Istilah tabungan dan investasi tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Tabungan dan investasi adalah 2 hal yang berbeda satu dengan yang lainnya, namun di masyarakat istilah dan kegiatan ini masih sering dipersamakan. Investasi merupakan segala bentuk usaha yang dilakukan oleh seseorang guna menambah aset dan nilai yang telah dimiliki sebelumnya.

Sedangkan tabungan lebih pada adanya suatu proses menyimpan sebagian dari pendapatan yang dimiliki untuk disimpan atau disisihkan agar dapat digunakan di masa mendatang, meskipun jika dipraktikkan, menabung juga dapat menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan aset pribadi berupa uang yang diperoleh dari adanya tambahan bunga.

Daftar Isi

KARAKTERISTIK TABUNGAN

Tabungan adalah salah satu produk perbankan yang paling populer dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Adapun tabungan sendiri mempunyai beberapa karakteritistik khas, diantaranya adalah dapat digunakan dalam waktu jangka pendek atau digunakan untuk berjaga jaga, mempunyai nilai pertambahan aset yang lambat, dan hampir tidak berisiko sama sekali atau sangat minim risiko.

Sedangkan untuk tujuan menabung utamanya menabung di bank adalah guna menyisihkan dan menyimpan sebagian pendapatan dari nasabah agar nantinya dapat terkumpul sebagai salah satu bentuk cadangan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Tujuan lain dari menabung adalah untuk melakukan suatu transaksi bisnis ataupun transaksi usaha baik itu kelompok ataupun individu.

KARAKTERISTIK INVESTASI

Berbeda dengan produk tabungan, produk investasi lebih mengarah apda adanya peningkatan aset yang diperoleh dalam suatu bentuk timbal balik berupa dana yang diinvestasikan. Adapun investasi ini mempunyai karakteristik khas yang berbeda dengan tabungan, diantaranya adalah dapat digunakan untuk kepentingan jangka panjang sehingga kurang cocok dipakai untuk berjaga jaga atau memenuhi kebutuhan yang mendadak, pertambahan nilai dalam asetnya relatif lebih cepat dibandingkan dengan tabungan, dan mempunyai risiko yang lebih besar.

Risiko yang besar ini sebanding dengan kemudahannya dalam menghasilkan tambahan aset bagi investornya. Terdapat berbagai macam bentuk investasi yang bisa anda pilih, diantaranya adalah deposito, pembelian tanah dan juga bangunan, saham, membeli emas, dan juga membeli obligasi atau surat berharga.

MANA YANG LEBIH BAIK? MENABUNG ATAU INVESTASI?

Baik itu menabung maupun investasi sama sama hal yang baik bagi kehidupan seseorang. Anda dapat memilih menabung atau berinvestasi tentu saja disesuaikan dengan tujuan yang ingin anda capai melalui pelaksanaan hal tersebut. menabung sangat tepat dilaksanakan guna berjaga jaga dan terhindar dari segala macam masalah di bidang keuangan suatu saat nanti karena anda tidak mempunyai risiko yang besar saat mulai menabung dimana menabung dapat dikatakan lebih aman jika dibandingkan dengan investasi. Maka dari itu anda dapat memilih untuk menabung.

Namun, jika anda mempunyai tujuan untuk memperbanyak aset yang dipunyai, hal yang tepat anda lakukan adalah berinvestasi. Anda tidak perlu lagi menabung dan membuka deposito karena imbalan yang diperoleh sangatlah kecil jika dibandingkan dengan investasi. Anda dapat mencoba bergabung dalam reksa dana saham dengan imbalan pembagian hasil mencapai 20 % per tahunnya dikarenakan tabungan dapat terpapar inflasi, namun reksa dana saham ini akan selalu lebih baik hasilnya saat terjadi inflasi.

Dari ulasan diatas, tentu saja anda sudah paham dan mengetahui bilamana anda dapat memilih untuk menabung atau melakukan investasi. Kedua hal tersebut ada baiknya dapat dilakukan bersamaan dan seimbang dengan komposisi yang teratur agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Jangan lupa untuk selalu memikirkan segala sesuatunya dengan matang sebelum anda mengambil keputusan.

Cari Artikel di Sini