BRI mobile, istilah BRI mobile dikombinasikan dengan mobile banking BRI, merupakan salah satu layanan bank BRI berbasis teknologi. Hal ini terlebih lagi didukung oleh penggunaan satelit Bank BRI sehingga saat ini, cakupannya menjadi lebih luas dan menjangkau seluruh penjuru.

Saat ini, BRI mobiledapat digunakan oleh nasabah bank BRI untuk membantu kemudahan berbagai jenis transaksi. Satu aplikasi yang menaungi banyak layanan e-bankingBRI. Alhasil, berbagai jenis transaksi bisa dilakukan lebih mudah, dalam waktu singkat, dimana dan kapan saja.

Apa Itu BRI Mobile ?

BRI Mobile adalah aplikasi perbankan memiliki beberapa layanan bersifat e-banking di dalamnya. Seperti namanya, aplikasi ini dapat dijalankan dan diakses menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Adapun layanan yang disediakan ialah berupa BRI Mobile, yang terdiri atas internet banking, Mobile Banking, call BRI dan juga info BRI. Layanan ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan para nasabahnya.

Hadirnya BRI Mobile ini, diklaim dapat memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke Bank BRI. Kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan BRI Mobile ini adalah lebih hemat, karena tidak biaya. Sementara, jika menggunakan IB, nasabah akan dikenakan biaya m-Token yang besarnya Rp. 550 yang dipotong dari pulsa. Lebih menariknya lagi, terdapat tambahan fitur atau layanan T-Bank bagi yang tidak mempunyai rekening bank. Dengan demikian, nasabah tetap bisa melakukan transfer dan tarik tunai melalui nomor ponsel sebagai rekening bank.

Kelebihan BRI Mobile

Menggunakan BRI mobile, mempunyai banyak keunggulan dan memiliki banyak keuntungan bagi para nasabah. Berikut beberapa keunggulan BRI Mobile, antara lain ialah:

  1. Dapat diakses baik itu melalui jaringan internet EDGE/3G, GPRS, maupun Wi-Fi. BRI Mobile, termasuk di dalamnya layanan mobile banking dan juga internet banking memberikan keleluasaan dalam hal akses melalui jaringan internet.m  BRI dapat diakses, baik melalui jaringan internet GPRS/EDGE/3G/Wi-Fi dan juga SMS. BRI Mobile terbilang mudah untuk digunakan karena telah menggabungkan dua aplikasi menjadi satu aplikasi.
  2. Keamanan yang terjamin. Semua transaksi keuangan melalui BRI mobile dijamin keamanannya. Hal ini terbukti dengan adanya karena dengan diterapkannya PIN, baik untuk mobile banking dan internet banking. Selain itu, juga dilengkapi dengan mTOKEN untuk kode pengaman tambahan. Hal ini diberikan kepada para pengguna internet banking agar bisa melakukan transaksi keuangan.
  3. Didukung oleh fitur daftar pembayaran. Fitur ini sangat diperlukan bagi pengguna yang secara rutin melakukan pembayaran tagihan maupun pembayaran lainnya melalui rekening BRI. Cukup dengan menyimpan daftar pembayaran di fitur ini, kemudian pengguna tidak perlu memasukkan data-data yang diperlukan.
  4. Terdapat fasilitas daftar transfer. BRI mobilejuga menyediakan fasilitas daftar transfer. Fitur akan sangat berguna bagi pengguna yang secara rutin mengirim sejumlah dana ke nomor rekening BRI ataupun rekening non-BRI. Pengguna juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan transfer karena tidak perlu lagi mengisi nomor rekening tujuan yang sama secara berulang.
  5. Membantu pengguna mengetahui posisi ATM terdekat. Hal ini dibantu dengan adanya peran GPS dalam aplikasi BRI mobile ini.
  6. Terdapat notifikasi atas transaksi yang dilakukan.Dengan begitu, Keamanan transaksi menjadi lebih mudah. Fitur ini sifatnya opsional atau pilihan sehingga dapat digunakan guna menyimpan notifikasi transaksi bagi para nasabah.
  7. Terdapat Fitur T-Bank yang semakin melengkapi aplikasi BRI mobileuntuk melakukan transaksi keuangan secara online.

Selain memiliki keunggulan, terdapat juga beberapa keuntungan menggunakan mobile banking BRIsebagai berikut:

Keuntungan pertama yang didapatkan adalah dari segi kemudahan. Hal ini ditandai dengan kemudahan dalam mendapatkan konektivitas.

Sedangkan jika dibandingkan dengan internet banking, yang tidak semuanya mudah dalam mendapatkan koneksi internet.  Hal ini memudahkan bagi para pengguna untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.

Keuntungan kedua adalah pengguna mudah mengerti saat menggunakan fitur mobile banking. Fitur yang sederhana membuat mobile banking sangat mudah untuk dimengerti. Semua instruksi yang diberikan begitu mudah dan rinci sehingga sangat efektif dari segi biaya. Fasilitas mobile banking juga mempunyai biaya yang rendah jika dibandingkan dengan online banking.

Keuntungan ketiga adalah merasa aman karena jika dilihat dari sisi security nya cukup aman dan tentu saja hal ini bisa mengurangi risiko penipuan. Nasabah akan mendapatkan SMS saat terdapat aktivitas di setiap rekening nasabah baik yang berupa transfer, setoran, maupun penarikan uang.

Keuntungan keempat adalah mendapat pengurangan biaya dari tee-banking dan lebih ekonomis. Hal ini juga membuat transaksi menjadi mudah. Dengan demikian bank BRI dapat memastikan nasabah mereka lebih mudah dalam melakukan transaksi. Selain itu bank juga merasa lebih dekat karena bisa menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.

Keuntungan kelima adalah kemudahan dalam promosi produk perbankan. Produk bank juga bisa dipromosikan secara mudah melalui iklan layanan mobile banking. Misalnya saja seperti pinjaman, kredit, dan yang lainnya. Selain itu, berbagai layanan bank yang dapat diakses melalui mobile banking meliputi informasi pembayaran rekening, catatan transaksi, informasi jumlah tabungan, fasilitas pengiriman uang, dan yang lainnya dapat diakses langsung melalui telepon genggam nasabah.

Keuntungan keenam adalah kemudahan dalam transfer uang secara langsung baik itu ke sesama bank maupun bank lainnya. Hal ini didukung oleh konektivitas jaringan yang begitu luas melebihi internet banking.

Fitur Layanan BRI Mobile

BRI mobile, istilah BRI mobile dikombinasikan dengan mobile banking BRI juga dilengkapi berbagai fitur layanan BRI mobile juga sudah tersedia untuk menjawab berbagai kebutuhan transaksi para nasabahnya. Adapun fitur-fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Cek saldo dan mutasi rekening
  2. Transfer sesama bank BRI maupun bank lain, baik Link, Prima, dan Bersama
  3. Pembayaran, seperti multifinance, Telkom, PLN, cicilan, kartu kredit, dan lain sebagainya
  4. Pembelian, mulai dari pulsa, top up, mobile cash, sampai top up Brizzi
  5. Layanan penggantian PIN dan registrasi
  6. Menyimpan riwayat transaksi
  7. Menjadwalkan pembayaran
  8. Melakukan pembatasan transfer atau limitasi sampai dengan 1 miliar rupiah
  9. Menyimpan notifikasi transaksi
  10. Mencari informasi keberadaan ATM terdekat
  11. Mencari informasi merchant E-Pay, misalnya Tiket.com, Kereta Api Indonesia, Citilink, Blibli, sampai pada Electronic Solution
  12. Informasi mengenai produk bank BRI seperti deposito pun bisa didapatkan, bahkan nasabah dapat secara langsung melakukan registrasi rekening di aplikasi ini BRI mobile ini
  13. T-Bank yang membuat para pengguna bisa menggunakan nomor handphone sebagai nomor rekening.
  14. Satu lagi fitur yang ada di BRI Mobile adalah T-bank. Fitur yang satu ini bikin pengguna bisa memakai nomor HP-nya buat jadi nomor rekening. T-bank memungkinkan para nasabah untuk melakukan ragam transaksi seperti pengecekan saldo, pengiriman uang, pembayaran, bahkan isi ulang.

Selain memahami tentang fitur-fitur yang ada dalam mobile banking BRI, juga perlu diketahui mengenai menu dalam BRI mobile. Adapun beberapa menu yang tersedia dalam mobile banking BRI juga beragam, termasuk diantaranya menu registrasi dan transaksi. Untuk melakukan pendaftaran dan berbagai jenis transaksi bisa dilakukan melalui menu ini.

Transfer melalui mobile banking sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, dapat dilakukan antar sesama bank maupun bank lain. Cara transfer bank antar bank BRI bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan bahwa pengguna sudah mempunyai saving accountdi bank BRI. Sewaktu buka tabungan, pastikan juga bahwa rekening sudah mendapatkan notifikasi bahwa rekening sudah di registrasi sms banking dan Ibanking. Disaat yang bersamaan, pengguna juga akan mendapatkan User ID.
  2. selanjutnya, install aplikasi BRI mobilepada smartphone.
  3. Selanjutnya, masuk ke aplikasi BRI mobile kemudian pilih internet banking yang berlogo “e”
  4. Masukkan User ID dan password
  5. Setelahnya, akan muncul beberapa pilihan menu diantaranya, pembayaran, transfer, info rekening, pembelian, pelayanan dan logout. Pilih transfer.
  6. Selanjutnya akan muncul pilihan transfer dalam bank dan transfer ke bank lain. Jadi, cara transfer sesama bank bri dan cara transfer beda bank lain hampir sama, namun untum pilihannya, bisa dibedakan pada menu tujuan transfer.
  7. Setelah itu, masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah yang ingin ditransfer. Jika ada nomor referensi, maka silahkan cantumkan.
  8. Pastikan bahwa nomor rekening, nama penerima dan jumlah yang akan dikirim sesuai, jika iya, kamu bisa pilih oke.

Sedangkan cara cek saldo BRI mobile bisa dilakukan dengan langkah yang hampir sama. Namun pilihlah menu info rekening kemudian cek saldo. Di sana akan tertera jumlah saldo yang tersisa di dalam rekening.

Syarat BRI Mobile

Banyak yang bertanya mengenai apa saja syarat menggunakan BRI mobile? Adapun syarat-syarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, harus memiliki rekening simpanan di BRI. Jenis rekening simpanan ini dapat berupa  Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Junior, Tabungan BRI Simpedes, maupun Tabungan Giro BRI.
  2. Selanjutnya, ketika susah memiliki salah satu rekening di atas, pengguna wajib mempunyai kartu ATM BRI yang aktif.
  3. Selain itu, agar dapat melakukan transaksi keuangan melalui BRI Mobile, pengguna juga harus melakukan registrasi mobile banking dan juga internet banking melalui ATM dan Unit Kerja BRI.
  4. Supaya proses registrasi menjadi mudah, sebaiknya datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi kedua fitur tersebut. Pengguna akan dibantu dan diarahkan petugas bank sampai urusan tersebut selesai.

BRI mobilesendiri mendukung ponsel pintar dengan sistem operasi seperti Android, iOS (iPhone), dan juga Windows Phone, serta BlackBerry. Untuk smartphone Android, pengguna bisa mengunduhnya di Google Play Store. Untuk BlackBerry Word, aplikasi BRI Mobile di ponsel BlackBerry.

Untuk Windows Phone, bisa diunduh lewat Windows Phone Store. Bagi pengguna iOS (iPhone), bisa mencari aplikasi BRI mobile di AppStore. Setelah diunduh, silakan aplikasi tersebut dan nikmati berbagai kemudahan transaksi di dalamnya.

Cara daftar dan aktivasi BRI mobiledownloadaplikasi BRI mobile bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu login ke internet banking BRI melalui komputer, notebook, maupun smartphone.
  2. Setelah login, carilah menu Daftar BRI Mobilekemudian klik.
  3. Lakukan sesuai dengan instruksi mulai dari pengisian data, konfirmasi data, hingga transaksi selesai.
  4. Logout (keluar) dari dari akun internet banking versi desktop.
  5. Jangan lupa untuk  cek pesan masuk di ponsel dari BRI yang isinya link download aplikasi BRI Mobile.
  6. Setelah aplikasi selesai diunduh, buka aplikasi tersebut.
  7. Pada menu utama, dapat dilihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, internet banking, mobile banking, T-Bank dan Call BRI.
  8. Pilih Internet BRI apabila ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.
  9. Setelah itu, pilih aktivasi IB Mobile BRI.
  10. Apabila sukses, akan masuk SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap untuk digunakan untuk berbagai keperluan transaksi keuangan.

Layanan SMS Banking BRI

Bukan hanya BRI Mobile, bank BRI juga memberikan fitur layanan SMS banking. Nasabah BRI dapat melakukan pendaftaran serta aktivasi layanan SMS banking dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Selain itu, aktivasi juga bisa dilakukan melalui ATM BRI.

Apabila datang langsung ke kantor branch BRI di kota Anda, pengguna tinggal menyampaikan ke customer servicesupaya didampingi proses register dengan melengkapi syarat-syarat yang telah diminta. Khusus nasabah yang sibuk maupun malas antri di bank, bisa register sendiri melalui ATM bisa menjadi pilihan yang aman.

Proses Pendaftaran SMS Banking BRI

Proses pendaftaran SMS Banking BRI bisa dilakukan dengan dua tahap, yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau bisa juga melalui ATM BRI. Ikuti prosesnya dibawah ini:

1. Pendaftaran melalui unit kerja BRI

Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (kantor cabang, KCP, KK, dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat finansial, seperti transfer antar rekening, pembelian pulsa, dan lain-lain. Cukup isi formulir aplikasi permohonan registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku, serta fotokopi kartu ATM BRI.

Adapun pendaftaran melalui mesin ATM bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, masukkan ATM ke mesin ATM, lalu entri kan PIN ATM
  • Berikutnya, akan muncul menu utama, pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilihlah menu registrasi.
  • Selanjutnya akan muncul menu banking.  Pilihlah menu tersebut.
  • Setelah itu, akan ada arahan untuk membuat PISMS N sebanyak 6 digit. PIN tersebut boleh tidak sama/ berbeda dengan PIN ATM.
  • Pilihlah PIN yang mudah dihafal. Akan lebih baik menghindari penggunaan tanggal lahir dan sejenisnya karena mudah ditebak.
  • Jika sudah selesai, akan keluar struk yang berisikan informasi bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan.
  • Apabila terdapat kendala, nasabah bisa langsung menghubungi call center BRI.

2. Pendaftaran Melalui Unit Kerja Bank BRI

Sedangkan untuk registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (kantor cabang, KCP, KK, dan juga Unit) ditujukan untuk melakukan transaksi yang sifatnya finansial, seperti transfer antar rekening, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

Cukup dengan mengisi formulir aplikasi permohonan registrasi SMS Banking dan melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi kartu ATM BRI.

Berbagai Layanan dan Keunggulan SMS Banking BRI

Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi nasabah, BRI memberikan dua jenis layanan, yakni layanan BRI berbasis menu, berupa layanan SMS Banking dan layanan plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang kemudian dilakukan ke nomor 3300. Adapun jenis layanan yang bisa dilakukan melalui SMS Banking BRI ialah sebagai berikut:

  1. Layanan  mengenai informasi saldo dan  juga SMS info.
  2. Layanan mengenai pembayaran tagihan Kartu Halo, PLN, Telkom, Matrix, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, Pembayaran Zakat YBM BRI, Pembayaran DPLK, Pembayaran Infaq YBM BRI, dan Pembayaran Tagihan Citibank.
  3. Layanan transfer sesama BRI ataupun rekening tujuan bank lain, transfer antar rekening BRI, dan juga transfer antar bank.
  4. SMS prepaiddan juga pembelian pulsa isi ulang.

Demikianlah informasi mengenai BRI mobile, istilah BRI mobile dikombinasikan dengan mobile banking BRI. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki tentu bisa menjadikan Anda sebagai nasabah bank BRI lebih terbantu dan mendapatkan berbagai kemudahan transaksi.

Cari Artikel di Sini