Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih saja. Apapun bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan teknologi. Seperti halnya dalam konteks pengambilan uang, pengiriman, atau bahkan penyimpanan uang.

Jika dulunya Anda harus melakukan semua kegiatan tersebut di Bank, sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Tentu, sebagian besar orang sudah memiliki smartphone di zaman millenial ini. Anda bisa menggunakan smartphone dan internet itu untuk keperluan yang telah disebutkan tadi.

Bagi Anda yang kebetulan tidak ingin repot ke Bank, Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda. Namun, Anda perlu mendaftar SMS Banking BRI terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda bisa mendaftarnya secara online ataupun offline. Jika dilakukan secara online, Anda diharuskan memiliki akun internet banking BRI dulu. Jika dilakukan secara offline, Anda bisa datang langsung ke kantor BRI terdekat untuk mendaftar menggunakan mesin ATM.

Bagaimana Cara Daftar SMS Banking BRI?

Apa Itu SMS Banking BRI? Sebagian dari Anda mungkin masih bingung mengenai sistem dari transaksi ini. SMS Banking BRI adalah salah satu fitur dari e-Banking selain daripada ATM, internet, mobile banking, dan notifikasi. Perbedaannya, SMS Banking memanfaatkan pesan Handphone untuk transaksi.

SMS Banking BRI digunakan untuk mempermudah siapapun yang ingin melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan mudah tanpa harus ke Bank. Transaksi Bank itu bisa mencakup beberapa hal seperti transfer uang, beli atau isi ulang pulsa, cek saldo, dan transaksi lainnya.

Transaksi tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan SMS Banking BRI. Tentu, hanya dengan smartphone saja, Anda tidak perlu mengantri lama di ATM untuk melakukan transaksi tersebut. Itulah sisi kelebihan sms banking bri yang perlu Anda tahu. Lalu, bagaimana cara mendaftar ke SMS Banking BRI itu? Simak informasinya di bawah ini!

Cara Daftar SMS Banking BRI di ATM

Jika Anda ingin merasakan kemudahan dari SMS Banking BRI, Anda bisa mendaftar dengan mudah. Tetapi, untuk bisa mendaftarnya, Anda perlu mendaftarkan nomor Hp Anda dulu. Nomor yang terdaftar tersebut nantinya akan digunakan untuk aplikasi SMS Banking BRI di ATM yang terlampau dekat dengan rumah Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah Pertama

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke ATM terdekat di daerah Anda.
  2. Selanjutnya, masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM dengan langkah-langkah seperti biasa.
  3. Jika Anda sudah masuk ke halaman utama, pilih opsi “Transaksi Lain”.
  4. Lalu, klik menu SMS Banking dan ketik nomor telepon Anda yang sudah terdaftar untuk aplikasi SMS Banking BRI.
  5. Setelah itu, buat PIN SMS Banking dengan jumlah  digit angka yang mana Anda mudah dalam mengingatnya.
  6. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka slip bertuliskan”Anda telah berhasil melakukan pendaftaran SMS Banking BRI” akan muncul seketika.

Langkah Kedua

  1. Jika Anda sudah melakukan langkah pertama, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi Mobile Banking BRI.
  2. Jika Anda menggunakan Smartphone, Anda bisa buka Google Play Store untuk mendownloadnya.
  3. Sedangkan jika Anda adalah pengguna BlackBerry, Anda bisa menggunakan aplikasi BlackBerry World.

Langkah Ketiga

Ada hal yang harus Anda ketahui agar tidak salah persepsi. Jadi, setelah Anda melakukan dua langkah di atas, Anda hanya bisa melakukan transaksi secara nonfinansial seperti cek saldo rekening.

Anda akan bisa melakukan transaksi secara finansial seperti transfer, pembelian pulsa, bayar tagihan kartu, dan lainnya, jika Anda sudah mengaktifkannya. Cara mengaktifkannya adalah dengan datang ke cabang Bank BRI di daerah Anda. Lalu, konsultasikan keperluan Anda kepada Customer Service.

Sebelum datang ke Bank, Anda harus mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut mencakup antara lain Buku Rekening, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu ATM.

Cara Daftar SMS Banking BRI di Kantor Cabang BRI Terdekat

Jika registrasi melalui ATM masih membuat Anda bingung, alternatif lain adalah daftar ke Kantor Cabang BRI sertacara aktivasi SMS Banking BRI. Namun, Anda harus membawa persyaratan yang diperlukan. Beberapa persyaratan tersebut antara lain kartu ATM BRI yang masih berlaku dan fotokopi KTP.

Lalu, temui Customer Service Bank,maka Anda akan diberi formulir permohonan sekaligus pengaktivan SMS Banking BRI. Setelah itu, cek kesesuaian data-data yang telah di tulis. Lalu, petugas nantinya akan membantu Anda dalam mendaftar SMS Banking BRI. Jika semua proses sudah terlaksana, Anda bisa secara langsung merasakan kemudahan layanan SMS Banking BRI.

