melalui SMS

Bagaimana cara daftar sms banking cimb Niaga? Hal tersebut dapat dilakukan hanya melalui SMS hanya dengan mengetik format sesuai dengan ketentuan. Ketik “Mobile”, lalu kirim ke 1418. Lalu nasabah akan mendapatkan sebuah notifikasi atas pengaktifan layanan Go Mobile.

4. Melalui ATM

Sementara untuk aktivasi melalui ATM, langkah pertama adalah klik menu eChannel / Brancless Banking. Kemudian pilih Go Mobile dan masukkan nomor telepon.

Selanjutnya, nasabah akan mendapatkan pin Go Mobile melalui sms. Lalu masukkan pin Go Mobile tersebut. Tunggu beberapa saat kode verifikasi untuk aktivasi Go Mobile dan masukkan kode tersebut. Kemudian pilih proses untuk langkah registrasi terakhir.

Biaya SMS Banking CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga mempunyai ketentuan atas limit dan biaya. Semua nasabah cimb niaga juga seharusnya mengetahui secara detail tentang limit dan biaya sms Banking cimb niaga.

Limit:

  • Limit dari transfer ke rekening Go Mobile ataupun konvensional tidak terbatas. Dengan besarnya Limit per transaksi Rp25.000.000.
  • Limit transfer ke rekening CIMB Niaga lainnya sebesar Rp100.000.000.
  • Limit transfer ke bank lain adalah Rp50.000.000.
  • Limit pembayaran tagihan sebesar Rp2.000.000.000.

Biaya :

  • Biaya transfer ke rekening Go Mobile dan CIMB Niaga lainnya adalah gratis.
  • Biaya transfer ke bank lain dengan kliring sebesar Rp5.000.
  • Biaya transfer ke bank lain melalui ATM, online dan ATM Bersama adalah Rp6.500.
  • Biaya transfer valas ke bank lain sebesar 5 US$.
  • Biaya tagihan Telkom yaitu Rp2.500.
  • Biaya tagihan PLN yaitu Rp3.500.

Kelebihan SMS Banking CIMB Niaga

Kelebihan SMS banking cimb niaga Go Mobile yang utama adalah dapat diakses dengan mudah baik melalui aplikasi maupun USSD code. Sedangkan untuk kelebihan lain berupa fitur layanan dari Go Mobile itu sendiri. Fitur tersebut antara sebagai berikut ini :

  1. Cara cek saldo sms banking cimb niaga dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
  2. Dapat menerima informasi mutasi rekening terakhir hingga 7 – 10 mutasi.
  3. Pembayaran semua jenis tagihan, mulai dari e-commerce, credit card, asuransi, leasing, telepon dan lain – lain.
  4. Pembelian pulsa telepon, PLN, BLITZ, e-money dan lain – lain.
  5. Cara transfer beda bank dengan sms banking cimb niaga ke rekening sendiri semakin mudah.
  6. Cara transfer sms banking cimb niaga ke bank lain juga dapat dilakukan langsung di Go Mobile.
  7. Mengetahui lokasi ATM CIMB Niaga terdekat.
  8. Tarik tunai lewat ATM.

Cara Menggunakan SMS Banking CIMB Niaga

Ada 2 buah cara menggunakan SMS banking cimb niaga. Cara pertama adalah dengan mengakses SMS Banking melalui aplikasi Go Mobile.

Sedangkan untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan USSD code. Untuk USSD code cimb niaga adalah *141*8#.

Sementara cara dalam menggunakan sms banking yang benar dan tepat adalah tidak mengalihkan semua saldo dari rekening konvensional ke rekening Go Mobile. Karena pada dasarnya rekening Go Mobile adalah sebuah rekening ponsel yang hanya digunakan untuk bertransaksi dan bukan rekening utama.

Hal ini dikarenakan rekening ponsel sangat rawan akan serangan hacker. Jadi sebaiknya tidak mengendapkan saldo di rekening Go Mobile dalam waktu lama.

Itulah review lengkap mengenai layanan SMS banking cimb niaga Go Mobile.

Cari Artikel di Sini