5 Pengertian Akuntansi Menurut Ahli Akuntan Luar dan Dalam Negeri

Definisi akuntansi adalah salah satu seni atau keahlian, seni di estimasi, korespondensi, dan juga menerjemahkan maupun menguraikan latihan anggaran. Beberapa ahli juga telah mengemukakan pengertian akuntansi berdasarkan pemikirannya masing-masing, diantaranya adalah :

1. ABP STATEMENT NO.4 DALAM SMIT SKOUSEN

Menurut ABP Statement akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai macam tindakan alternatif.

2. AMERICAN INSTITUTE OF CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTING (AICPA)

Menurt AICPA akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan juga kejadian-kejadian bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasilnya serta meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran, dan kesempatan yang pada umumnya bersifat moneter dalam menguraikan hasil.

3. AMERICAN ACCOUNTING ASSOCIATION (AAA)

Menurut AAA akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukur, dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas, dan juga tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.

4. CHARLES T HORNGREN DAN WALTER T HARRISON

Menurut Charles dan Walter akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan juga mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

5. RUDIANTO

Menurut Rudianto akuntasi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai sebuah aktivitas ekonomi dan kondisi dari badan usaha.

Dari semua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang memberikan laporan pada pihak yang berkepentingan mengenai sebuah kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan sebagai sebuah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan, dan juga peninterpretasian dari hasil proses-proses tersebut.

LAPORAN AKUNTANSI

Sebagai alat penyampaian informasi, digunakanlah laporan akuntansi yang dikenal juga sebagai laporan keuangan sebagai medianya. Adapun laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis biasanya terdiri dari empat macam, yaitu Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

SIKLUS AKUNTANSI

Siklus akuntansi terbagi menurut jenis perusahaannya, yaitu perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Dalam perusahaan jasa, biasanya mempunyai delapan siklus akuntansi, yaitu transaksi keuangan, mencatat segala transaksi keuangan, membuat jurnal umum, membuat buku besar, membuat jurnal penyesuaian, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup, dan membuat neraca saldo.

Sedangkan dalam perusahaan dagang, terdiri dari tahap pencatatan, tahap pengikhtisaran, dan tahap pelaporan keuangan. Tahapan tersebut jika dijabarkan akan tidak jauh berbeda dengan siklus akuntansi dari perusahaan jasa.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: