Pekerjaan tanpa ijazah? Memang ada?  Banyak orang takut bahwa tanpa ijazah sekolah menengah atas, pilihan pekerjaan akan terbatas. Meskipun hal ini berlaku untuk profesi tertentu, masih mungkin bagi Anda yang tidak memiliki ijazah untuk tetap bisa menemukan pekerjaan yang tidak mengharuskan Anda memiliki ijazah sekolah menengah.

Asalkan Anda memenuhi kualifikasi pekerjaan lain yang dicari oleh pemberi kerja, Anda pasti mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Identifikasi keterampilan yang Anda miliki yang dapat dilihat sebagai aset bagi Anda dan fokuslah untuk mencari pekerjaan di bidang itu.

Jenis Pekerjaan Tanpa Perlu Ijazah

Untuk Anda yang bingung mencari pekerjaan, di bawah ini adalah jenis-jenis pekerjaan yang bisa Anda dapatkan tanpa ijazah SMU.

1. Teknisi dan Mekanik Layanan Otomotif

kerja tanpa ijazah teknisi otomotif

kerja tanpa ijazah teknisi otomotif – MelekOtomotif.com

Teknisi dan mekanik layanan otomotif tidak perlu memiliki ijazah sekolah menengah. Namun, mereka harus memiliki pelatihan kejuruan atau bersedia melakukan pelatihan di tempat kerja sehingga mereka dapat mempelajari keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk bisa sukses di bidang ini.

Teknisi dan mekanik bekerja pada mobil untuk melakukan pemeliharaan, inspeksi dan perbaikan. Dalam bidang ini, Anda dapat menemukan pekerjaan di bengkel mobil pribadi atau bekerja di dealer mobil besar di departemen perbaikan dan pemeliharaan.

2. Pelayan Toko

kerja tanpa ijazah pelayan toko

kerja tanpa ijazah pelayan toko – Pinterest

Anda dapat menjadi seorang penjaga atau pelayan toko tanpa ijazah sekolah menengah Anda. Penjaga toko membantu pelanggan saat berbelanja. Toko pakaian, toko sepatu, toko elektronik dan toko buku adalah semua opsi ritel yang tersedia untuk Anda.

Sebagai penjaga toko, Anda membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan di toko Anda dan melakukan transaksi ketika mereka siap untuk melakukan pembelian. Jika Anda memiliki jenis industri ritel tertentu yang menarik minat Anda, Anda bisa melamar pekerjaan di toko-toko. Anda akan menerima pelatihan di tempat kerja saat disewa.

3. Tukang kayu

kerja tanpa ijazah tukang kayu

kerja tanpa ijazah tukang kayu – Republika

Pekerjaan tanpa ijazah selanjutnya adalah menjadi tukang kayu. Tukang kayu melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi, termasuk membangun tangga, kusen pintu, dan produk lainnya yang terbuat dari kayu dan bahan lainnya. Tukang kayu juga dapat memasang lemari dapur, dan dinding. Menjadi seorang tukang kayu bisa menjadi pekerjaan yang kotor dan melelahkan.

Anda bisa ekerja di semua jenis cuaca tergantung pada tenggat waktu proyek. Sebagian besar tukang kayu belajar perdagangan melalui magang formal, meskipun beberapa memulainya sebagai pembantu dan belajar saat mereka pergi.

Meskipun terjadi kemerosotan dalam konstruksi, secara umum, kebutuhan akan tukang kayu diperkirakan akan tumbuh 20 persen hingga 2020 -lebih cepat dari rata-rata untuk semua pekerjaan.

4. Pelayan Restoran

kerja tanpa ijazah pelayan restoran

kerja tanpa ijazah pelayan restoran – Tribunnews.com

Restoran akan mempekerjakan Anda sebagai pelayan meski Anda tanpa ijazah sekolah menengah atau pendidikan formal apa pun. Melayani pekerjaan sebagai penjaga biasanya adalah paruh waktu, dan pelayan restoran mengandalkan tip dari pelanggan mereka, sehingga perubahan yang Anda jadwalkan untuk bekerja akan menentukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan.

Shift sibuk untuk restoran biasanya di malam hari dan pada akhir pekan. Pekerjaan lain yang terkait dengan industri makanan dan minuman yang mungkin Anda memenuhi syarat tanpa ijazah sekolah menengah Anda adalah menjadi kasir restoran cepat saji, layanan pencuci piring dan office girl.

Tapi, jika misal Anda sudah merasa capek dan ingin berkembang jangan takut untuk mengajukan surat pengunduran diri. Dan dapatkan pekerjaan lain, supaya Anda tidak bosan.

5. Asisten Rumah Tangga

kerja tanpa ijazah pembantu rumah tangga

kerja tanpa ijazah pembantu rumah tangga – 99.co

Asisten  rumah tangga adalah pekerjaan terkait dengan layanan kebersihan di sebuah rumah. Menjadi asisten rumah tangga bisa dilakukan tanpa memerlukan ijazah sekolah Anda.

Pekerjaan-pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk menjaga barang-barang tetap bersih dan teratur, mencuci, mengepel, memasak dan sebagainya.

6. Freelancer

kerja tanpa ijazah freelancer

kerja tanpa ijazah freelancer – Workana.com

Sebagai seorang freelancer, ijasah hampir tidak pernah ditanyakan. Yang penting adalah portfolio proyek atau pekerjaan yang kamu miliki. Misal, jika Anda ingin jadi freelancer UI Designer. Maka, Anda bisa membuat CV dengan portfolio produk yang menarik.

Banyak orang-orang Indonesia yang mendapatkan puluhan juta bahkan ratusan juta dari menjadi freelancer. Mereka mendapat banyak proyek dari luar negeri, dengan bayaran $ dollar.

Anda yang gelisah dan takut tidak mendapatkan pekerjaan tanpa ijazah, tenang saja! Selama Anda memiliki semangat dan keterampilan serta tidak capek mengirim surat lamaran kerja, Anda akan menemukan pekerjaan yang Anda inginkan.

Cari Artikel di Sini