Kanapa Organisasi Diri Tidaklah Cukup?

Organisasi Diri – Pada artikel yang sebelumnya kita telah mengenal apa itu organisasi diri, bila anda lupa silahkan klik disini. Pada artikel ini akan menjelaskan mengapa organisasi diri tidaklah cukup bagi kita.

Pada dasarnya organisasi diri ini hanyalah sebagi dasar saja. Anda pernaha noonton fil Gomorrah, yang man film tersebut diambil dari karya terlaris karya Roberto Saviano. Dalam film tersebut menceritakan tentang orang-orang yang menjalani hidup yang man di dalam serta bersama kelompok mafia.

Dala film itu menggambarkan pada saat pemerintah yang tak mampu untuk menjamin rakyatnya dalam kebebesan serta menjamain keamanan rakyatnya.

Yang mana dalam sebuah masyarakat anarkis, kebebesan, serta keamanan merupakan hal yang isa Anda dapatkan, seperti halnya dengan iPods, ataupun kaos Che-Guevara. Anda dapat membeli, menjual ataupun kehilangan mereka.

Dan pada saat barang-barang tersebut tidaklah ada orang untuk bertanggung jawab untuk dapat melindungi Anda, kecuali Anda menge;uarkan biaya untuk dapat memperoleh perlindungan. Pada umumunya organisasi diri merupakan dasar untuk semua sistem yang kompleks.

Akan tetapi bila kita berbicara tentang sistem sosial manusia, organisasi diri ini tidaklah cukup bagi kita semua. Yang dimana mafia merupakan kolompok yang dapat mengelola dirinya sendiri.

Maka seorang tokoh berpendapat bahwa organisasi diri ini bukanlah hal yang baik, “hal seperti itu tidaklah baik ataupun buruk, tidak jahat ataupun tidak baik, hal yang seprti tidaklah terkait dengan sifat-sifat yang seprti itu…..hal tersebut tidak akan peduli dengan segala penderitaan yang ada.”

Pada orang yang liberal, bukannya kami mendiskriminasikan antar golongan, akan tetapi pada golongan tersebut mempunyai alasan untuk punya pemerintahan. Nah ciri pemerintah yang baik ini adalah dimana pemerintahan tersebut dapat menjamin kebebasan serta keamanan bagi rakyat.

organisasi diri
dalam organisasi anggota akan menjadi roda penggeraknya (image : google)

Bukan hanya rakyat yang kaya yanh mampu untuk membayar keamanan serta kebebasan tersebut. Akan tetapi apa hubungannya dengan manajemen? Ya itu sebenarnya segala yang ada merupakan hubungannya.

Seorang pakar manajemen proyek yang bernama Glen Alleman, yang menggambarakan suatu kebutuhan pada manajemen sebagai beikut ini :

Terdapat pebedaan anatar organisasi diri dengan pengaturan diri. Disitulah peran yang sesungguhnya manajemen. Akan tetapi dalam hal ini bukan “mengatur” dalam pemahaman komando serta kontrol

Akan tetapi ini marupakan mengatur dalam hal “nilai bisnis yang mana itu diperlukan”. Apabila sebuah tim mengelola dirnya sendiri malayani konsumen, terus siapa yang akan “mengelola” konsusmen, pada saat konsumen tersebut tidak dipersiapkan agar dapat berperilaku tata krama?

Apabila terdapat lebih dari satu tim yang mama mereka mengelola dirinya sendiri mengerjakan suatu proyak yang sama, nah tersu siapa yang kan mengkoordinasi akativitas anatar tim ini? Juga pada saat terdapat konflik dalam hal sumber daya, pendanaan, peralatan, siapakah yang akan mengkoordinasi mereka?

Naha terkadang orang mencoba memandang organisasi diri sebagai berbeda dengan anarki. Akan tetapi untuk kali ini saya tidaklah setuju dengan hal itu, karena organisasi diri merupakan anarki yang mana bisa kompleks ataupun kacau.

Bila mana suatu tim yang anarkisbisa saja membuat hasil yang begitu luar biasa, akan tetapi hasil itu mungkin Anda anggap tidaklah bernilai. Oleh sebab itulah organisasi diri ini tidaklah cukup.

Setidaknya diperlukan sebuah manajemen yang diperlukan untuk dapat menegndalikan oraganisasi diri ini menuju kearah yang lebih bernialai bagi semua yang ada dalam sistem.

Pada saat kita menrapkan constraints dalam sebuah organisasi maka tanggungjawab yang kedua dari seorang manajer adalah perlindungan untuk sistem. Sebagai seorang manajer yang bertanggung jawan Anda harus dapat mempersiapakan kontrol dasar untuk dapat dipatuhi oleh organisasi yang aman serta baik.

Setelahnya Anda harus dapat melindungi orang yang ada dalam organisasi tersebut serta aset (sumeber daya) yang dipunyai., dengan jalan mereka diperlakukan secara seadil-adilnya.

Nah demikainlah penjelasan tentang organisasi diri tidaklah cukup untuk kita menjdai sukses akan tetapi perlu diimbangi dengan manajemn yang baik pula. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel-artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: