SMS Banking BNI menjadi salah satu layanan dari BNI yang dapat digunakan oleh para nasabah dengan mudah dan lebih praktis. Memiliki SMS Banking layaknya kita memiliki mesin ATM dan layanan bank sendiri selama 24 jam. Meskipun layanan ini tergolong cukup lama, namun banyak para nasabah yang kurang tahu menahu mengenai layanan yang satu in. Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu SMS Banking BNI?

SMS Banking BNI hadir untuk mempermudah para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan tanpa melalui atm ataupun mendatangi teller. Anda dapat melakukan transaksi seperti membayar tagihan listrik, cek saldo, membeli pulsa, transfer, dan lain-lain. Meskipun ada layanan-layanan dari BNI yang lainnya, ternyata SMS Banking tetap eksis. Karena dianggap lebih mudah, cepat dan praktis.

Apa Itu SMS Banking BNI? SMS Banking BNI adalah layanan 24 jam yang diberikan oleh BNI kepada para nasabah untuk dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah melalui SMS. Tujuan adanya SMS Banking BNI tidak lain yaitu untuk selalu memanjakan dan mempermudah para nasabahnya.

Kelebihan SMS Banking BNI

Ada beberapa Kelebihan SMS Banking BNI yang akan membuat Anda tertarik menggunakannya. Kelebihan dari SMS Banking BNI yaitu Anda dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot pergi ke ATM BNI maupun ke kantor BNI. Karena Anda dapat melakukannya kapan dan dimana saja.

SMS Banking juga dianggap sebagai layanan dari BNI yang mana. Karena layanan 24 jam ini lebih terjaga data-datanya dan dapat dihapus dengan mudah. Selain itu, transaksi ini bebas dari gangguan eksternal. Seperti koneksi internet atau mati listrik.

Kelebihan lan dari SMS Banking BNI yaitu memiliki fitur yang lengkap seperti transaksi transfer, berbagai pembelihan, tagihan pembayaran, dan lain-lain. Layanan yang diberikan oleh BNI ini juga dapat diakses oleh berbagai jenis ponsel atau smartphone dengan berbagai basis. Anda juga dapat melakukan penggantian Pin secara fleksibel.

Daftar SMS Banking BNI

Pendaftaran SMS Banking BNI dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mendatangi kantor BNI terdekat maupun menggunakan mesin ATM. Daftar SMS Banking BNI melalui kantor BNI terdekat yaitu Anda harus membawa beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syaratnya yaitu buku rekening tabungan BNI dan ATMnya.

Pihak petugas bank akan membantu Anda dalam mengaktifkan SMS Banking. Tidak hanya itu, Anda juga akan dibantu dalam menggunakan layanan tersebut. Sebelum Anda mendaftar SMS Banking, pastikan Anda mempunyai pulsa yang mencukupi. Karena pada SMS banking, Anda akan dikenakan biaya Rp. 500 hingga Rp. 1.000 per SMSnya.

Bagaimana Cara Daftar SMS Banking BNI? Cara kedua yaitu mendaftar SMS Banking BNI melalui ATM. Pertama yaitu masukan kartu ATM dan password seperti biasanya. Kemudian carilah menu Registrasi e-channel.Pilih menu SMS Banking BNI, kemudian Nomor Handphone yang nantinya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking.

Setelah itu, Anda disuruh untuk membuat Pin baru yang digunakan untuk SMS Banki. Pin yang Anda masukan tidak boleh sama seperti Pin ATM. Meskipun pin yang dimasukan sama, tetapi alangkah baiknya jika dibuat berbeda. Hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika proses tersebut selesai, Anda akan mendapatkan struk bukti registrasi SMS Banking BNI yang keluar dari mesin ATM. Anda juga akan mendapatkan SMS sukses dari 3346 sebagai bukti bahwa Anda telah menyelesaikan registrasi SMS Banking BNI.

Cara Aktivasi SMS Banking BNI

Cara Aktivasi SMS Banking BNI cukup mudah. Anda dapat melakukan aktivasi melalui smartphone maupun iPhone. Ketika pendaftaran SMS Banking BNI Anda sukses, layanan BNI ini sudah otomatis aktif. Sehingga Anda tidak perlu mencari menu atau format aktivasi. Tana sukses tidaknya pendaftaran yaitu Anda akan mendapatkan SMS sukses dari 3346 dan struk bukti registrasi ketika Anda mendaftar melalui ATM.

