Prosedur resign harus Anda perhatikan ketika ada hal yang mengharuskan Anda untuk mengundurkan diri dari tempat kerja Anda. Sebenarnya resign merupakan hal yang wajar dalam dunia kerja, dan termasuk hak karyawan.

Alasan seseorang memutuskan resign pun juga cukup beragam. Mulai dari tidak cocok dengan lingkungan kerja, ingin mengembangkan diri di perusahaan yang lebih menantang. Hal lain karena ingin fokus pada keluarga yang biasanya dialami oleh karyawan wanita.

Banyak dari karyawan yang terkadang belum paham betul dengan prosedurnya, hingga menganggap resign bisa dilakukan kapan saja.

Mereka juga berpikir bahwa mereka bisa langsung berhenti kerja tanpa mengajukan izin resign pada pihak perusahaan. Padahal, prosedur resign yang baik dan terhormat juga harus Anda terapkan jika tidak ingin mendapatkan berbagai masalah di kemudian hari.

Prosedur Pengunduran diri Yang Wajib Anda Ketahui

Ada berbagai hal yang dapat Anda alami jika memutuskan untuk resign tanpa pamit. Hal itu seperti sisa gaji tidak di bayar atau tidak mendapatkan plakaring atau surat pengalaman kerja.

Alasan lainnya yaitu susah mendapatkan kerja di perusahaan baru terlebih jika masih berhubungan dengan perusahaan Anda yang lama. Hal ini karena Anda sudah dianggap tidak memiliki attitude kerja yang baik, bahkan Anda bisa dikenakan denda karena telah melanggar kontrak kerja.

Untuk itu, jangan sampai Anda berpikiran untuk melakukan resign tanpa izin jika tidak siap menanggung akibatnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk resign secara baik dan terhormat:

1. Cari Alasan Tepat dan Logis Untuk Berhenti Kerja

Ketika Anda memutuskan resign pastikan Anda memiliki alasan yang jelas agar bisa diterima oleh perusahaan. Contohnya seperti jadwal pekerjaan mengganggu aktivitas ibadah, perusahaan tidak memiliki aturan yang jelas sehingga karyawan tidak bisa berkembang. Jangan pernah meminta resign hanya karena alasan sepele seperti bertengkar dengan rekan kerja dan sebagainya.

2. Ajukan Surat Resign Secara Baik-baik pada Atasan Anda

Mengajukan surat resign kerja secara tepat sangat penting agar Anda mendapatkan surat rekomendasi untuk mendukung karier Anda selanjutnya. Tanpa melakukannya Anda akan dinilai memiliki attitude yang buruk dan Anda akan terancam di blacklist dari perusahaan lainnya.

3. Pastikan Anda tidak Melihat Kontrak Kerja yang Disepakati

Sebelum resign Anda harus memastikan kewajiban apa yang harus Anda selesaikan sebelum resign. Pahami juga hak apa saja yang berhak Anda dapatkan.

Serta, pastikan Anda sudah tidak terikat waktu kerja tertentu yang tidak membolehkan Anda resign sebelum melewati batas waktu itu. Ini harus dilakukan agar Anda tidak terkena denda yang memberatkan.

4. Pastikan Anda Menerima Paklaring Sebelum Resign

Plakaring atau surat pengalaman kerja yang menjelaskan tentang berapa lama Anda bekerja dan dimana jabatan Anda diperusahaan tersebut sangat bermanfaat untuk modal Anda melamar pekerjaan di perusahaan baru.

Ini sangat penting untuk menjaga image Anda yang secara tidak langsung menginformasikan Anda resign secara baik-baik dan Anda pantas untuk menerima pekerjaan baru. Serta bisa menjadi lampiran pada surat lamaran kerja kamu yang baru.

5. Selalu Jaga Hubungan Baik dengan Atasan atau Rekan Kerja Anda

Menjaga relasi merupakan hal yang penting dalam dunia kerja, karena mungkin saja Anda akan membutuhkan bantuan rekan kerja lama Anda. Resign dari tempat kerja bukan berarti Anda harus memutuskan semua hubungan pertemanan. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga hubungan baik dengan rekan di perusahaan lama.

Prosedur resign di atas dapat Anda terapkan jika ingin resign dari pekerjaan Anda. Dengan menerapkannya Anda tidak akan mengalami masalah di kemudian hari, bahkan bisa menunjang karier Anda di masa depan, bahkan akan selalu menjaga hubungan baik dengan perusahaan lama Anda.

Resign sebenarnya merupakan hal yang wajar dan sah-sah saja jika Anda melakukannya secara baik dan benar. Dengan mengikuti prosedur resign di atas, Anda tidak akan melakukan hal yang dapat merugikan diri sendiri dan perusahaan.

Cari Artikel di Sini