Prospek Kerja Psikologi perlu Anda ketahui sebelum memilih jurusan pada perkuliahan Anda. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia sebagai manifestasi kejiwaan.

Karena jurusan ini berkaitan dengan kejiwaan, ada beberapa universitas yang memasukkan psikologi ke dalam ilmu sosial, tetapi ada juga yang memasukkannya ke dalam ilmu sains.

1. Human Resources Development (HRD)

Salah satu peluang atau Prospek Kerja Psikologi yaitu sebagai Human Resources Development. Mengambil profesi sebagai HRD tidak ada salahnya, karena hampir seluruh perusahaan membutuhkannya.

Perusahaan kecil maupun perusahaan multinasional selalu memiliki HRD sebagai salah satu anggotanya. HRD didominasi oleh mereka yang lulusan psikologi.  HRD sendiri dibagi menjadi beberapa bidang keahlian. Seperti HR Operation, Compensation and Benefit, Recruitment, Organization Development, dan Training and Development.

2. Psikolog

Mengambil strata 1 di psikolog dan melanjutkan magister dengan konsentrasi psikologi profesi dapat menjadi peluang Anda. Psikologi profesi meliputi psikologi klinis anak, psikologi klinis dewasa, psikologi pendidikan, psikologi sosial dan psikologi industri.

Selain itu, berprofesi sebagai psikolog juga banyak digunakan oleh industri pemerintah, swasta dan militer. Perusahaan kecil maupun besar dalam recruitment karyawan juga akan mengeluarkan hasil tes psikologi yang memiliki legal hukum yaitu psikolog.

3. Konselor

Konselor dapat menjadi pilihan bagi Anda lulusan psikologi. Bisa saja konselor remaja, konselor dewasa atau yang lainnya. Konselor pada sebuah perusahaan selalu berkaitan dengan konseling bagi karyawan yang membutuhkan.

Sedangkan konselor di luar perusahaan misalnya LSD atau NGO yang lebih konsen terhadap permasalahan remaja, anak dan gender. Seorang konselor memberikan konseling bagi mereka yang membutuhkan pencerahan, masukan atau juga pendapat tentang hidupnya. Baik masalah pribadi, pekerjaan atau yang lainnya.

4. Guru Bimbingan Konseling

Jika Anda menyukai psikolog dan suka terhadap anak-anak, menjadi guru bimbingan konseling tentu pilihan yang tepat. Guru-guru bimbingan konseling di berbagai jenjang pendidikan tentu akan mengambil atau merekrut mereka yang lulusan psikolog. Sebagian besar guru bimbingan konseling ini ada pada sekolah swasta.

Tugas dari seorang guru bimbingan konseling yaitu memberikan bimbingan dan konseling dengan anak yang terlibat atau berkaitan dengan permasalahan. Misalnya anak-anak yang mengalami hambatan dalam belajar atau memaksimalkan potensi anak di Sekolah.

5. Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Prospek kerja Psikolog yang lain yaitu terapi anak berkebutuhan khusus. Anda dapat mengirim surat lamaran kerja di kerjaan ini jika Anda suka anak.

Misalnya anak dengan autis atau anak yang memiliki kendala dalam tumbuh kembang tidak seperti anak normal. Anda dapat bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau sekolah – sekolah anak berkebutuhan khusus.

Tugas dari profesi ini yaitu mengamati perkembangan anak dan meningkatkan kemandiriannya sesuai dengan usia. Seorang terapis juga berperan untuk memaksimalkan fungsi organ dan tubuh anak sebagaimana mestinya ia tumbuh. Pekerjaan yang ini sangat membutuhkan kesabaran dan kepedulian.

6. Trainer

Untuk menjadi seorang trainer, Anda dapat mendaftarkan diri di lembaga training. Banyak orang yang menjadi trainer karena mereka mempunyai hobi memberikan pelatihan. Training yang diberikan yaitu berkaitan dengan pengembangan diri dan motivasi.

Training diberikan secara kelompok atau organisasi. Trainer sangat erat kaitannya dengan jurusan psikologi. Gaji menjadi seorang trainer pun cukup besar yaitu minimal 1 juta dengan sekali membuka kelas training (baca: contoh surat resign).

Prospek Kerja Psikologi sangat banyak sekali. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan keahlian Anda. Psikolog sangat erat dalam mengatasi masalah emosional, pengembangan diri dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Bagi Anda yang suka dengan tantangan, jurusan ini menjadi pilihan yang menarik untuk dipilih.

Cari Artikel di Sini