Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Jaringan komputer merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang dapat membuat dua komputer atau lebih saling berkomunikasi dengan bertukar data, aplikasi dan perangkat lunak lainnya. Pengertian jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer maupun lebih yang saling terhubung.

Tujuan dibentuknya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh pengirim dapat sampai ke penerima dengan cepat, tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya menjadi mudah. Selain hal tersebut, peran jaringan komputer juga sangat diperukan untuk mengintegrasikan data antar komputer yang ain sehingga diperoleh suatu data yang sangat relevan.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat bagi orang yang memakainya. Manfaat tersebut adalah:

  1. berguna untuk mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan menggunakan bantuan dari jaringan internet.
  2. berguna untuk melakukan proses pengiriman data secara efisien dan cepat.
  3. berguna untuk membantu seseorang berhubungan dengan orang lain baik itu dari daerah satu dengan daerah lain atau bahkan dari negara satu dengan negara lain.
  4. dapat mengirim data berupa teks, lagu, gambar ataupun video secara langsung.
  5. berguna untuk mengakses berita maupun informasi yang didukung dengan adanya jaringan internet.
  6. berguna untuk menghubungkan beberapa komputer agar tersambung dengan satu printer saja guna mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer pada dasar dibagi menjadi 5 macam, yaitu jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis, jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jaringan komputer berdasarkan media transmisi data, jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dan jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan yang digunakan.

JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN JANGKAUAN GEOGRAFIS

Jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis mempunyai beberapa jenis jangkauan yang berbeda beda, antara lain LAN, MAN, WAN.

  1. Jaringan komputer LAN ( Local Area Network ) adalah jenis jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil saja.
  2. Jaringan komputer MAN ( Metropolitan Area Network ) adalah jenis jaringan komputer yang dapat mencakup satu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Jaringan MAN terdiri dari beberapa jaringan LAN.
  3. Jaringan komputer WAN ( Wide Area Network ) adalah jenis jaringan yang jangkauannya mencakup daerah yang sangat luas. Suatu komputer dapat berhubungan dengan komputer lain yang beda negara bahkan beda benua.

JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN SUMBER DATA ATAU INFORMASI

Jaringan komputer berdasarkan distribusI sumber data atau informasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Jaringan terpusat. Jaringan ini terdiri atas komputer client dan komputer server yang masing masing mempunyai tugas berbeda. Komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber data atau informasi yang berasal dari komputer server.
  2. Jaringan terdistribusi. Jaringan ini merupakan hasil paduan antara berbagai macam jaringan yang terpusat sehingga memungkinkan adanya beberapa komputer sebagai server dan komputer sebagai client yang saling terhubung.

JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN TRANSMISI DATA YANG DIGUNAKAN

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi  data yang digunakan terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Jaringan berkabel. Jaringan jenis ini menggunakan media tranmisi data yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel.
  2. Jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel adalah jaringan yang tidak memerlukan kabel, sebagai gantinya digunakan gelombang elektromagnetik sebagai media dalam transmisi data.

JENIS JARINGAN KOMPUTER  BERDASARKAN PERANAN DAN HUBUNGAN TIAP KOMPUTER DALAM MELAKUKAN PEMROSESAN DATA

Jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Jaringan client serve. Jaringan ini terdiri atas satu atau lebih komputer server dan juga komputer client. Komputer server mempunyai tugas sebagai penyedia sumber daya data sedangkan komputer client berguna untuk menggunakan sumber daya data dari komputer server yang telah tersedia.
  2. Jaringan peer to peer. Jaringan dimana masing masing komputer akan mempunyai kedudukan yang sama dalam hal sumber data sekaligus sebagai pengguna data dari komputer yang lainnya.

JENIS JARINGAN KOMPUTER  BERDASARKAN TOPOLOGI JARINGAN

Berdasarkan toplogi jaringannya, jaringan komputer dikatakan sebagai sebuah bentuk dan struktur jaringan yang dapat menghubungan satu komputer dengan komputer lainnya. Contoh dari topologi jaringan jenis ini adalah topologi star, topologi bus, topologi hybrid, dan topologi linear yang masing masing mempunyai ciri khas dan kelebihan sekaligus kekurangannya masing masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam menggunakan jaringan komputer.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: