Surat Izin Mengemudi (SIM) tentunya menjadi salah satu kelengkapan penting dalam berkendara. SIM tidak serta merta diberikan begitu saja tanpa adanya jangka waktu karena SIM harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali. Membawa SIM dan menggunakan SIM sesuai dengan aturan merupakan salah satu aturan yang harus anda taati karena jika tidak, maka anda akan terkena razia yang sedang dilakukan oleh petugas di waktu waktu tertentu.

Beberapa waktu sebelum layanan perpanjangan SIM online diberlakukan, memperpanjang SIM merupakan sebuah aktivitas yang menjemukan, memakan waktu yang lama, dan banyak menguras tenaga. Hal ini tentunya sangat merepotkan, apalagi bagi mereka yang berada di perantauan karena harus kembali ke kampung halaman untuk memperpanjang SIM yang bisa memakan waktu hampir seharian jika sedang ramai.

Hal tersebut untuk saat ini sudah tidak berlaku lagi karena sudah tersedia layanan perpanjangan sim secara online. Tentunya layanan tersebut menjadi sebuah angin segar bagi masyarakat. Ditambah lagi dengan adanya layanan samsat keliling, membuat orang tidak perlu berbondong bondong datang jauh jauh ke kota untuk memperpanjang SIM karena dapat dilakukan di daerah daerah tertentu via samsat keliling yang beroperasi sesuai jadwal.

LAYANAN SIM KELILING

Melalui SIM Keliling, anda tidak perlu lagi mendatangi kantor kepolisian di kota atau di tempat yang mungkin jauh dari tempat tinggal anda. Terdapat sebuah mobil khusus yang memberikan layanan untuk memperpanjang SIM di beberapa titik tempat tertentu yang sudah ditentukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Tentunya hal ini dilakukan agar proses perpanjangan SIM menjadi lebih mudah dan lebih praktis.

Layanan SIM keliling ini hanya berlaku untuk perpanjang saja karena untuk membuat SIM baru anda tetap harus mendatangi kantor polisi yang bersangkutan di daerah anda. SIM yang dapat diperpanjang melalui SIM keliling pun hanya terbatas pada golongan SIM C dan SIM A. Prosesnya harus dilakukan sebelum masa berlaku SIM berakhir sampai dengan 14 hari setelah jangka waktunya berakhir.

Prosedur yang dilalui pun hampir sama dengan perpanjangan SIM di kantor kepolisian langsung. Lama tidaknya waktu perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling tergantung dari jumlah pemohon perpanjangan SIM di hari tersebut. untuk biaya yang dikenakan dalam perpanjangan SIM melalui layanan SIM keliling adalah Rp 140.000 untuk SIM A dan Rp 135.000 untuk SIM C.

LAYANAN SIM ONLINE

SIM Online juga bisa menjadi salah satu alternatif anda untuk memperpanjang SIM. Bagi anda yang sedang tidak berada di tempat tinggal, maka hal ini dapat dimanfaatkan. Dengan adanya layanan ini, tentunya berbagai rutinitas dan kesibukan tidak akan terganggu. Teknologi onlinenya sendiri digunakan untuk menyamakan data yang anda punyai dengan database yang ada di kepolisian.

Ketentuan yang berlaku dalam layanan SIM online adalah sama dengan ketentuan yang berlaku pada layanan SIM Keliling, ditambah dengan kelengkapan dokumen berupa surat keterangan lulus ujian keterampilan simulator dan surat keterangan kesehatan mata yangdapat anda peroleh langsung pada saat mengajukan permohonan perpanjangan SIM Online ditempat tersebut.

Untuk biaya yang dibebankan kepada pemohon dalam layanan SIM online ini adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan golongan SIM A, Rp 75.000 untuk perpanjangan golongan SIM C, Rp 25.000 untuk biaya pemeriksaan kesehatan mata, dan Rp 30.000 (optional) untuk biaya asuransi kecelakaan. Untuk biaya asuransi ini optional, artinya anda boleh membayar asuransi, namun juga boleh tidak mengikuti asuransi.

Cari Artikel di Sini