Biaya SMS Banking BRI

Transaksi nonfinansial dan finansial memiliki perbedaan biaya. Jika Anda melakukan transaksi nonfinansial, Anda tidak akan dikenakan biaya bank alias gratis.Namun, Anda mungkin akan dikenakan biaya pulsa tergantung pada operator handphone yang digunakan. Berikut adalah biaya pulsa yang akan dipotong:

  • Simpati : Rp350,00 (biaya SMS terkirim) dan Rp500,00 (biaya SMS diterima)
  • As : Rp300,00 dan Rp550,00
  • Kartu Halo : Rp250,00 dan Rp500,00
  • XL Prabayar : Rp350,00 dan Rp500,00
  • XL Pascabayar: Rp250,00 dan Rp500,00

Sedangkan, jika Anda melakukan transaksi finansial, Anda akan dikenakan biaya Bank. Jadi, ada dua jenis biaya yang harus dibayar oleh pengguna, yakni biaya SMS dengan tarif di atas dan pemotongan saldo. Pemotongan saldo tersebut tidak dilakukan setiap bulan sekali, tetapi pada saat transaksi dilakukan oleh Anda.

Jumlah biaya nya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis transaksinya. Secara umum, biaya dipatok sebesar Rp250,00 hingga Rp6.500,00. Rp250,00 ini digunakan untuk biaya transfer sesama BRI, sedangkan untuk Rp6.500,00 digunakan untuk biaya transfer ke bank selain BRI misalnya BNI, BCA, Mandiri, dan lainnya.

Format Kode Perintah SMS Banking BRI

Perlu Anda ketahui, format SMS Banking BRI atau kode perintah untuk setiap jenis transaksi memiliki perbedaan. Baik kode transaksi seperti transfer, cek saldo. isi ulang pulsa, bayar PLN, dan lainnya memiliki perbedaan.

Format penulisannya harus benar, karena jika salah, transaksi akan gagal. Tentu agar Anda tidak perlu mengulanginya kembali, Anda harus memeriksanya dulu sebelum kirim pesan. Berikut adalah cara menggunakan sms dan format kode perintah SMS Banking BRI.

NO Jenis Transaksi         Format Contoh
1 Cek Saldo SALDO [spasi] PIN SALDO 123456
2 Transfer Sesama BRI “TRANSFER” [spasi] BRI (rekening tujuan) [spasi] “NOMINAL” [spasi] “PIN TRANSFER”BRI123451234567890 500000 123456
3 Transfer ke Bank Lain TRANSFER [spasi] KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening [spasi] NOMINAL[spasi] PIN TRANSFER 008987654321 5000000 123456
4 Isi Pulsa PULSA [spasi] HP [spasi] NOMINAL [spasi] PINPULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)
5 Beli Pulsa (Token PLN SMS Banking BRI) BELI [spasi] PLNPRE [spasi] ID PLN [spasi] NOMINAL [spasi] PIN BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456

Ketik kode perintah di atas pada menu SMS handphone Anda, lalu kirim ke 3300, SMS Banking BRI. Pastikan PIN harus benar ya, karena jika salah berulangkali bisa berakibat terblokir.

Cara Transfer Beda Bank Dengan Sms Banking BRI

Jika Anda ingin transfer beda Bank dengan SMS Banking BRI, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Tulis di dialog SMSHp dengan format,“TRANSFER” “spasi” “KODE BANK TUJUAN + NOMOR REKENING” “spasi” “JUMLAH TRANSFER” “spasi” PIN Anda
  2. Misalnya: Transfer 0090178305703 160000 787898
  3. Lalu, kirim pesan itu ke nomor 3300
  4. Tunggu sebentar untuk mendapatkan balasan dari 3300, nanti Anda akan mengetahui proses berhasil atau tidak
  5. Ingat! Gunakan kode bank yang relevan dengan Bank tujuan

Cara Transfer SMS Banking BRI

Adapun cara transfer SMS Banking untuk sesama BRI dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah caranya:

  1. Buka kotak dialog pesan Anda
  2. Ketik “TRANSFER” [spasi] BRI (rekening tujuan) [spasi] “NOMINAL” [spasi] “PIN TRANSFER”
  3. Contoh: TRANSFER BRI 123451234567890 500000 123456
  4. Kirim ke nomor 3300

Cara Cek Saldo Sms Banking Bri

Untuk Anda yang masih belum paham cara cek saldo SMS Banking BRI, cek langkahnya sebagai berikut!

  • Ketik di kotak pesan Hp Anda “SALDO [spasi] PIN SALDO123456”
  • Jika sudah sesuai, kirim ke nomor 3300

Demikian adalah pembahasan tentang SMS Banking BRI yang dapat memberikan referensi kepada Anda. Pastikan Anda memahami penjelasan di atas dengan seksama. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Cari Artikel di Sini