Moral dan etika, tentunya dua kata ini sangat familiar di telinga anda sekalian. Kedua kata ini tidak hanya sekedar ucapan atau kata kata belaka namun mengandung sebuah makna yang sangat dalam di masyarakat. Keberadaan moral senantiasa disandingkan dengan etika, begitu juga dengan sebaliknya. Saat ada moral maka akan disinggung pula mengenai etika.

Tampaknya moral dan etika adalah dua macam istilah yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Tidak heran jika banyak orang menyandingkan kata moral dengan etika ataupun menggabungkan makna etika dengan makna moral. Nah, dalam artikel ini kami akan coba mengulas sedikit perbedaan pengertian antara etika dan moral ini.

Daftar Isi

Definisi Umum Moral

Moral dapat didefinisikan sebagai sebuah pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan budi pekerti seorang manusia yang beradab. Lebih lanjut lagi, moral juga dapat diartikan sebagai sebuah ajaran yang sifatnya baik yang mengajarkan tentang baik buruknya sebuah perbuatan, kelakuan dan juga sikap dalam bermasyarakat.

Definisi Moralisasi

Sedangkan untuk moralisasi berarti sebuah pandangan dan juga ajaran yang menguraikan tentang sebuah perbuatan dan juga kelakuan yang sifatnya baik.

Definisi Demoralisasi

Sedangkan demoralisasi adalah sebaliknya dimana sebuah perbuatan dan kelakuan tersebut dianggap buruk dan dapat merusak tatanan moral yang ada di masyarakat sekitar. Pengertian ini didapat dari kesimpulan dari pengertian pengertian moral yang dikemukakan oleh para ahli.

Berdasarkan asal usul kata moral, kata ini didapat dari kata mores yang merupakan bahasa Latin dan diterjemahkan menjadi aturan tentang kesusilaan.

Selain itu, kata ini juga dapat pula didefinisikan sebagai sebuah istilah yang dapat dipakai untuk menentukan batasan batasan dari sebuah peran dan sifat seseorang, pendapat, dan juga kehendak dimana batasan perbuatan tersebut dapat dinilai dengan baik, benar, salah, ataupun buruk.

Sebenarnya masih banyak asal usul kata moral yang diuraikan oleh para ahli. Namun kiranya cukup ini yang mewakili sekian banyak pengertian yang berkaitan dengan kata moral itu sendiri. Moral secara singkat dapat disebut sebagai baik buruknya sikap dan perilaku seseorang.

Sedangkan pengertian etika merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempunyai kaitan dengan upaya upaya menentukan perbuatan yang dilakukan oleh sekelompok manusia dimana perbuatan tersebut dapat dinilai baik dan buruknya.

Definisi Etika

Dengan kata lain, etika dapat dikatakan sebagai sebuah aturan dalam masyarakat yang menjadi pedoman dalam bertingkah laku dan dihasilkan dari akal pikiran seorang manusia. adanya etika di masyarakat dalam bergaul dan berinteraksi satu sama lain, maka dapat dilihat baik atau buruknya individu tersebut.

Sifat Etika

Etika sifatnya relatif dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Etika sendiri adalah salah satu cabang ilmu dalam disiplin ilmu filsafat yang berbicara tentang kedisplinan dan mempelajari tentang baik dan buruknya sikap serta perilaku dari manusia.

Etika adalah bagian filosofis yang berkaitan erat dengan nilai nilai dalam diri manusia dimana ia mampu menentukan bahwa tindakan tersebut benar ataupun salah berikut segala macam penyelesaiannya.

Dari penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa moral dan etika adalah dua hal yang berbeda dimana masing masing istilah tersebut mempunyai tolak ukur yang dapat dipakai untuk menentukan kadar moralitas dan etikanya.

Moral digunakan untuk mengukur kadar tingkah laku manusia dalam bermasyarakat yang mempunyai kaitan erat dengan kebiasaan dan adat istiadat. Etika dan moral memang sepintas mirip dan sama, namun pemakaiannya dalam keseharian akan tampak berbeda. Moral akan banyak dipakai dalam sebuah perbuatan yang memang sedang dilakukan penilaian. Sedangkan etika dipakai dalam sebuah sistem nilai yang sudah terbentuk.

Cari Artikel di Sini