Whatsapp adalah salah satu aplikasi messenger yang paling banyak peminatnya. Bahkan bisa dikatakan kebanyakan smartphone pasti memasang aplikasi ini sebagai aplikasi untuk berkirim pesan.

Selain penggunaannya yang mudah, biaya dalam penggunaan aplikasi inipun tergolong murah dan hemat. Karena menggunakan koneksi data internet. Sangat berbeda dengan aplikasi pesan biasa yang menggunakan biaya pulsa dan tergolong boros.

Salah satu fitur andalan aplikasi whatsapp adalah dapat melakukan backup percakapan. Pada iPhone kita bisa membackup atau mencadangkan whatsapp pada iCloud.

Namun, ada saja permasalahan yang bisa kita jumpai pada saat akan melakukan pencadangan. Pada artikel ini kami akan memberikan solusi apabila kamu mengalami permasalahan ketika akan mencadangkan whatsapp. Berikut solusi-solusi dari kami.

Solusi mengatasi masalah saat melakukan Backup Whatsapp di iPhone

1. Pastikan kamu sudah masuk dan login ke iCloud. Bisa kamu periksa pada Pengaturan iPhone > iCloud

2. Pastikan bahwa iCloud Drive sudah dinyalakan pada Pengaturan iPhone > iCloud. Jika kamu menggunakan iOS 7, maka nyalakan pada Dokumen & Data. Sedangkan apabila kamu menggunakan iOS 8 atau yang lebih baru, kamu bisa menyalakan iCloud Drive. Dua-duanya ini hanya beda penamaan saja, namun fungsi masih sama.

3. Pastikan kamu memiliki memori yang cukup pada akun iCloud untuk mencadangkan whatsapp. Kamu bisa melihat seberapa banyak memori yang tersedia pada iCloud dengan mengunjungi Pengaturan iCloud > iCloud > Penyimpanan.

4. Khusus iOS 7, jika kamu ingin mencadangkan whatsapp ke iCloud, pastikan bahwa iCloud tidak pernah dinyalakan di perangkat lain yang menggunakan Apple ID yang sama.

Jika kamu menyalakan iCloud Drive pada perangkat lain yang menggunakan Apple ID yang sama, maka kamu tidak akan dapat melakukan pencadangan pada iOS 7. Bahkan jika iCloud Drive tersebut kemudian dimatikan, maka akan tetap sama saja tidak bisa melakukan pencadangan.

Solusinya kamu harus memperbarui ke iOS 8 atau yang lebih baru agar dapat melakukan pencadangan.

5. Lakukan pencadangan secara manual pada jaringan yang berbeda. Gunakan jaringan yang paling sering kamu gunakan agar iCloud dapat bekerja secara maksimal.

6. Kamu bisa melakukan pencadangan manual dengan mengaturnya pada Pengaturan Whatsapp > Chatting > Cadangan Chat dan klik Cadangkan Sekarang

Nah, itu tadi beberapa solusi dalam mengatasi masalah yang muncul saat akan melakukan pencadangan whatsapp di iPhone pada iCloud. Mungkin hanya itu saja yang bisa kami bahas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar apabila masih ada pertanyaan dan baca juga artikel kami yang lainnya. Terima kasih

Cari Artikel di Sini