Daftar Isi

Definisi Umum Hati

Pengertian hati adalah kelenjar terbesar di tubuh, berwarna merah kecoklatan, berat sekitar 1300 sampai 1550 gram dan memiliki banyak pembuluh arah. Hati merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh.

Hati terdiri dari beberapa bagian. Ada lobus kanan lobus kiri. Terdiri dari banyak vena sentralus dan lukuna atau ruang yang memisahkan satu lonbulus dengan lobulus lainnya. Hati memiliki peran yang sangat penting. Jadi harus dijaga dengan sebaik mungkin.

Fungsi Hati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi hati sangatlah banyak sekali. Fungsi utama hati adalah untuk menawarkan racun. Setiap harinya tubuh kita selalu memasukkan racun. Entah dari makanan, minuman, obat atau polusi. Proses metabolisme tubuh, akan menghasilkan asam laktat yang berbahaya.

Dengan adanya hati semua racun tersebut akan dibuat menjadi glikogen dan yang berbahaya dihilangkan. Glikogen ini kan berfungsi sebagai sumber energi dan disimpan di dalam otot. Tanpa adanya hati, semua racun akan masuk ke dalam tubuh dan tidak di saring sama sekali. Ini akan membahayakan diri anda.

Dari pengertian hati, kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi hati memang begitu penting bagi tubuh. Hati akan membantu dalam proses metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, dan metabolisme lemak.

Selain itu membantu dalam proses sintesis kolesterol dan protein plasma. Hati juga menyimpan berbagai zat. Seperti lemak, glikogen, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin K dan zat besi. Di hati juga terjadi tempat pembongkaran dan pembentukan sel darah merah.

Ada banyak sekali fungsi penting dari hati. Bahkan ketika hati bermasalah, akan membahayakan tubuh manusia. Setiap bagiannya memiliki bagian masing-masing.

Pahami tentang pengertian hati, dengan begitu anda akan lebih paham kegunaan dari hati. Jaga hati dengan baik. Perbanyak makan makanan bergizi. Sehingga hati tetap sehat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini