Pengertian Segmentasi Pasar, Alasan, Tujuan dan Manfaatnya

Segmentasi pasar, mungkin kata tersebut belum terlalu familiar di telinga anda. Sebelum mengupas tuntas tentang segmentasi pasar, ada baiknya anda mengetahui pengetahuan dasar dari segmentasi pasar ini agar tidak bingung saat mulai membahas tuntas berkaitan dengan segmentasi pasar ini.

Segmentasi pasar dapat dikatakan sebagai sebuah rangkaian proses membagi sebuah pasar dalam kelompok kelompok produk atau jasa dimana yang tadinya mempunyai sifat heterogen akan berubah menjadi beberapa segmen terkotak kotakkan lebih kecil. masing masing segmen ini nantinya cenderung mempunyai sifat yang homogen baik itu dalam aspek produk maupun aspek lainnya.

Definisi segmentasi pasar menurut pengertian yang diuraikan oleh para ahli dapat disimpulkan sebagai suatu bentuk kegiatan yang membagi pasar dari sifatnya yang heterogen menjadi pasar yang bersifat homogen. Homegenitas dari kelompok kelompok pasar ini disebabkan karena adanya perbedaan yang terdapat dalam kebiasaan membeli barang, menggunakan barang, sesuai dengan kebutuhan pemakainya, tujuan melakukan pembelian barang, ataupun tujuan lainnya yang dikehendaki.

ALASAN SEGMENTASI PASAR

Terdapat beberapa macam alasan yang dapat dibenarkan dalam melakukan segmentasi pasar, yaitu :

  1. Makin maju dan makin banyaknya kebutuhan dalam masyarakat, maka makin heterogen masyarakat yang membutuhkan segmentasi pasar.
  2. Makin maju tingkat perekonomian di masyarakat sehingga makin banyak bertebaran pesaing pesaing yang harus dihadapi oleh para produsen dalam pasar.
  3. Adanya segmentasi mampu membuat sebuah perusahaan dan produsen untuk dapat menemukan segmen yang pas terhadap produknya sehingga segala keperluan masyarakat dan konsumennya dapat terlayani dengan baik dan juga maksimal.
  4. Adanya segmentasi akan membuat sebuah perusahaan ataupun produsen dapat meraih keuntungan kompetitif terhadap banyaknya saingan melalui upaya diferensiasi produk yang dijualnya.

TUJUAN SEGMENTASI PASAR

Pasar memang lebih mudah untuk dibeda bedakan, artinya tiap tiap barang dan produk yang dihasilkan dalam suatu pasar memang didasarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Agar semua macam produk dapat diterima oleh konsumen, maka produk tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen berikut selera dari konsumen yang bersangkutan. Hal tersebut tentunya akan sulit dipenuhi oleh keadaan pasar yang heterogen.

Untuk itu, para produsen maupun perusahaan akan senantiasa mencari kelompok konsumen yang bersifat homogen agar perusahaan dan produsen lebih mudah dalam memahami dan menyediakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera dari konsumen yang bersangkutan. Maka dari itu, sebuah pasar akan lebih mudah dibedakan dari kelompok pasar lainnya.

Dengan segmentasi, pelayanan pelaku usaha terhadap konsumen akan menjadi leih baik lagi dengan penyediaan barang yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Adanya segmentasi tentunya membuat strategi pemasaran akan menjadi lebih terarah. Dengan banyaknya konsumen dan banyaknya hal yang harus dipenuhi, tentunya akan lebih sulit pemasarannya.

Saat melayani konsumen yang sudah bersifat homogen, maka segala strategi pemasaran yang sudah direncanakan akan dapat berjalan dengan baik dan terarah. Melalui segmentasi pasar, maka akan memberikan bantuan pada manajemen untuk mengarahkan modal dan dananya pada bidang yang potensial.

MANFAAT SEGMENTASI PASAR

Terdapat beberapa manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan segmentasi pasar, diantaranya :

  1. Sarana menyalurkan uang dan usahanya pada sebuah pasar yang nilainya lebih potensial dan lebih menguntungkan.
  2. Sarana untuk merencanakan produk dengan kualitas baik dan mampu memenuhi banyaknya permintaan pasar.
  3. Menentukan strategi melakuan promosi yang paling tepat bagi sebuah perusahaan.
  4. Mengatur waktu dalam melakukan promosi.
  5. Dapat melakukan pemilihan media advertising yang tepat serta menemukan solusi bagaimana prosedur dalam mengalokasikan produknya secara lebih efisien lagi, dan
  6. Terakhir membuat pelaku usaha lebih baik lagi dalam usahanya mengatur produk dan pemasarannya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: