Profesi kerja matematika, ilmu matematika yang merupakan ilmu pasti ini banyak digemari oleh para pecinta dunia perhitungan. Namun, juga banyak dari mereka takut dengan ilmu matematika karena dianggap sulit dan terlalu banyak rumus yang harus dikuasai.

Padahal, perlu kalian ketahui jika matematika adalah salah satu ilmu yang akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kondisi tersebut, tentu saja bisa disimpulkan jika lowongan pekerjaan atau ketersediaan profesi bagi para lulusan matematika sangat terbuka lebar.

Setiap instansi perusahaan dalam bidang apapun selalu membutuhkan para tenaga penghitung atau para ahli matematika. Hal ini tentu saja karena setiap aktifitas produksi dari perusahaan akan selalu memerlukan proses perhitungan yang konkret.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan penghasil kertas. Maka mereka membutuhkan tenaga ahli matematika untuk menghitung hasil produksi dan juga pemasukan mereka setiap bulannya untuk mengetahui kerugian atau keuntungan yang diperoleh setiap satu kali produksi.

Profesi kerja matematika, bagi kalian para lulusan matematika tapi masih bingung harus memilih profesi apa yang sesuai dengan jurusan kalian. Kalian bisa menyimak informasi tentang pilihan profesi bagi para lulusan matematika dibawah ini, semoga bisa menjadi referensi sebelum mengirim surat lamaran kerja.

1. Tenaga Pengajar Matematika

Guru atau dosen yang bekerja sebagai tenaga pendidik tentu tidak akan pernah habis masa kerjanya. Mereka akan selalu dibutuhkan untuk mendidik anak bangsa.

Dalam hal ini, guru atau dosen matematika merupakan pekerjaan yang sangat digemari para lulusan matematika. Hampir setiap universitas selalu memiliki jurusan matematika. Dan setiap jenjang pendidikan juga selalu ada pelajaran matematika. Oleh sebab itu tenaga pengajar matematika sangat dibutuhkan.

2. Ahli Statistik

Profesi ini bekerja untuk mengimplementasikan teori matematika dalam mengumpulkan, mengkoordinir, dan juga merangkum data-data angka untuk menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan. Segala perusahaan tentu membutuhkan seorang ahli statistic untuk mengelola data perusahaan.

3. Aktuaris

Seorang aktuaris bertugas untuk menganalisa hasil data statistik, seperti data kecelakaan, kelahiran, kecacatan, sakit, pension dll.

Kemudian membuat tabel perkiraan perkiraan untuk  simpanan di masa depan maupun sebagai keuntungan bagi mereka. Biasanya seorang aktuaris bekerja dalam bidang asuransi. Selain asuransi aktuaris juga bisa bekerja di bidang investasi.

4. Akuntan

Bagi seorang lulusan matematika tentu kalian menyukai hal yang berhubungan dengan perhitungan dan juga angka. Kalian bisa bekerja sebagai akuntan.

Dengan bekal keahlian menghitung tentu kalian bisa sangat maksimal bekerja dengan menerapkan ilmu hitungan dalam aspek akuntansi.

5. Ekonom

Tidak hanya lulusan ekonomi yang bisa menjadi seorang ekonom, namun lulusan matematika juga bisa bekerja sebagai ekonom.

Kamu bisa melakukan pekerjaan seperti melakukan penelitian, menyusun sebuah laporan yang kemudian dikaji dan membuat perencanaan terkait permasalahan ekonomi di instansi kalian bekerja.

6. Perbankan

Bagi lulusan matematika, kalian juga bisa bekerja sebagai perbankan dalam posisi teller hingga bagian keungan. Kalian tentu sudah akrab dengan hitungan dan juga angka, sehingga hal itu akan mempermudah pekerjaan kalian. (Baca: surat pengunduran diri).

7. Peneliti

Kalian bisa menjadi seorang peneliti yang menemukan sebuah masalah di masyarakat, kemudian mengkajinya. Melakukan analisa dengan menggunakan metode pengetahuan umum dan juga matematika. Kemudian menemukan sebuah terobosan baru atau inovasi untuk mengatasi masalah tersebut.

8. Insinyur

Ilmu utama yang harus dimiliki seorang insinyur tentulah ilmu matematika. Dalam merancang, membuat dan mengendalikan sebuah sistem atau benda tentu dibutuhkan hitungan secara matematis. Insinyur dalam hal ini bisa beragam, yaitu dalam bidang bangunan atau sipil, insinyur mesin, antariksa dl.

Terdapat berbagai macam pekerjaan yang bisa kalian pilih dalam bidang matematika. Matematika yang merupakan ilmu pasti dan ilmu yang selalu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ini tentu membuka peluang pekerjaan yang sangat besar bagi kalian para lulusan matematika.

Tidak menutup kemungkinan jika dimasa depan akan semakin banyak profesi yang harus diisi oleh para lulusan matematika.

Cari Artikel di Sini