Pengertian Sosialisasi adalah: Tujuan dan Fungsinya

Rate this post

Definisi Umum Sosialisasi

Pengertian sosialisasi adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang, untuk bertingkah laku atau masuk dalam masyarakat. Dari nilai hidup, cara hidup, norma dan lainnya, sehingga dirinya bisa diterima di masyarakat.

Seperti sebuah proses adaptasi di masyarakat untuk bisa bergabung dan bercampur bersama masyarakat pada umumnya. Jadi sebagai manusia memang harus melakukan proses pembelajaran di masyarakat, supaya tidak tersingkirkan. Dari interaksi sesama manusia atau lingkungan pada umumnya.

Proses Sosialisasi Menurut George Herbert

Menurut George Herbert Mead, sosialisasi memiliki tahapan atau proses sebagai berikut: tahap persiapan, tahap meniru, tahap siap bertindak, dan tahap penerimaan norma kolektif. Tahap pertama adalah persiapan (preparatory stage) dimulai sejak manusia dilahirkan. Anak-anak mulai memasuki fase meniru meski tidak sempurna dan mencari pemahaman tentang jati dirinya.

Tahap yang kedua adalah tahap meniru (play stage). Pada tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya anak-anak dalam meniru peran orang di sekitarnya. Anak mulai mengetahui nama dirinya, ibu, ayah, kakak, dan juga peran-peran mereka.

Yang ketiga adalah tahap siap bertindak (game stage). Pada tahap ini proses meniru sudah mulai berkurang dan mulai melakukan perannya sendiri sesuai dengan kesadarannya. Terakhir, tahap penerimaan norma kolektif. Pada tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage / generalized other), manusia sudah dianggap dewasa dan mampu menempatkan dirinya di dalam masyarakat. Seorang manusia dewasa yang menyadari pentingnya peraturan kolektif dalam masyarakat dan bisa bekerja sama di dalamnya.

Tujuan Sosialisasi

Dari tahapan dan definisi sosialisasi di atas, dapat diketahui tujuan sosialisasi yang sangat penting bagi tiap individu, yaitu memberikan keterampilan bagi seseorang untuk hidup bermasyarakat, mengembangkan kemampuan seseorang untuk dapat berkomunikasi secara efektif, mengetahui kebiasaan, nilai, norma dalam suatu kelompok atau masyarakat, dan menanamkan nilai atau keyakinan bahwa manusia memiliki peran dan tugas di dalam masyarakat.

Dari penjelasan tentang pengertian sosialisasi di atas, dapat diketahui bahwa sosialisasi itu sangat penting bagi tiap individu untuk bermasyarakat.

Ada begitu banyak tujuan dari sosialiasi di masyarakat. Tujuan utamanya untuk mengetahui norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Sehingga kita bisa hidup berdampingan dengan semua masyarakat dan menjadi anggota di dalamnya.

Selain itu untuk tahu apakah lingkungan tersebut baik atau tidak untuk di huni. Dilihat dari tingkat sosialisasinya. Menanamkan kepercayaan di setiap individu tentang masyarakat pada umumnya. Tanpa adanya sosialisasi di masyarakat, kita akan hidup sendiri dan tidak ada orang yang akan membantu.

Fungsi Sosialisasi

Dari pengertian sosialisasi, kita akan paham bawah fungsi sosialisasi dibagi menjadi dua, fungsi untuk setiap individu dan fungsi untuk masyarakat pada umumnya.

Untuk individu, fungsinya untuk membuat setiap individu lebih mengenai, diakui dan bisa menyesuaikan dirinya di norma, nilai atau struktur sosial masyarakat. Membuat setiap manusia mudah untuk adaptasi. Sedangkan bagi masyarakat. Sosialisasi berfungsi untuk menyebarluaskan, pelestarian atau mewariskan norma, nilai dan kepercayaan didalam, masyarakat.

Media sosialisasi, bisa dari keluarga, teman, sekolah, atau media massa. Sosialisasi pun dibagi menjadi dua. Ada sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Setiap individu wajib melakukan sosialisasi di masyarakat. Bisa bayangkan, apa jadinya sebuah masyarakat tanpa adanya sosialisasi. Mungkin setiap individu akan melakukan semua hal sendiri.

Tidak ada gotong royong dan saling menolong. Setiap individu selalu mementingkan dirinya sendiri. Jadi dalam sebuah masyarakat, sosialisasi sangat penting. Pahami pengertian sosialisasi, sehingga bisa diterapkan sebaik mungkin. Dari lingkungan rumah, sekolah, kuliah atau tempat kerja. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: