Pernah mendengar aplikasi BNI Mobile Banking? Bagi Anda yang sudah memiliki smartphone canggih tentu saja sering menggunakan internet untuk aktivitas sehari-hari. Seperti yang diketahui hampir semua smartphone canggih di pasaran sudah dilengkapi dengan koneksi internet dan memiliki fitur layanan perbankan.

Fitur layanan perbankan yang bisa dilakukan secara online dengan menggunakan handphone sering disebut dengan istilah mobile banking. Dengan adanya layanan perbankan melalui handphone ini tentu akan membuat segala aktivitas perbankan menjadi mudah dan cepat.

BNI merupakan salah satu bank konvensional yang sudah sangat populer di Indonesia. Sama halnya dengan bank-bank konvensional lainnya, Bank BNI juga memberikan layanan perbankan secara online.

Tujuan dibuat layanan tersebut untuk memudahkan nasabahnya untuk melakukan aktivitas atau layanan perbankan tanpa harus datang langsung ke Bank. Layanan perbankan yang dikeluarkan oleh BNI ini disebut dengan BNI Mobile Banking atau Mobile Banking BNI. Apa saja kelebihan dari layanan ini dan bagaimana syarat pembuatannya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu BNI Mobile Banking?

Mobile Banking BNI atau BNI Mobile Banking adalah fasilitas layanan perbankan yang disediakan oleh pihak Bank BNI. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tujuan utama diluncurkannya layanan ini adalah untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.

Dengan menggunakan layanan yang disediakan ini, para nasabah bisa langsung memanfaatkan semua layanan hanya dengan menggunakan smartphone canggih saja. Tentu saja Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang BNI. Sangat menghemat waktu Anda, bukan?

Beberapa layanan yang bisa Anda manfaatkan seperti layanan transaksi informasi saldo, pembayaran tagihan telepon dan juga kartu kredit. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa membeli tiket pesawat dan pembukaan rekening taplus.

Kelebihan BNI Mobile Banking

Selain bisa membuat aktivitas perbankan lebih mudah, tentu saja masih ada kelebihan yang dimiliki oleh layanan yang satu ini. Salah satu fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan mobile banking BNI yaitu layanan tersebut terintegrasi langsung BNI Internet Banking.

Oleh karenanya tidak tidak heran jika Anda bisa memiliki seluruh daftar nomor rekening untuk tujuan transfer yang sebelumnya disimpan di Internet Banking.

Selain itu masih ada banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan layanan BNI Mobile Banking ini. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan layanan BNI Mobile Banking.

  1. Layanan transfer ke sesama bank BNI dan Bank lainnya.
  2. Transfer terjadwal. Sesuai dengan namanya fitur ini menjadi salah layanan yang paling membantu bagi Anda yang memiliki tanggungan untuk mengirim dana ke pihak-pihak tertentu secara rutin.
  3. Fitur pembayaran berbagai macam tagihan. Tahukah Anda bahwa layanan BNI Mobile Banking juga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik/PLN, PDAM, TV berlangganan dan masih banyak lagi.
  4. Bayar untuk pembelian yang dilakukan melalui situs e-commerce.
  5. Layanan cek saldo dengan mutasi rekening dengan mudah dan cepat.
  6. Layanan untuk cek bukti transfer yang dilakukan.

Keuntungan menggunakan BNI Mobile Banking ini Anda bisa melakukan transaksi apa saja dengan waktu yang tepat. Tertarik untuk menggunakannya?

Syarat BNI M-Banking

Ingin daftar BNI M-Banking? Jika iya, Anda tidak perlu bingung karena syarat dan prosedur untuk daftar layanan yang satu ini sangatlah mudah.

Perlu diketahui bahwa untuk membuka atau membuat layanan internet banking BNI ini ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Hal pertama yaitu melakukan pendaftaran internet banking tersebut melalui ATM. Namun jika Anda masih bingung Anda bisa langsung datang ke customer service di kantor BNI cabang terdekat.

Sebelum datang ke kantor cabang terdekat, pastikan untuk membawa kelengkapan atau syarat-syarat yang dibutuhkan. Beberapa data atau dokumen yang Anda butuhkan seperti identitas diri (KTP, SIM atau Paspor). Selain itu Anda juga perlu membawa bukti kepemilikan rekening bisa buku tabungan, BNI card  atau lainnya.

Jika persyaratan yang Anda butuhkan sudah lengkap, pihak bank akan melakukan verifikasi nomor telepon dan alamat email yang Anda miliki. Setelah itu Anda akan mendapatkan konfirmasi jika mobile banking sudah bisa digunakan. Sangat mudah sekali, bukan?

Fitur Layanan BNI Mobile Banking

Selain kemudahan yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak sekali jenis transaksi atau fitur lainnya yang bisa Anda nikmati, seperti

Transaksi Non-Finansial

  • Personalia akun
  • Cek saldo
  • Cek dan Print 10 transaksi terakhir
  • Secured e-mail
  • Cek dan Print 10 mutasi rekening
  • Simulasi Perencanaan Anggaran

Transaksi Finansial

  • Transfer antar Bank BNI ataupun bank lainnya.
  • Transfer terjadwal atau rutin sesuai waktu yang ditetapkan oleh pihak nasabah
  • Pembayaran berbagai tagihan seperti kartu kredit, listrik PLN, telepon seluler, TV kabel dan masih banyak lagi.
  • Pembayaran pajak, biaya pendidikan, zakat dan qurban dengan cepat.
  • Pembelian pulsa atau voucher telepon seluler semua operator.
  • Pemesanan dan pembelian tiket pesawat, dll.

Cara Daftar BNI Mobile Banking

Setelah syarat yang diperlukan terpenuhi semuanya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prosedur pendaftaran. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika melakukan pendaftaran BNI Mobile Banking antara lain:

  1. Masukkan BNI card ke dalam selot kemudian masukkan PIN dan pilih menu register e-Channel. Jika sudah maka Anda bisa memilih menu Internet Banking yang tersedia pada layanan tersebut.
  2. Selanjutnya Anda bisa memasukkan 6 digit PIN pendaftaran Internet Banking sebanyak 2 kali. Mengapa harus 2 kali? Hal tersebut untuk mengkonfirmasi ulang PIN yang digunakan dalam prosedur pendaftaran.
  3. Pastikan untuk mengingat PIN register tersebut dengan baik karena nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan PIN tersebut ketika melakukan proses aktivasi internet banking.
  4. Ketika proses registrasi selesai, Anda akan mendapatkan struk sebagai tanda bukti pendaftaran Internet Banking yang baru saja dilakukan. Perlu diingat bahwa di struk tersebut akan tertera kode aplikasi internet banking yang mana akan Anda masukkan ketika melakukan aktivasi website.

Cara Aktivasi BNI Mobile Banking

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika selesai melakukan pendaftaran dengan benar. Maka Anda perlu melakukan aktivasi langsung melalui website resmi BNI. Untuk melakukan registrasi ini Anda tidak perlu khawatir karena proses aktivasi melalui website tidaklah rumit. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Buka atau kunjungi lama bni.co.id dan klik tombol login untuk masuk ke dalam website.
  2. Setelah itu layar tersebut akan menampilkan link yang mana bertuliskan “Silahkan klik di sini untuk aktivasi pendaftaran BNI Internet Banking”. Jika sudah ketemu Anda bisa langsung meng-klik nya
  3. Jika sudah, Anda akan diminta untuk memasukkan kode aplikasi yang Anda dapatkan ketika melakukan proses pendaftaran. Biasanya kode tersebut keluar di setruk yang Anda dapatkan ketika berhasil melakukan pendaftaran.
  4. Selanjutnya sistem secara langsung akan melakukan proses verifikasi nomor telefon dengan mengirimkan kode rahasia melalui SMS. Nomor itulah yang harus Anda masukkan ke dalam kolom yang tertera pada website.
  5. Jika sudah, kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan password sebanyak 2 kali. Untuk yang pertama adalah password utama sedangkan yang ke 2 adalah untuk konfirmasi. Perlu diingat bahwa sistem hanya bisa memproses password dengan jumlah digit sebanyak 8 sampai 12 karakter saja. Jadi pastikan untuk membuat password yang sesuai dan benar.
  6. Setelah memasukkan password dengan benar, selanjutnya sistem akan menampilkan informasi terkait user-id, data rekening, nomor telepon, dan email. Nah user.id yang muncul tersebut nantinya akan dipakai ketika Anda ingin login jadi pastikan untuk mengingatnya baik-baik.
  7. Berikutnya akan muncul tampilan proses aktivasi melalui browser. Hal tersebut perlu Anda pilih jika Anda menggunakan desktop untuk mengaksesnya. Kalau Anda tidak setuju maka Anda perlu menghilangkan tanda centang pa menu “Akses Mobile Browser”.
  8. Kemudian Anda bisa memilih menu “Proses” sebagai tanda menyetujui proses aktivasi layanan internet banking BNI. Jika sudah selesai maka secara otomatis dan Anda pun akan diarahkan untuk melakukan otorisasi transaksi finansial dengan menggunakan BNI m-Secure. Jika misalnya Anda menginginkan untuk mode otoritas lainnya, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat.

Cek Saldo BNI Mobile

Bagi Anda yang tinggal dekat dengan ATM tentunya akan sangat mudah jika mengecek sisa saldo yang ada di rekening. Lalu bagaimana dengan Anda yang tinggal yang lumayan jauh dari ATM? Anda tidak perlu khawatir karena sekarang BNI telah menghadirkan layanan yang memudahkan Anda untuk mengecek saldo di mana saja dan kapan saja.

Layanan Internet Banking memang menjadi layanan yang paling tepat untuk digunakan terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas yang pada. Lalu bagaimana cara mengecek saldo melalui internet banking? Berikut ulasannya.

  1. Langkah pertama kunjungi web resmi internet banking BNI Anda dan masukkan username beserta PIN nya.
  2. Setelah itu akan muncul di layar menu “Masuk”. Klik pada menu tersebut.
  3. Setelah Anda berhasil masuk atau login, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu rekening yang terdapat pada layar.
  4. Jika sudah, Anda bisa memilih menu info dan pilih sub menu untuk cek saldo. Sangat mudah sekali, bukan?

Nah itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin cek saldo. Jika Anda belum memiliki aplikasi BNI Mobile Banking di Android, maka pastikan untuk segera memasangnya. Cara download BNI mobile banking Android sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendownloadnya melalui aplikasi Playstore yang tersedia.

Transfer Beda Bank

Hampir sama dengan cara mengecek saldo yang terbilang sederhana, untuk transfer beda bank melalui internet mobile juga sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya simak beberapa tahapan transfer beda Bank berikut ini.

  1. Buka aplikasi BNI internet banking hingga muncul menu masukkan User ID serta PIN yang terdiri dari 6 digit
  2. Jika sudah bisa masuk, maka langkah selanjutnya yaitu pilih menu transfer yang terdapat pada menu utama yakni yang muncul pada layar Anda. Karena Anda ingin melakukan transfer antar Bank maka Anda wajib memilih menu TRANSFER. Setelah itu Anda hanya perlu memilih menu “Online Antar Bank”.
  3. Setelah itu Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan dengan tepat dan benar. Pilih menu Lanjut. Selanjutnya Anda perlu memasukkan password yang sudah Anda aktivasi di kantor cabang sebanyak 6 digit. Klik menu Lanjut.
  4. Jika sudah dan berhasil, maka akan muncul keterangan bahwa transaksi yang Anda lakukan berhasil. Bagaimana sangat simpel sekali, bukan? Jadi pastikan untuk mencobanya ya!

Transfer Antar Bank BNI

Selanjutnya yaitu cara transfer antar bank BNI melalui internet mobile. Sekilas cara yang dilakukan hampir sama dengan cara yang sudah dijabarkan sebelumnya. Hanya saja menu yang dipilih berbeda.

Jika pada cara sebelumnya Anda harus memilih menu “Online Antar Bank”, maka untuk kali ini Anda harus memilih menu “Antar Rekening BNI”. Untuk selanjutnya cara yang dilakukan hampir sama dengan cara sebelumnya. Jangan lupa untuk memasukkan nomor rekening tujuan dengan tepat dan benar.

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan layanan ini namun tidak menggunakan Android melainkan iPhone tidak perlu risau. Mengapa? Anda masih menggunakan layanan ini dengan cara mendownloadnya.

Cara download BNI mobile banking iPhone sangatlah mudah Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya di AppStore. Setelah aplikasi berhasil diunduh dan terinstall dengan baik maka Anda bisa membukanya dan langsung melakukan prosedur selanjutnya.

Nah demikian ulasan singkat tentang informasi seputar BNI Mobile Banking yang mungkin tak banyak diketahui. Layanan Mobile Banking saat ini memang sangat memudahkan penggunanya apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu!

Cari Artikel di Sini