Perbedaan  UI, UX, Product designer adalah hal yang harus diketahui oleh para programmer sebagai bagian dari pekerjaannya. Ada beberapa hal yang membedakan UI, UX dan juga product designer. Apa sajakah perbedanya?

Apa itu Desain User Interface (UI)?

contoh kerjaan ui designer

contoh kerjaan ui designer (uxplanet)

Desain User Interface (UI) dalam Teknologi Informasi mengacu pada desain antarmuka pengguna untuk perangkat lunak atau aplikasi. Ini tentang pemrograman tampilan hal-hal, dengan maksud untuk memfasilitasi kegunaan dan pengalaman pengguna.

Dalam istilah sederhana, pengertian UI adalah fitur dari suatu perangkat atau aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengannya.

Katakanlah Anda mengisi formulir kontak perusahaan di situs web, antarmuka pengguna Anda, dalam hal ini, akan terdiri dari kotak teks, daftar drop-down, tombol radio dan komponen lain yang memungkinkan Anda memasukkan data ke dalam sistem perusahaan.

UI memudahkan audiens target Anda untuk melihat dengan jelas apa produk Anda. Software ini dirancang sedemikian rupa untuk menampilkan layanan yang Anda tawarkan tanpa ambiguitas, untuk menarik perhatian pengunjung Anda dan menyimpannya di situs Anda.

Sederhananya, UI karena dapat mengubah pengunjung potensial menjadi pembeli karena memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web atau aplikasi web Anda.

UI memiliki interface atau titik di mana pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak yang mereka gunakan. Desain Antarmuka Pengguna yang baik menghadirkan perpaduan sempurna antara desain visual, desain interaksi, dan arsitektur informasi. Tertarik dengan kerjaan ini? Segera kirim saja surat lamaran kerja kamu ke perusahaan atau startup.

Apa itu User experience (UX) Design ?

contoh kerjaan ux designer

contoh kerjaan ux designer (CareerFoundry)

User experience (UX) design adalah proses yang digunakan tim desain untuk menciptakan produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. UX berhubungan dengan desain secara menyeluruh proses untuk memperoleh dan mengintegrasikan produk. Selain itu UX juga termasuk kedalam aspek branding, kegunaan dan fungsi.

UX desain mencakup beragam bidang lainnya, juga. Seorang perancang UX memusatkan perhatian pada seluruh proses guna memperoleh dan mengintegrasikan suatu produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan, dan fungsi.

Software ini mengajak Anda mengikuti sebuah kisah yang dimulai sebelum perangkat ada di tangan pengguna. Produk yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa (mis., IPhone) dengan demikian dirancang tidak hanya dengan mempertimbangkan konsumsi atau penggunaan produk, tetapi juga seluruh proses untuk memperoleh, memiliki, dan bahkan memecahkan masalah itu.

Demikian pula, desainer UX tidak hanya fokus untuk menciptakan produk yang dapat digunakan; tapi juga berkonsentrasi pada aspek lain dari pengalaman pengguna, seperti kesenangan, efisiensi dan kesenangan juga. Akibatnya, tidak ada definisi tunggal tentang pengalaman pengguna yang baik.

Apa itu Product Designer?

contoh kerjaan product designer

contoh kerjaan product designer (York St John University)

Perbedaan UI, UX dan product designer akan terjawab di pengertian terakhir ini. Product Designer adalah persimpangan dari berbagai disiplin ilmu desain UX yang mengarah ke penciptaan produk digital modern.

Product sesigner umumnya menggunakan desain UI, desain interaksi, penelitian pengguna, arsitektur informasi, definisi masalah dan pemikiran desain, pembuatan prototipe, desain visual, desain gerak, dan manajemen sistem desain.

Product Designer biasanya mengambil kendali untuk prototipe dan pengujian pengguna, karena tujuan mereka adalah untuk menciptakan pengalaman produk yang luar biasa.

Mereka mungkin juga benar-benar melakukan beberapa pengkodean (biasanya lebih dengan bahasa presentasi front-end seperti HTML dan CSS) dan membuat aset digital seperti logo, ikon dan tombol, bersama dengan membantu penulis teks yang digunakan dalam produk.

Product Designer dapat diminta untuk beroperasi pada desain tingkat sangat tinggi (seperti merancang keseluruhan sistem atau arsitektur informasi) dan detail yang sangat terperinci (mockup khusus piksel atau templat CSS). Terlepas dari apa yang sedang mereka kerjakan, pengalaman pengguna adalah yang utama dan utama untuk pekerjaan mereka.

Bagaimana? Sudah tahu apa perbedaan UI, UX dan product designer. Jika kamu merasa tidak cocok dengan ketiganya, mending segera mengajukan surat resign kerja saja. Tapi jika cocok, pilih salah satu pekerjaan itu ergantung pada kebutuhan Anda, apakah ingin memilih UI, UX atau seorang product designer.

Cari Artikel di Sini