Setiap orang pastinya memiliki perasaan bosan dan jenuh dengan pekerjaannya yang dilakukan setiap hari, sehingga banyak dari mereka melakukan persiapan resign.

Tidak menutup kemungkinan Anda juga pernah merasakan hal tersebut. Jika Anda mempunyai keinginan untuk berhenti dari pekerjaan Anda saat ini, maka Anda harus mempersiapkan semua dengan matang.

Jadi, sebelum mengambil langkah lebih jauh, sebaiknya Anda harus memastikan banyak hal. Salah satunya yaitu Anda harus melakukan persiapan untuk resign dan rencana untuk ke depannya.

Sebelum resign, Anda tentu sudah mempunyai alasan yang tepat supaya kedepannya Anda tidak keluar dengan sia-sia. Hal itu pasti mempunyai resiko yang harus Anda hadapi.

Oleh karenanya, sebelum keluar dan mengajukan surat pengunduran diri kerja, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persiapan yang harus dilakukan. Berikut simak beberapa persiapan yang harus Anda lakukan antara lain:

1. Menghitung Tabungan

Sebelum Anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan Anda, Anda sebaiknya melakukan persiapan yang pertama yaitu menghitung total tabungan Anda.

Langkah ini menjadi poin terpenting yang perlu dilakukan agar Anda dapat membuat rencana anggaran untuk hidup kedepannya. Namun, Anda juga harus mengetahui total bersih tabungan yang sudah dikurangi pajak. Hal tersebut untuk menghindari jumlah pengeluaran yang akan melebihi tabungan Anda.

2. Menghitung Pengeluaran Setelah Resign

Setelah menghitung jumlah tabungan bersih, Anda harus memperhitungkan pengeluaran yang akan Anda lakukan setelah resign. Apabila Anda sudah mempunyai keluarga sebaiknya harus memperhitungkan pengeluaran setiap hari, bulan hingga per tahunnya.

Agar lebih mudah, caranya Anda bisa memisahkan antara uang kebutuhan dan uang keperluan khusus. Seperti jika Anda mempunyai tagihan asuransi, cicilan rumah atau mobil dan biaya lainnya.

3. Mental Baja

Selain menghitung pengeluaran, Anda juga perlu memiliki persiapan resign lainnya yaitu mental seperti baja. Hal ini karena biasanya ada beberapa orang yang akan mengejek Anda sebagai seorang pengangguran sebab Anda masih belum mempunyai pekerjaan baru.

Untuk menghadapi masalah tersebut, Anda harus benar-benar memiliki mental yang kuat. Sikap pantang menyerah menjadi poin terpenting dalam menanggapi dan melawan omongan orang di sekitar Anda.

4. Memikirkan Kegiatan Setelah Resign

Maka setelah resign sebaiknya Anda membuat rencana kegiatan yang dapat dilakukan agar waktu Anda tidak terbuang begitu saja. Biasanya setelah resign dari kantor, itu bukan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai-santai lagi.

Maka sebaiknya Anda sudah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan Anda lakukan setelah berhenti bekerja. Merencanakan kegiatan, seperti lebih mengembangkan keterampilan untuk menjadi karyawan terampil adalah jalan yang tepat. Atau mengirim surat lamaran kerja di perusahaan yang diinginkan.

5. Gaya Hidup Setelah Resign

Menjalankan hidup setelah resign jika Anda masih belum mendapatkan pekerjaan baru memang tidak mudah. Sebaiknya Anda melakukan alokasi anggaran yang akan dikeluarkan seperti gaya hidup yang lebih sederhana.

Dengan cara memulai seperti melakukan pengaturan keuangan keluarga dengan satu sumber penghasilan saja. Hal ini karena beberapa bulan setelah resign Anda tidak bekerja dan hanya tergantung dengan uang tabungan saja.

6. Nikmati Langkah Yang Anda Pilih

Nah, untuk yang terakhir yaitu menikmati sebuah keputusan yang sudah Anda pilih. Dengan pilihan untuk berhenti di pekerjaan Anda saat ini dan berusaha beradaptasi dengan keadaan Anda sekarang.

Seperti semulanya produktif secara finansial serta mendapatkan pendapatan yang rutin. Kemudian Anda memilih berhenti dan sekarang berubah menjadi seseorang yang mempunyai penghasilan yang tidak menentu. Agar mampu beradaptasi, Anda harus mencoba untuk menikmati keputusan tersebut dengan ikhlas.

Itu tadi persiapan resign yang perlu Anda lakukan dan pikirkan sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja di tempat sekarang ini. Jadi Anda harus siap menghadapi segala cobaan yang akan terjadi. Semoga penjelasan tersebut bisa membantu Anda memilih hal yang lebih baik.

Cari Artikel di Sini