Di era yang serba maju ini, keberadaan transportasi menjadi hal yang sangat krusial dan sangat penting dalam menjalani kehidupan. Mobilitas yang tinggi dan kemudahan dalam berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain atau dari wilayah satu ke wilayah yang lain tidak akan sepraktis dan semudah sekarang jika tidak didukung dengan adanya transportasi.

Definisi Umum Transportasi

Pada dasarnya, transportasi merupakan beberapa macam alat yang dipakai untuk mengangkut makhluk hidup atau benda benda tertentu dari satu tempat ke tempat tujuan yang lainnya. Pengertian transportasi lainnya adalah proses memindahkan makhluk hidup baik itu manusia, hewan, ataupun barang dari tempat asalnya ke tempat yang menjadi tujuannya menggunakan sebuah alat yang digerakkan dengan makhluk hidup lainnya atau dengan mesin.

Fungsi Transportasi

Kita semua tahu bahwa transportasi sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. dri situ, terdapat beberapa macam fungsi transportasi yang dapat kita ambil manfaatnya, diantaranya adalah :

  1. Memberikan kemudahan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya dalam menjalankan aktifitasnya sehari hari.
  2. Memberikan kemudahan dan kelancaran dalam arus lalu lintas barang dan manusia.
  3. Memberikan penunjangan terhadap adanya perkembangan pembangunan daerah.
  4. Memberikan penunjangan terhadap adanya perkembangan jasa angkut.

Manfaat Transportasi

Sebagai suatu bentuk kemajuan di bidang teknologi, transportasi juga mempunyai manfaat. Manfaat transportasi ini pada dasarnya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

1. Manfaat di bidang ekonomi

Transportasi dalam bidang ekonomi menjadi salah satu kebutuhan yang digunakan untuk memudahkan dalam memindahkan makhluk hidup baik itu manusia ataupun hewan dari suatu tempat ke tempat tujannya guna menjalankan sebuah transaksi yaitu penyedia jasa angkut.

2. Manfaat di bidang sosial

Beberapa manfaat transportasi di bidang sosial adalah dapat dijadikan sebuah bentuk pelayanan kepada masyarakat, memperpendek jarak yang terlihat amat sangat jauh dari suatu daerah ke daerah lainnya, menyediakan dan membuka peluang bisnis jasa angkut dan perjalanan, serta menjadi sebuah media bertukar informasi.

3. Manfaat di bidang wilayah

Dalam bidang wilayah, transportasi memberikan kemudahan dalam pemenuhan berbagai macam kebutuhan, khususnya bagi daerah daerah yang tertinggal dan dalam tahap pembangunan.

4. Manfaat di bidang politis

Sedangkan dalam bidang politis, keberadaan transportasi dapat memberi manfaat untuk menciptakan sebuah persatuan, berperan dalam peningkatan keamanan, memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang luas, serta memudahkan dalam mengatasi berbagai macam permasalahan.

Ruang Lingkup Transportasi

Alat transportasi sendiri jika di bagi menurut ruang lingkupnya dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Transportasi darat

Terbagi lagi menjadi 2 macam, yaitu transportasi jalanan atau jalan raya dan transportasi kereta api. Transportasi jalanan atau jalan raya adalah jenis transportasi yang dapat beroperasi di jalan raya seperti halnya sepeda motor, sepeda kayuh, mobil, bus, dan lain sebagainya yang menggunakan media jalan raya. Sedangkan kereta api adalah alat transportasi yang menggunakan media rel.

2. Transportasi laut

Transportasi ini menggunakan media air laut seperti contohnya sampan, kapal, feri, dan masih banyak lagi.

3. Transportasi udara

Sedangkan transportasi udara adalah jenis kendaraan atau sarana dalam bertransportasi yang beroperasi di udara layaknya sebuah pesawat terbang. Pesawat terbang ini biasanya akan dapat melayang di udara dan di atmosfir atas kita yang pada umumnya digunakan untuk mengangkut makhluk hidup berupa manusia atau hewan dan juga mengangkut barang dari satu wilayah ke wilayah tujuan.

Cari Artikel di Sini