Format Kode Perintah SMS Banking BNI

Jika Anda sudah berhasil mendaftar dan mengaktifkan SMS Banking BNI, Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Berikut ini beberapa cara melakukan transaksi dengan Format Kode Perintah SMS Banking BNI yang benar,

Jenis Transaksi Format
Cek Saldo SAL
Mutasi Rekening HST
Transfer antar BNI TRANSFER (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal Transfer
Transfer antar Bank TRANSFER (spasi) ANTARBANK (spasi) Kode Bank + Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal (spasi) #Kode Referensi#
Transfer DPLK SETOR (spasi) DPLK (spasi) Nomor Rekening DPLK (spasi) Nominal
Tranfer dengan Berita TRANSFER (spasi) Berita (spasi) Nomor Rekening (spasi) Nominal (spasi) #isi Berita#
Transfer dengan Berita dan Notifikasi TRANSFER (spasi) Berita Notifikasi (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal (spasi) #isi berita#( spasi) No HP Penerima Notifikasi
Request VCN BELI (spasi) VIRTUAL (spasi) CARD (spasi) Number (spasi) Nominal
Isi Ulang Pulsa TOP (spasi) No. HP (spasi) Nominal
Isi Ulang PLN Prabayar TOP (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN / No. Meter (spasi) Nominal
Bayar PLN Pascabayar PAY (spasi) PLN (spasi) Nomor Pelanggan
Tagihan Listrik PLN TAG (spasi) PLN (spasi) No. Langganan
Tagihan Telkom TAG (spasi) TELKOM (spasi) 4 Digit Kode Area + No. Telepon
Internet / TV Berlangganan TAG (spasi) PLN (spasi) No Langganan
Top Up Token PLN Prepaid TOP (spasi) PLN (spasi) Nomor Meter (spasi) Nominal
Perlu Bantuan HELP

Biaya SMS Banking BNI

Seperti layanan yang lainnya, SMS Banking BNI juga membutuhkan sedikit biaya ketika Anda ingin menggunakannya. Jika M Banking membutuhkan biaya dalam bentuk kuota internet, SMS Banking membutuhkan biaya dalam bentuk pulsa. Sehingga setiap transaksi yang Anda lakukan ketika mengirim ke 3346, pulsa anda akan berkurang sebagai biayanya.

Biaya SMS Banking BNI berbeda-beda sesuai dengan transaksi apa yang Anda lakukan. Bahkan ada fitur dari SMS Banking BNI yang tidak memerlukan biaya atau dapat dikatakan bebas biaya. Misalnya isi ulang pulsa berbagai jenis kartu kecuali Simpati dan As, transfer sesama BNI< cek saldo dan beberapa tagihan lainnya.

Cara Menggunakan SMS Banking BNI

SMS Banking BNI merupakan salah satu layanan e-banking dari BNI untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk menggunakan SMS Banking BNI.

Salah satu Cara Menggunakan SMS Banking BNI dan sering digunakan yaitu dengan mengetik syntax. Syntax tersebut dapat dilihat diatas mengenai format kode perintah SMS Banking BNI. Caranya yaitu tuliskan syntax sesuai dengan transaksi yang akan Anda lakukan kemudian kirim SMS tersebut tke 2246.

Cara yang kedua dalam menggunakan SMS banking BNI yaitu  menggunakan menu BNI SMS Banking. Sedangkan cara ketiga yaitu melalui layanan USSD *141#. Cara Cek Saldo SMS Banking BNI yaitu dengan membuka aplikasi pesan atau message terlebih dahulu di smartphone. Setelah terbuka, ketikkan SAL kemudian kirim ke 3346. Tunggu beberapa waktu saja, Anda akan mendapatkan balasan berapa isi saldo di rekening BNI Anda.

Anda dapat melakukan transfer uang menggunakan SMS Banking BNI dengan mudah. Cara Transfer SMS Banking BNI yaitu masuk ke aplikasi pesan di handphone Anda terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda memiliki pulsa yang cukup. Ketik TRANSFER (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal Transfer (spasi )#Berita# kirim ke 3346.

Jika tidak ada berita, anda dapat menggantinya  dengan nomor telepon penerima. Ketik TRANSFER (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal Transfer (spasi) Nomor Telp Penerima kirim kr 3346. Berhasil atau tidaknya transaksi yang dilakukan, Anda akan memperoleh balasan mengenai transaksi tersebut.

Anda juga dapat mentransfer sejumlah uang menggunakan SMS Banking BNI meskipun beda bank. Cara Transfer Beda Bank Dengan SMS Banking BNI hampir mirip seperti sesama bank, hanya saja harus menambahkan kode bank tersebut. Ketik TRANSFER (spasi) ANTARBANK (spasi) Kode Bank + Rekening Tujuan (spasi) Nominal Transfer (spasi)## lalu kirim ke 3346.

SMS Banking BNI menjadi jawaban Anda saat ini. Menggunakan SMS banking BNI akan mempermudah Anda dalam melakukan berbagai transaksi perbankan kapan dan dimana saja. Biaya yang dikeluarkan untuk layanan ini juga sangat murah, bahkan ada beberapa fitur SMS Banking BNI yang tidak memerlukan biaya sedikitpun alias gratis.

 

Cari Artikel di Sini