Kursus Internet Marketing – Internet marketing untuk sekarang ini semakin populer, karena tingkat keefektifitasnya yang sangat tinggi tetapi dengan mengeluarkan budget iklan yang sangat minimal. Nah, dari tahun ke tahun trend internet marketing tentunya berubah mengikuti perkembangan zaman.

Belajar internet marketing memang tidak semudah yang seperti di omongin banyak orang. Banyak kita temui orang-orang bilang “bisnis online gampang banget, tanpa modal lagi”, atau “kerjanya sambil tidur mah bisa kalau di bisnis online”. Percayalah orang-orang yang bilang begitu ada dua kemungkinan, pertama dia itu pembual kedua memang benar-benar seorang mastah/master. Tetapi, saya yakin juga semua master bisnis, apapun bisnisnya kalau bisnisnya sudah mapan juga akan bilang begitu.

Nah, darimana belajar bisnis online?

Ini adalah pertanyaan awal oleh semua newbie (sebutan bagi pemula di internet marketer), semua newbie termasuk saya memang sangat-sangat kebingungan darimana kita memulainya. Ada banyak sekali aspek yang harus dipelajari di internet marketing ini, dan apabila kita belajar sendiri tentu bisa tapi… susahnya bukan main.

Saya belajar internet marketing itu pada saat SMP, dan itu belajar otodidak tanpa adanya tentor. Pada saat itu saya hampir frustasi, atau bisa dikatakan sudah frustasi. Karena, memang tidak semudah yang banyak orang omongin. Saran saya memang belajarlah di satu tempat dengan tekun, syukur-syukur kamu memiliki mentor yang dapat membimbingmu dengan sabar. Lalu, dimana dapat belajar bisnis online?

Berikut ini saya rekomendasikan 3 tempat untuk belajar bisnis online, satu gratis dan 2 berbayar. Lho kenapa berbayar? Sekarang saya tanya, emang ada tempat kursus yang gratis? Nah berikut ini adalah tempat untuk belajar internet marketing :

1. Ads.Id (Forum Internet Marketing Terbesar di Indonesia)

Semua orang yang berkecimpung di dunia bisnis online atau internet marketing pasti tahu forum ini. Dulu namanya adalah adsense-id.com, kemudian berubah menjadi ads-id.com dan terakhir menjadi ads.id

Ads.id ini bisa dikatakan tempat untuk belajar bisnis online dan internet marketing paling lengkap dan gratis. Ada banyak sekali ilmu-ilmu yang berceceran di ads.id. Jika kamu beli di kursus luar maka nilainya udah puluhan bahkan ratusan juta.

Enaknya di Ads.Id itu diberikan sub-sub grup untuk diskusi, bertanya, sharing. Ilmu-ilmu disana bisa dikatakan dari dasar sampai tingkat atas. Ada banyak master-master disana yang mau berbagi dan tidak menarik biaya sepeserpun.

Tetapi, kelemahan ads.id adalah ketidak strukturnya ilmu yang ada disana. Maklum, karena ada banyak orang yang share tips, alhasil informasi yang berharga tersebut malah menjadi overload di kepala dan menyebabkan gagal fokus. Tetapi, kamu bisa siasatin ini dengan mencari daftar isi di kursus2 premium, dan mencari materinya di ads.id.

Karena, semua materi di kursus-kursus berbayar sebenarnya sudah di share gratis di ads.id, cuman karena ilmunya terlalu banyak dan berceceran alias tak terstruktur maka menyebabkan kebingungan karena terlalu banyaknya informasi yang didapat. Tetapi, ads.id tetap sangat rekomended untuk belajar bisnis online gratis.

2. Panduan IM

Tempat kedua yang selalu menjadi tempat rekomendasi saya adalah panduan im. Blog ini menyajikan konten yang sangat berkualitas dan tentunya gratis! Meskipun gratis tetapi konten yang disampaikan tidak kalah dengan konten yang berbayar mahal. Berikut ini contoh materi yang ada di panduan im:

Materi Panduan IM

Materi Panduan IM

Ada delapan topik pembahasan yang disampaikan dengan sangat detail, mulai dari dasar hingga tingkat advance. Tutorial itu antara lain:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Social Media Marketing
  3. Bisnis online
  4. Riset kata kunci
  5. Konten Marketing
  6. Copywriting
  7. Lead Magnet
  8. WordPress

Jadi, website ini sangat cocok bagi Anda yang benar-benar mulai dari nol untuk belajar digital marketing.

3. Ratakan.COM

Ratakan termasuk marketplace produk digital pertama di Indonesia. Konsepnya sama seperti marketplace lain, tetapi produk yang dijual adalah produk-produk digital mulai dari tools, tutorial, panduan, ataupun desain asset yang bisa digunakan untuk jualan.

Salah satu produk yang terlaris di ratakan adalah SEO Domination dari sembah bravo. Sembah ini termasuk “pemain lama” dalam dunia internet marketing termasuk SEO. Jadi untuk kualitasnya tidak perlu diragukan.

Kursus SEO Domination

Halaman depan Kursus SEO Domination

Beli kursus seo domination

Nah, itu saja 3 tempat kursus bisnis online yang dapat saya ulas. Tentu saja ada buanyak sekali kursus-kursus bisnis online lain yang bagus, misal dosen jualan, agus piranhamas, dll. Semuanya bagus, asal materi yang mereka sampaikan kamu praktikkan ya. Jangan kebanyakan tutorial, tetapi minim praktik.

Cari Artikel di Sini