Hampir seluruh pertanyaan jebakan interview kerja menjadi kendala yang cukup mengecoh yang diberikan kepada calon karyawan. Pertanyaan uang dilontarkan cukup sederhana, tetapi harus berhati-hati saat menjawab pertanyaan tersebut. Sebab pertanyaan jebakan yang menjadi penentu diterimanya suatu lamaran pekerjaan.

Untuk menjawab semua pertanyaan jebakan interview kerja dengan mudah, ada beberapa tips yaitu :

1. Pertanyaan Tentang Mendeskripsikan Diri Sendiri

Pertanyaan ini merupakan suatu pertanyaan yang paling utama di awal interview kerja. Jawaban dari pertanyaan ini sangat luas. Bahkan jika dijawab dengan sangat kompleks dapat menyita waktu sehari penuh.

Tetapi jika diberi suatu kesempatan untuk mendeskripsikan diri sendiri ketika wawancara, tidak perlu menceritakan tentang diri sendiri secara kompleks dan jelas (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

Cukup dengan memperkenalkan diri sendiri secara singkat. Hal tersebut meliputi nama, usia, tempat tinggal, pendidikan, kemampuan dan hobi. Saat menjawab pertanyaan ini, hindari menonjolkan tentang asal usul keluarga.

2. Pertanyaan Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Saat interview kerja berlangsung, menonjolkan skills diri sendiri memang sangat diperlukan. Sebab hal tersebut dapat menjadi nilai plus dan pertimbangan penuh supaya mendapat kesempatan.

Tetapi kelebihan tersebut mungkin akan menjadi boomerang ketika harus dituntut untuk menunjukkan sisi lemah. Setiap menjawab tentang pertanyaan ini pasti sangat dipenuhi dengan keraguan. Apalagi jika ternyata kelemahan tersebut merupakan sesuatu yang sangat ditentang oleh perusahaan.

Untuk mengatasi hal ini, tidak perlu menunjukkan kebiasaan buruk maupun sisi negatif dari diri sendiri. Cukup menjelaskan kondisi yang dapat dijadikan sebagai alasan untuk dapat diterima.

3. Pertanyaan Tentang Alasan Keluar Dari Perusahaan Lama

Bagi yang belum pernah mempunyai pengalaman di dunia kerja, tidak akan menjumpai pertanyaan ini. Tetapi tidak bagi seorang yang pernah bekerja sebelumnya.

Ada berbagai macam faktor yang menjadi alasan supaya segera mungkin keluar dari perusahaan. Alasan yang paling menyakitkan mungkin mempunyai suatu trouble dengan rekan kerja. Karena hal tersebut sangat tidak nyaman.

Untuk menjawab pertanyaan ini, tidak perlu menjawab dengan jujur. Sebab setiap perusahaan pasti hanya merekrut karyawan yang mempunyai attitude baik dan tidak memiliki trouble apapun. Oleh sebab itu, jawab dengan seolah – olah mempunyai permasalahan apapun dengan perusahaan sebelumnya. Satu – satunya alasan yang mendapat toleransi dari perusahaan adalah keluarga.

4. Pertanyaan Tentang Gaji

Tidak ada yang tidak menginginkan pekerjaan dengan gaji besar. Tetapi jika ada suatu pertanyaan tentang gaji yang diinginkan pasti menjadi suatu kesempatan yang baik dalam menunjang perekonomian. Namun hal tersebut cukup tidak mungkin apabila seorang karyawan baru dapat memperoleh gaji tinggi pada bulan pertama bekerja.

Untuk pertanyaan yang satu ini cukup menyebak. Jika mematok tarif gaji tinggi, persentase perusahaan untuk mempertimbangkan perekrutan cukup minim. Tetapi jika mematok gaji yang paling minimum hanya dapat merugikan diri sendiri.

Sehingga tips untuk menjawab pertanyaan ini dapat memanfaatkan UM setempat. Dengan hal tersebut setidaknya gaji yang akan diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Pertanyaan Tentang Alasan Bergabung Dengan Perusahaan Tersebut

Ketika melamar pekerjaan jenis perusahaan bukan merupakan prioritas utama. Hal yang terpenting adalah mendapatkan pekerjaan secepat mungkin.

Namun pertanyaan yang seperti ini juga paling sering dilontarkan ketika interview. Tidak ada alasan yang sangat tepat untuk menjawab pertanyaan ini. Tetapi pertanyaan ini dapat dijawab dengan basa basi dan suatu candaan yang bersifat formal.

Tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja di atas dapat dijadikan sebagai contoh bagi yang hendak menghadapi interview (baca: contoh surat lamaran kerja).

Hampir semua pertanyaan interview adalah monoton dan daftar pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang paling sering dilontarkan. Sehingga dapat menyusun jawaban terlebih dahulu, supaya dapat melalui interview dengan lancar.

Cari Artikel di Sini