Pengertian Negara Menurut Para Ahli adalah: Penjelasan dan Unsur

Rate this post

Definisi Umum Negara

Pengertian negara merupakan sebuah organisasi tertinggi pada tataran suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk hidup bersatu dalam suatu daerah tertentu dan mempunyai sistem pemerintahan yang berdaulat.

Negara berasal dari terjemahan Bahasa Inggris yaitu state ataupun bahasa Belanda dan Jerman yaitu staat serta bahasa Prancis yaitu etat. Semua kata yang mempunyai arti negara tersebut berasal dari bahasa Latin status atau statum yang mempunyai arti suatu keadaan yang tetap dan juga tegak atau sesuatu yang bersifat tegak dan tetap.

Di Indonesia sendiri, kata negara diperoleh dari bahasas Sanskreta nagari atau negara yang artinya adalah wilayah ataupun penguasa.

Definisi Negara Menurut Ahli

Ada banyak sekali ahli yang menyumbang pengertian tentang negara, diantaranya :

1. Logemann

Pengertian Negara Menurut Logemann adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang berkuasa dan bertujuan untuk mengatur serta mengurus masyarakat tertentu.

2. Bellefroid

Pengertian Negara Menurut Bellefroid adalah  sebuah persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan kekuasaan tertinggi untuk menciptakan kemakmuran dikalangan rakyat sebesar-besarnya.

3. Krannenburg

Pengertian Negara Menurut Krannenburg adalah merupakan suatu organisasi yang muncul karena keinginan dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

4. J.J.Rousseau

Pengertian Negara Menurut J.J.Rousseau adalah merupakan sebuah perserikatan dari segenap rakyat bersama yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda para anggotanya yang tetap hidup dengan bebas dan merdeka.

5. Aristoteles

Pengertian Negara Menurut Aristoteles adalah merupakan sebuah perkumpulan dari sebuah keluarga dan suatu desa untuk mencapai kehidupan yang layak dan sebaik-baiknya.

6. Max Weber

Pengertian Negara Menurut Max Weber Negara adalah kumpulan masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

7. J. Laski

Pengertian Negara Menurut Harold J. Laski adalah merupakan suatu kelompok masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari rakyat atau masyarakat.

Unsur Terbentuknya Negara

Untuk membangun sebuah negara, tentunya diperlukan gabungan beberapa unsur dibawah ini agar tercipta pengertian negara secara utuh.

Negara akan menjadi kokoh setidaknya didukung tiga unsur pokok yaitu rakyat, wilayah, dan pemerintahan. Selain itu, masih ada unsur lain yang mampu menunjang pembentukan sebuah negara, yaitu pengakuan dari negara lain baik secara de facto maupun de jure.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: